Kuil Sensoji

Kuil Sensoji - tripjepang

Kuil Sensoji atau Kuil Asakusa merupakan salah satu kuil tertua di Jepang. Tempat ini berlokasi di Kota Asakusa, Jepang. Setiap tahunnya, kuil ini selalu ramai oleh pengunjung.

Kuil ini memiliki gaya arsitektur yang sangat indah. Rata-rata warna bangunannya adalah warna merah yang khas. Karena keindahan dan sejarahnya, lokasi ini sudah menjadi salah satu ikon dari Jepang.

Sejarah

Kuil ini sudah berdiri sejak abad ke-6 M. Terdapat legenda unik mengenai asal usul kuil ini. Pada masa itu, ada dua orang nelayan bernama Hinokuma Hamanari dan Hinokuma Takenari. Saat sedang menangkap ikan di sungai, mereka tak sengaja menjaring sebuah patung Buddha Kannon ‘The Merciful Nirvana Achiever’ di Sungai Sumida.

Hinokuma bersaudara yang tidak mengerti tentang patung Buddha, membiarkan patung tersebut di dalam sungai. Namun, patung ini terus saja mengait jala mereka. Mereka pun membawa patung ini pada Kepala Desa. Kepala Desa mengakui kesaktian patung ini, lalu Beliau berinisiatif untuk membangun sebuah kuil untuk memuja patung ini.   Kuil tersebut adalah Kuil Sensoji.

Baca Juga: Pulau Miyajima

Karena umurnya yang sudah sangat tua, kuil ini sudah beberapa kali hancur. Kuil ini mengalami pemugaran pada 1649 dan tidak pernah dilakukan renovasi kembali hingga Perang Dunia II. Setelah itu, kuil ini dibangun kembali. Sejak saat itu, kuil ini menjadi lokasi wisata favorit di Jepang.

Aktivitas dan Fasilitas

Ketika Anda baru saja sampai di kuil ini, Anda akan melihat sebuah lampion besar di gerbang utama. Lampion ini sangat mencolok dan menjadi salah satu keunikan dari kuil ini. Nama dari lampion dan gerbangnya sendiri adalah Kaminarimon Gate. Anda wajib sekali berfoto di depan lampion ini saat datang ke Kuil Sensoji.

Kaminarimon Gate – timeout

Setelah melewati Guntur Gate, Anda akan disambut dengan jejeran toko cenderamata khas Jepang. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai macam barang mulai dari yukata hingga makanan tradisional. Lokasi ini bernama Nakamise.

Nakamise – unsplash (Benjamin Wong)

Setelah itu, Anda dapat melihat aula utama Kuil Sensoji ini. Tempatnya sangat indah dengan aksen tradisional yang kuat. Selain itu, Anda juga bisa berkeliling di sekitaran kuil. Kuil ini sangat megah dengan berbagai bangunan di dalamnya. Mulai dari bangunan ala rumah tradisional hingga menara dengan pagoda lima tingkat.

Jika Anda berkunjung pada musim panas, Anda dapat melihat festival musim panas di kuil ini. Festival ini bernama Senja Matsuri. Mereka memulai festival dari Nakamise hingga Kuil Sensoji.

Fasilitasnya juga sangat lengkap. Terdapat berbagai macam restoran yang dapat Anda cicipi saat berkunjung ke sini.

Lokasi dan Rute

Wisata religi yang satu ini sangatlah dekat dengan Stasiun Asakusa. Tepatnya di 2 Chome-3-1 Asakusa, Taito City, Tokyo, Jepang. Anda hanya perlu berjalan sekitar lima menit dari Stasiun Asakusa. Untuk menuju Stasiun Asakusa, Anda bisa menggunakan kereta dari lokasi masing-masing.

Harga dan Jam Operasional

Aula utama kuil ini buka setiap hari pada pukul 06.00 hingga 17.00. Saat Oktober hingga Maret dibuka sejak 06.30. Untuk halaman, buka setiap saat namun akan sepi setelah pukul 17.00. Anda tidak perlu membayar biaya apapun saat datang ke sini.

error: