Ubud Monkey Forest

Pintu masuk Ubud Monkey Forest - loveswah (Swah)

Kesiniaja.com – Ubud Monkey Forest merupakan cagar alam juga kompleks candi di Bali. Tempat ini menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi jika kalian pergi ke Pulau Bali. Nama asli dari cagar alam ini adalah Mandala Wisata Wenara Wana, namun lebih sering dikenal sebagai Sacred Monkey Forest Sanctuary. Hutan dengan luas sekitar 12,5 hektar ini memiliki loebih dari 120.000 wisatawan perbulannya.

Ubud Monkey Forest
Monyet di Ubud Monkey Forest – theprivateworld

Namun sebelum ke sini kalian harus mengetahui beberapa aturan yang harus ditaati. Yang pertama adalah tidak boleh merokok di dalam kawasan cagar alam ini. Lalu dilarang memberi makanan kepada monyet, kecuali pisang dan kacang.

Kalian juga harus berjalan sesuai jalan setapak yang telah disediakan. Wisatawan tidak diperbolehkan untuk memasuki area hutan yang terdapat tanah liat karena akan mengganggu satwa yang ada. Terakhir, simpanlah segala aksesoris kalian ke dalam tas agar tidak diambil oleh para monyet.

Aktivitas dan fasilitas

Pengunjung bisa berinteraksi dengan monyet yang berhabitat di sini. Walaupun begitu, wisatawan dianjurkan untuk tetap menaati aturan. Meskipun monyet di sini terlihat jinak, tetap saja mereka hewan liar yang terkadang agresif. Namun wisatawan tetap dapat menikmati tontonan para monyet yang turun dari pohon dan beraktivitas di tanah. Pengunjung yang memiliki hobi fotografi juga bisa mengambil momen-momen ketika para monyet berinteraksi dengan manusia. Atau bahkan yang hanya sedang bergelantungan di poho, ataupun yang sedang bersantai di pura.

Tempat ini mempunyai sekitar 749 ekor monyet ekor panjang. Terdapat enam kelompok monyet yang terbagi di wilayah berbeda di hutan ini. Yaitu grup pura, grup hutan baru, grup sentral point, grup timur, grup michelin, dan grup kuburan.

Pura Dalem Agung Padangtegal
Pura Dalem Agung Padangtegal – wikimedia (っ)

Di Ubud Monkey Forest juga terdapat tiga pura umat Hindu. Yaitu Pura Dalem Agung Padangtegal sebagai pura utama untuk tempat ibadah warga setempat. Dan juga Pura Beji dan Pura Prajapati. Di tempat ini juga terdapat sebuah kuburan. Setiap lima tahun sekali kuburan tersebut digunakan sebagai tempat ritual ngaben (kremasi jenazah) massal dilaksanakan.

Lokasi dan Rute

Cagar alam ini terletak di Desa Padangtegal Ubud, Bali. Rute menuju Ubud Monkey Forest dapat diakses menggunakan kendaraan pribadi. Jika wisatawan dari Bandara Ngurah Rai akan memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit perjalanan. Dan jika dari Kota Denpasar akan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Harga dan Jam Operasional

Ubud Monkey Forest di buka dari jam 08.30 – 18.00. Namun loket tiket buka dari jam 08.00 – 17.30. Harga tiket masuk ke objek wisata ini adalah Rp80.000 untuk orang dewasa. Dan Rp60.000 untuk anak berusia 3 sampai 12 tahun.

error: