Galeri Nasional Indonesia

Galeri Nasional Indonesia - sederetantempat

Kesiniaja.com – Galeri Nasional Indonesia adalah museum seni sekaligus pusat pameran yang berlokasi di daerah Jakarta Pusat. Galeri ini menyimpan, menghimpun, dan memamerkan ratusan bahkan ribuan karya seni dari seniman-seniman Indonesia dan mancanegara. Kehadiran galeri ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat melalui media seni, sekaligus mengapresiasi karya seni dari para seniman berbakat.

Sejarah

Pada masa kolonial Belanda, gedung Galeri Nasional ini merupakan gedung asrama putri yang dibangun oleh Yayasan Kristen Carpentier Alting Stitching (CAS). Oleh karena itulah, gedung ini memiliki arsitektur yang klasik khas peninggalan kolonial Belanda.

Awalnya galeri ini bernama Wisma Seni Nasional. Lalu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat itu, Prof. Dr. Fuad Hasan, merenovasi gedung tersebut dan mengganti namanya menjadi Gedung Pameran Seni Rupa Depdikbud.

Baca Juga: Sego Berkat Godhong Jati

Sejak saat itu gedung ini semakin dikenal oleh masyarakat khusus para pengamat seni. Gedung ini pun semakin berkembang setiap tahunnya. Hingga akhirnya pada tahun 1998, Prof. Edi Sedyawati diangkat menjadi pengurus dari gedung ini. Lalu, namanya pun ikut berubah menjadi Galeri Nasional Indonesia.

Kepemilikan gedung ini juga sempat berpindah tangan beberapa kali. Dulu sempat diambil alih oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. Lalu berpindah lagi ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan hingga saat ini.

Aktivitas dan Fasilitas

Galeri Nasional Indonesia – hotelsofyan

Bagi Anda penikmat seni, lokasi ini sangat wajib Anda kunjungi. Di gedung ini terbagi menjadi dua galeri yaitu galeri seni modern dan galeri seni kotemporer. Karya-karya di sini dibuat oleh seniman-seniman berbakat dari dalam maupun luar negeri. Terdapat juga beberapa spot foto menarik yang pastinya dapat Anda nikmati.

Galeri Nasional Indonesia – marketeers

Anda juga dapat mempelajari sejarah seni di Indonesia. Mulai dari era perintisan seni modern hingga era seni rupa kontemporer.

Tidak hanya itu, galeri ini juga rutin menyelenggarakan acara-acara seni. Mulai dari pameran tunggal, pameran bersama, hingga festival. Acaranya juga sudah bersekala nasional hingga internasional.

Fasilitas di galeri ini juga sangat lengkap. Mulai dari kafe, taman, perpustakaan, hingga toko seni rupa. Tidak seperti museum pada umumnya yang kuno, galeri ini sangat modern dengan media-media elektronik sebagai penyampaian materinya.

Lokasi dan Rute

Museum ini beralamat di Jl. Medan Merdeka Timur No.14, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Lokasinya tidak jauh dari wisata-wisata lain seperti Monas, Perpustakaan Nasional, dan Museum Nasional.

Ada beberapa opsi kendaraan untuk Anda yang ingin ke galeri ini. Jika menggunakan KRL, Anda bisa turun di Stasiun Gondangdia lalu melanjutkan perjalanan menggunakan bus atau taxi. Jika menggunakan Transjakarta, Anda bisa menggunakan bus jurusan Kp. Melayu-Harmoni atau Pulo Gadung-Harmoni lalu turun di Halte Gambir.

Harga dan Jam Operasional

Pameran tetap buka setiap hari Selasa  sampai Minggu pukul 09.00–16.00 WIB. Pameran temporer buka setiap hari daei pukul 10.00–19.00 WIB. Pengunjung tidak dipungut biaya apapun saat mengunjungi museum ini.

error: