Trevi Fountain

Trevi Fountain - Italian Dual Citizenship

Kesiniaja.com – Trevi Fountain merupakan kolam air mancur yang berlokasi di Trevi, Roma, Italia. Situs wisata ini juga biasa disebut Fontana di Trevi yang berasal dari bahasa Italia. Memiliki gaya baroque style, air mancur ini adalah salah satu air mancur terbesar di Roma. Bahkan menjadi salah satu air mancur paling terkenal di dunia.

Trevi Fountain
Trevi Fountain – wikimedia (Jebulon)

Sejarah

Pada tahun 1732 Nicola Salvi mendesain air mancur ini atas perintah dari Paus Clement XII. Lalu Giuseppe Pannini melanjutkan proyek ini setelah Nicola Salvi meninggal dunia pada tahun 1751. Pada tahun 1762 akhirnya air mancur ini pun selesai dibangun. Giuseppe Pannini lah orang yang merombak konsep awal dari cerita kiasan pada patung-patung di Trevi Fountain.

Trevi Fountain juga pernah mengalami perbaikan pada tahun 1998. Air mancur ini diperbaiki oleh para pengrajin dengan pompa sirkulasi sebagai pelengkapnya. Perusahaan fashion Italia, Fendi, turut memberi biaya menyeluruh untuk restorasi dengan dana sebesar 2,2 juta euro selama 20 bulan pada Januari 2013. Restorasi tersebut berlangsung dari Juni 2014 dan selesai pada November 2015.

Aktivitas dan Fasilitas

Memiliki tinggi 263 m dan lebar 4.915 m, air mancur ini dihiasi oleh banyak patung. Patung-patung tersebut mengkisahkan cerita kiasan dengan tema Taming of The Waters atau menjinakkan air.

Patung-patung di Trevi Fountain – wikimedia (A1Cafel)

Terdapat patung Neptune yang sedang menaiki kereta tempur berbentuk kerang di tengah air mancur. Terdapat dua monster laut berbentuk kuda yang menarik kereta tersebut. Masing-masing dari monster laut ditunggangi oleh Triton, yang merupakan anak dari dewa laut. Salah satu monster laut terlihat tenang, menggambarkan laut yang tenang. Sedangkan monster laut disebelahnya terlihat gelisah dan terganggu, menggambarkan keadaan laut yang sedang bergejolak.

Di sisi kiri Neptune terdapat patung Abudance yang melambangkan kemakmuran sedang menuang air dari kendi. Sedangkan di sisi kanan terdapat patung Salubrity yang melambangkan kesehatan sedang memegang cangkir yang diminum oleh seekor ular.

Selain itu terdapat mitos melempar uang koin yang juga menjadi daya tarik air mancur ini. Konon wisatawan dapat kembali ke kota Roma jika koin yang dilempar masuk ke kolam tersebut.

Lokasi dan Rute

Trevi Fountain berlokasi di distrik Trevi, Roma, dan dapat diakses dengan mudah. Wisatawan dapat menggunakan kereta dari Station Roma Termini menuju Station Barberini (Trevi Fountain).

error: