Pulau Miyajima

Gerbang Kuil Itsukushima - liburankejepang

Pulau Miyajima merupakan sebuah pulau kecil di pinggir Kota Hiroshima.  Keindahan pulau ini membuatnya menjadi destinasi wisata terbaik di Jepang. Bahkan Pulau Miyajima ini termasuk salah satu dari tiga pemandangan indah di Jepang.

Salah satu spot yang menjadi ikon dari pulau ini adalah torii atau gerbang  Kuil Itsukushima. Gerbang ini terletak di tengah laut dan terlihat seperti mengapung. Selain itu, terdapat banyak sekali spot wisata di pulau ini.

Sejarah

Pulau Miyajima merupakan salah satu pulau suci di Jepang. Lokasi ini sudah menjadi tempat beribadah sejak 1400 tahun lalu. Nama Miyajima sendiri diambil dari kata miya yang berarti kuil dan jima yang berarti pulau.

Kuil Itsukushima, salah satu kuil di Pulau Miyajima, sudah menjadi lambang kebudayaan dan sejarah Jepang. Kuil ini dapat bertahan dari masa perang, bencana alam, hingga perang saudara.

Aktivitas dan Fasilitas

Walaupun tidak terlalu besar, Pulau Miyajima menyuguhkan pemandangan yang luar biasa. Terdapat berbagai aktivitas yang dapat Anda lakukan di pulau ini.

Menjadi salah satu pulau suci di Jepang, menyebabkan pulau ini memiliki banyak kuil di dalamnya. Salah satu kuil yang wajib Anda kunjungi adalah Kuil Itsukushima. Kuil Itsukushima ini sangat luas dan memiliki banyak bangunan di dalamnya. Untuk gerbangnya sendiri, terletak di tengah laut dan saat air laut pasang akan terlihat seperti mengapung.

Kuil Itsukushima – japanesestation

Selain berkunjung ke Kuil Itsukushima, Anda juga bisa menikmati keindahan Pulau Miyajima dari puncak Gunung Misen. Anda perlu menaiki kereta gantung untuk mencapai puncak gunung ini. Selain menaiki kereta gantung, Anda juga perlu melakukan trekking dan menaiki tangga sejauh beberapa kilometer. Namun, pemandangan dari puncak gunung ini akan membayar semua kelelahan Anda. Anda dapat melihat indahnya laut dan kuil-kuil dari ketinggian 500 mdpl.

Pemandangan dari Puncak Gunung Misen – fun japan

Lokasi yang tak kalah indahnya adalah Taman Momijidani. Taman ini berlokasi tepat dibawah kaki Gunung Misen. Waktu yang tepat untuk mengunjungi taman ini adalah saat musim gugur. Daun-daun dari pepohonan di sana akan berubah warna menjadi jingga kemerahan.

Fasilitas di sini juga sangat lengkap. Terdapat pusat perbelanjaan dan restoran yang tidak pernah sepi pengunjung. Salah satu kuliner wajib yang harus Anda coba adalah olahan tiram di restoran setempat. Pulau Miyajima sangat terkenal dengan olahan tiramnya.

Salah satu keunikan lain dari pulau ini adalah kehadiran rusa-rusa di setiap sudut pulau. Rusa-rusa di sini sangat banyak. Bahkan Anda dapat dengan mudah melihat rusa berdiri di depan toko cenderamata.

Lokasi dan Rute

Pulau Miyajima berlokasi di bagian barat daya Teluk Hiroshima, Jepang. Pulau ini dikelilingi oleh Laut Seto.

Terdapat dua cara untuk mencapai lokasi ini jika Anda berasal dari Tokyo. Pertama, Anda bisa menggunakan kereta Shinkasen dari Stasiun Tokyo. Setelah itu, Anda harus turun di Stasiun Hiroshima. Durasi jika menggunakan kereta ini adalah sekitar 4 jam. Kedua, Anda juga bisa menggunakan penerbangan domestik dari Bandara Narita atau Bandara Haneda menuju Bandara Hiroshima. Waktu yang diperlukan hanya sekitar 90 sampai 100 menit.

Baca Juga: Hiroshima Peace Memorial Museum, Saksi Bisu Ledakan Bom Hiroshima

Jika Anda dari Osaka, Anda hanya perlu menaiki kereta dari Stasiun Shin-Osaka lalu turun di Stasiun Hiroshima. Sedangkan jika Anda dari Kyoto, Anda bisa menggunakan kereta lalu turun di Stasiun Hiroshima.

Dari Kota Hiroshima sendiri, kita perlu melanjutkan perjalanan menggunakan kapal feri dari Pelabuhan Miyajimaguchi. Untuk mencapai pelabuhan, Anda dapat menggunakan bus atau kereta. Dari pelabuhan menuju pulau, hanya membutuhkan waktu 10 menit.

Harga dan Jam Operasional

Harga masuk ke Kuil Itsukushima sendiri adalah sekitar 300 yen atau kurang lebih Rp39.000. Kuil ini dibuka dari pukul 06.30 hingga 18.00. Bagi Anda yang akan menaiki Gunung Misen, Anda harus membayar kereta gantung untuk naik ke atas. Untuk perjalanan bolak-balik, dikenai biaya 1.840 yen atau kurang lebih Rp242.000. Sedangkan jika sekali jalan saja, dikenai biaya 1.010 yen atau Rp133.000.

Biaya untuk menyebrang dari Kota Hiroshima ke Pulau Miyajima menggunakan kapal feri adalah sekitar 180 yen atau Rp24.000. Bagi Anda yang kelelahan saat mengelilingi pulau ini, Anda dapat menyewa sepeda dengan harga 500 yen atau Rp66.000 untuk seharian.

error: