Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia - kesiniaja (Annisa Salsabhila)

Kesiniaja.com – Bagi para pecinta buku, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) adalah lokasi wajib jika Anda datang ke Jakarta. Tempat ini merupakan pusat dari seluruh perpustakaan di Indonesia. Tersimpan puluhan ribu buku dan naskah kuno di perpustakaan ini.

Perpustakaan ini terbagi menjadi dua lokasi. Pertama di daerah Salemba, Jakarta Pusat dan yang kedua di Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Gedung di Jalan Medan Merdeka ini menjadi perpustakaan terbesar dan tertinggi di Indonesia.

Sejarah

Awalnya perpustakaan ini merupakan gabungan dari beberapa institusi. Institusi tersebut diantaranya Perpustakaan Museum Pusat, Perpustakaan Sejarah dan Politik, Perpustakaan Wilayah tipe B Daerah Khusus Ibukota serta Bidang Bibliografi dan Deposit. Penggabungan ini sudah berlangsung sejak tanggal 17 Mei 1980.

Baca Juga: Museum Nasional Indonesia

Walaupun sudah bergabung sejak 1980, bentuk fisik dari perpustakaan ini belum terwujud hingga tahun 1987. Pembangunan gedung perpustakaan di Salemba baru terjadi pada tahun 1987. Gedung ini terdiri atas blok B, C, dan D. Presiden Soeharto meresmikan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ini pada tanggal 11 Mei 1989.

Aktivitas dan Fasilitas

Perpustakaan ini sangat luas dan megah. Bagian dalamnya tidak seperti perpustakaan pada umumnya yang hanya terdiri atas beberapa rak. Perpustakaan Nasional di Jalan Merdeka sendiri memiliki 24 lantai.

Saat pertama kali masuk ke area Perpustakaan Nasional di Jalan Merdeka ini, Anda tidak akan langsung masuk ke gedung utamanya. Anda akan memasuki bangunan yang difungsikan sebagai museum. Di sini, Anda akan mempelajari sejarah aksara Indonesia. Mulai dari asal mula huruf, perkembangan media tulis seperti kertas, dan masih banyak lagi. Terdapat juga naskah Nusantara asli peninggalan Pangeran Diponegoro dan Empu Panca. Kedua naskah ini merupakan peninggalan warisan budaya UNESCO. Museum ini juga sudah sangat modern dengan teknologi interaktif di dalamnya.

Bagian dalam museum – kesiniaja (Annisa Salsabhila)

Setelah dari museum, Anda akan memasuki gedung utama Perpusnas. Di lantai pertama Anda akan menemukan globe raksaksa dan lukisan besar presiden-presiden Indonesia. Sebelum masuk lebih jauh, Anda harus meninggalkan barang bawaan Anda di loker yang disediakan.

Bagi Anda yang belum pernah datang ke Perpustakaan Nasional dan belum memiliki kartu keanggotaan, Anda harus membuatnya di lantai dua. Kartu ini sangat penting untuk masuk ke area perpustakaan lainnya. Kartu ini juga digunakan untuk meminjam buku.

Jika sudah memiliki kartu anggota, Anda sudah bisa mengelilingi perpustakaan lebih jauh. Berikut adalah daftar lantai di Perpustakaan Nasional.

Daftar Lantai di Perpusnas – meykkesantoso

Fasilitas di sini juga sangat lengkap. Ada beberapa lift dan eskalator sehingga Anda tidak perlu naik tangga. Pelayanan pembuatan kartu juga sudah secara online di komputer-komputer yang disediakan.

Bagi Anda yang ingin membaca sekaligus mengerjakan tugas, Anda tidak perlu khawatir karena di beberapa lantai sudah disediakan ruang diskusi. Di lantai 19, terdapat ruang multimedia yang menyediakan komputer bagi Anda yang tidak membawa laptop.

Lantai 24 Perpusnas – kesiniaja (Annisa Salsabhila)

Pada lantai 21 dan 22, tampilannya seperti perpustakaan terbuka. Anda bisa menjelajahi rak buku dan memilih buku apa yang ingin Anda pinjam. Di beberapa lantai selain lantai 21 dan 22, memiliki cara meminjam yang berbeda-beda.

Pada lantai tertinggi yakni lantai 24, Anda dapat menikmati pemandangan Kota Jakarta dari balkon. Lokasinya yang berhadapan langsung dengan Monas, membuat pemandangannya semakin memukau.

Perpustakaan ini memiliki aplikasi yang dapat diakses dari mana saja. Nama aplikasi ini adalah iPusnas. Di dalam aplikasi ini, terdapat ratusan buku yang dapat diakses secara gratis. Dari aplikasi ini Anda dapat meminjam buku dalam bentuk electronic book. Aplikasi ini tersedia pada PlayStore dan AppStore. 

Lokasi dan Rute

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia terdapat di dua tempat yaitu di Jalan Salemba dan di Jalan Medan Merdeka. Alamat lengkap Perpusnas Salemba adalah Jalan Salemba Raya No.28A, Jakarta Pusat. Sedangkan yang di Medan Merdeka memiliki alamat lengkap Jalan Medan Merdeka Selatan No.11, Jakarta Pusat.

Jika menggunakan KRL, Anda bisa turun di Stasiun Gondangdia lalu melanjutkan perjalanan menggunakan busway jurusan Balai Kota. Setelah itu turunlah di depan Perpustakaan Nasional.

Harga dan Jam Operasional

Biaya masuk ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ini adalah gratis. Anda juga tidak perlu membayar biaya apapun saat membuat kartu anggota. Buka setiap Senin sampai Jumat sejak pukul 08.00 hingga 15.30.

error: