Pura Uluwatu

Pura Uluwatu - ksmtour

Kesiniaja.com – Pura Uluwatu merupakan salah satu pura di Bali yang terletak di atas batu karang yang menjorok ke arah laut. Pura ini terletak sekitar 97 meter di atas permukaan laut. Uluwatu sendiri memiliki arti puncak batu karang dari bahasa sanskerta. Umat Hindu setempat percaya bahwa pura ini merupakan Pura Sad Kahyangan Jagat yang menjadi penyangga dari 9 mata angin.

Pura Uluwatu – kebudayaan kemdikbud

Sejarah

Awalnya pura ini dikisahkan menjadi tempat memuja seorang pendeta suci bernama Mpu Kuturan pada abad ke 11. Dan juga pendeta suci berikutnya yaitu Dang Hyang Nirartha. Saat itu Dang Hyang Nirartha diketahui sedang mengakhiri perjalanan sucinya yang dinamai moksa atau ngeluhur di pura ini.

Aktivitas dan Fasilitas

Keunikan dari Pura Uluwatu adalah lokasinya yang berada di tebing. Wisatawan dapat melihat pemandangan luasnya Samudra India dan ombaknya yang menerjang kaki tebing. Tempat ini juga akan memberi kalian pemandangan sunset yang sempurna tanpa ada yang menghalangi.

Selain itu kalian juga bisa menyaksikan pertunjukan tari tradisional Bali di sini. Tari tradisional yang di tampilkan adalah Tari Kecak. Tarian ini dimainkan oleh 50 sampai 100 orang penari. Mayoritas dari penari Kecak adalah laki-laki, dan lakon yang biasa ditampilkan merupakan cerita Ramayana. Suara “cak, cak, cak” dari para penari Kecak yang saling bersahutan menjadi ciri khasnya. Pertunjukan Tari Kecak dilaksanakan menjelang sunset, sekitar pukul 18.10-19.00.

Tari Kecak di Pura Uluwatu – baligateway

Di sekitar pura ini juga terdapat banyak toko-toko yang menjual makanan dan minuman. Banyak juga restoran dengan harga menu yang bervariasi. Wisatawan juga akan dengan mudahnya menemukan fasilitas penginapan disini. Mulai dari villa sampai hotel berbintang pun ada.

Baca Juga: Pura Tanah Lot

Lokasi dan Rute

Pura ini terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Jika dari Bandara Ngurah Rai, wisatawan cukup menempuh waktu 1 jam perjalanan menuju pura ini dengan kendaraan pribadi.

Harga dan Jam Operasional

Untuk wisatawan domestik harga tiket orang dewasa di kisar seharga Rp30.000 dan untuk anak-anak seharga Rp20.000. Sedangkan untuk wisatawan asing tiket orang dewasa di kisar seharga Rp50.000 dan untuk anak-anak seharga Rp30.000. Dan untuk wisatawan yang ingin menyaksikan pertunjukan Tari Kecak harus membayar Rp100.000 per orangnya.

Pura Uluwatu dibuka untuk wisatawan dari pukul 07.00 – 19.00. Sedangkan untuk yang ingin beribadah, pura ini buka 24 jam.

error: