Masjid Biru Turki

Masjid Biru Turki - dewanggaumroh

Kesiniaja.com – Masjid Biru Turki atau Masjid Sultan Ahmed adalah salah satu tempat yang paling terkenal di Istanbul. Masjid ini terkenal dengan kemegahan arsitekturnya. Arsitektur di masjid ini memadukan gaya arsitektur Kesultanan Ottoman, Kesultanan Byzantine, dan islam tradisional. Di Turki, hanya masjid ini lah uang memiliki enam menara.

Sejarah

Lokasi ini dibangun pada tahun 1606–1616 pada masa pemerintah Sultan Ahmed I. Arsitek dari pembangunan masjid ini adalah Sedefkar Mehmet Aga.

Pada saat itu banyak bukit di Turki yang dipenuhi oleh masjid yang membawa nama sultan. Namun, Sultan Ahmed I ingin membangun sebuah masjid yang sangat indah sebagai bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Aktivitas dan Fasilitas

Keindahan masjid ini bukan hanya terlihat dari desain eksteriornya saja tetapi juga dari desain interiornya. Pengunjung yang datang dapat menikmati keindahan masjid ini sambil berkeliling. Pengunjung juga bisa mengambil foto di dalam masjid.

Bagian dalam Masjid Biru Turki – sultanahmedcamii

Selain menjadi tempat wisata, masjid ini masih aktif digunakan sebagai tempat ibadah. Setiap waktu solat, masjid ini akan tutup sementara untuk melaksanakan solat. Oleh karena itu, bagi Anda yang datang hanya untuk berkunjung, datanglah saat sebelum atau sesudah jam solat.

Baca Juga: Masjid Merah Panjunan

Ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi. Pertama, wanita yang datang wajib menggunakan hijab atau penutup kepala. Sedangkan untuk pria wajib menggunakan celana panjang di bawah lutut. Namun jangan khawatir, pengelola menyediakan penyewaan hijab di pintu masuk. Kedua, pengunjung wajib melepas sepatu atau sendal sebelum memasuki masjid. Ketiga, ketika sudah ada di dalam, sebisa mungkin tetap diam dan jangan berisik. Bagi pengunjung yang ingin berfoto, harap untuk tidak menyalakan flash.

Masjid Biru Turki – raillynews

Selain bangunan utama masjid, lokasi ini juga menjadi tempat dari makam Sultan Ahmed.  Masjid ini mampu menampung 10.000 orang. Fasilitasnya juga sangat lengkap, mulai dari toilet, tempat wudhu, hingga taman luas yang indah.

Lokasi dan Rute

Masjid Biru Turki ini berlokasi di SultanAhmet, Istanbul, Turkey. Transportasi untuk mencapai lokasi ini sangat mudah. Anda dapat menggunakan kereta, bus,  atau taksi.

Jika menggunakan kereta dari bandara, gunakanlah kereta dari Stasiun Zeytinburnu. Setelah lima puluh sampai enam puluh menit, turunlah di Stasiun Sultanahmet.

Jika menggunakan bus dari bandara, naiklah bus ke Yenikapi Istasyonu. Dari sana Anda perlu berjalan kaki selama kurang lebih lima belas menit.

Harga dan Jam Operasional

Pengunjung tidak dipungut biaya sepeser pun jika datang ke masjid ini. Akan tetapi, Anda dapat memberi uang sumbangan seikhlasnya sebagai biaya perawatan masjid.

Jam berkunjung akan ditutup setiap jam solat. Jam berkunjungnya adalah sebagai berikut: 08.30–11.30, 13.00–14.30, dan 15.30–16.45. Khusus di hari Jumat, masjid baru dibuka setelah solat Jumat atau pukul 13.30.

error: