Colosseum

Colosseum - culture trip (Livia Hengel)

Kesiniaja.com – Colosseum merupakan peninggalan sejarah berupa bangunan arena gladiator di Roma, Italia. Arena berbentuk elips ini menjadi salah satu bangunan terbesar dari arsitektuk Kerajaan Romawi. Arena ini dapat menampung setidaknya 50.000 penonton. Colloseum juga biasa disebut Flavian Amphitheatre. Bangunan ini juga menjadi salah satu bagian dari Keajaiban Dunia pertengahan.

Exterior Colosseum
Exterior Colosseum – wikimedia (Diana Ringo)

Sejarah

Vespasian membangun gedung ini pada tahun 72 M dan dilanjut oleh anaknya Titus pada tahun 80 M. Arena ini dibangun dengan tinggi 48 meter, panjang 188 meter, lebar 156 meter, dan luas secara keseluruhan sekitar 2,5 hektar. Lantai dari arena ini ditutupi oleh tumpukan pasir yang bertujuan untuk mencegah darah mengalir ke mana-mana. Seorang ahli sejarah, Dio Cassius, mengatakan bahwa dalam 100 hari ada sekitar 9.000 hewan buas yang terbunuh sebagai perayaan resminya pembukaan Colosseum.

Dahulu arena ini menjadi wadah pertunjukan yang spektakuler. Pertarungan terus dilakukan baik antara binatang (venetaiones), gladiator (munera), tahanan (noxii). Bahkan antara tahanan dan binatang. Ada juga pertarungan air (naumachiae) dengan membanjiri arena itu sendiri. Ratusan tahun lamanya pertunjukan itu diselenggarakan, banyak orang dan binatang telah mati di sini.

Aktivitas dan Fasilitas

Menjadi salah satu situs wisata yang terkenal di Roma, tempat ini selalu kedatangan jutaan pengunjung setiap tahunnya. Wisatawan dapat melihat dinding dalam yang hampir utuh dan dinding luar sebagian. Jika kalian ke bagian utara, dapat dilihat bahwa yang tersisa adalah pintu masuk XXIII (23) sampai pintu LIV (54).

Interior Colosseum
Interior Colosseum – wikimedia (FoekeNoppert)

Lantai arena dari pasir yang telah terkikis membuat pengunjung dapat melihat hypogeum dibawahnya. Hypogeum sendiri adalah ruang bawah tanah dengan jalan, ruangan, dan kandang-kandang tempat binatang buas menunggu sebelum pertandingan.

Colosseum kini juga telah menghadirkan fasilitas baru dimana terdapat sebuah pertunjukan. Karena interior yang telah tua dan rusak, konser kecil lebih banyak diadakan di sini. Ada juga konser besar yang diadakan diluar bangunan, dengan begitu Colosseum menjadi background konser tersebut.

Lokasi dan Rute

Arena ini terletak ditengah kota Roma sehingga mudah untuk mengaksesnya. Kalian dapat menggunakan bus dengan nomor 75, 81, 175, 673, dan 204 lalu turun tepat di depan Colosseum. Kalian juga bisa menggunakan metro line A, B dan turun disekitar lokasi bangunan.

Jika menggunakan kereta dari Station Roma Termini kalian dapat mengambil jalur bawah tanah B dan turun di dekat Colosseum. Kalian juga bisa naik kereta FL3 dan FL5.

Harga dan Jam Operasional

Situs wisata ini buka dari pukul 08.30-19.00 setiap harinya. Kalian dapat mengakses Colloseum-Arena-Forum-Palatine dengan membayar tiket masuk seharga €16 atau sekitar Rp216.000. Namun untuk anak berusia dibawah 18 tahun tetap gratis.

error: