Trevi Fountain dengan Mitosnya yang Melegenda

Trevi Fountain - darkrome

Kesiniaja.com – Trevi Fountain merupakan sebuah air mancur besar di Roma, Italia. Wisatawan mungkin sudah tidak asing dengan situs wisata ini. Trevi Fountain dianggap sebagai salah satu air mancur paling terkenal di dunia.

Kolam ini memiliki desain yang rumit dengan patung-patungnya yang ikonik. Patung tersebut menampilkan sosok dewa Romawi Neptune dan Triton dengan detail sedemikian rupa. Patung-patung tersebut memperlihatkan para dewa yang sedang mengendarai kereta kuda yang membelah lautan.

Konon dahulu ada seorang tentara Romawi yang sedang kehausan. Lalu seorang gadis muda memandu tentara tersebut untuk mendapatkan air. Sang gadis menuntunnya menuju sumber air murni yang berada 13 kilometer dari kota Roma. Karena itu kolam ini dinamai Aqua Virgo, atau air perawan, untuk menghormati sang gadis muda yang berjasa. Sumber air ini juga telah membantu kehidupan warga beberapa kota kuno Romawi selama kurang lebih 400 tahun lamanya.

Trevi Fountain juga terkenal dengan mitosnya. Mitos tersebut mengatakan bila kita melempar koin di kolam tersebut maka harapan kita akan terkabul. Namun tak sembarang melempar koin, ada cara melempar koin tersendiri di sini. Kalian harus membelakangi kolam dan melemparnya dengan tangan kanan melewati bahu kiri.

Banyak wisatawan yang sengaja datang karena mitos tersebut. Karena konon jika berhasil melempar satu koin maka kalian akan kembali ke kota Roma. Jika kalian berhasil melempar dua koin kalian akan mendapatkan cinta baru, dan jika tiga koin maka kalian akan segera menikah.

Tentunya dengan ketenaran yang luar biasa, para pengunjung yang datang telah melempar ribuan koin di sini. Sekitar 3.000 euro atau 59 juta rupiah terkumpul di kolam itu setiap harinya. Karena banyaknya jumlah koin yang terkumpul, petugas harus memungutnya dari dasar kolam setiap malam. Lalu uang tersebut digunakan untuk subsidi supermarket bagi warga yang kurang mampu di kota Roma.

Tentunya mitos tetaplah mitos, kalian tidak bisa mempercayainya secara penuh. Namun jika kalian pergi ke kota Roma, Trevi Fountain akan menjadi tempat yang wajib kalian kunjungi. Tak hanya mitosnya, arsitektur di air mancur ini juga akan menjadi alasan kuat untuk mengunjungi situs wisata yang satu ini.

Ingin tau lebih lanjut dengan informasi Trevi Fountain? Mulai dari sejarah, fasilitas, hingga rute perjalanan, kalian bisa lihat di Trevi Fountain

error: