Tips Staycation Agar Liburan Menyenangkan

Staycation - anakrantau

Kesiniaja.com – Staycation adalah kegiatan berlibur dengan menetap atau menginap di suatu tempat. Staycation dapat dilakukan sendiri, bersama teman-teman, ataupun keluarga. Liburan ini telah menjadi tren sejak 2010 dan peminatnya semakin meningkat sekarang.

Banyak wisatawan memilih berlibur staycation karena lebih hemat biaya, waktu dan tenaga. Banyak juga masyarakat kota yang sibuk dengan pekerjaan memilih alternatif ini untuk istirahat sejenak dan menyegarkan pikiran. Berikut beberapa tipsnya agar liburan kalian tetap seru.

1. Buat Agenda Staycation

Penting untuk kalian membuat agenda dengan jadwal yang tersusun rapih jika ingin memiliki liburan yang seru. Kalian juga bisa memperkirakan pengeluaran biaya dengan ini agar tetap hemat. Selain itu merencanakan liburan seperti ini akan membuat kemungkinan bentrok jadwal semakin tipis. Jika ada bentrok kalian harus menyusun ulang rencana liburan dari awal, bahkan terkadang di batalkan begitu saja.

Agenda liburan yang dibuat akan berisi ide ide kalian dan teman-teman kalian, tentang apa saja yang akan dilakukan. Wisata kuliner contohnya, kalian bisa menentukan terlebih dahulu agar saat liburan kalian hanya perlu jalan ke lokasi dan tidak perlu mendebatkannya lagi. Mulai dari jalan-jalan ke situs wisata terdekat ataupun hanya bermain kartu dan menonton film saja.

2. Pilih Tempat Staycation

Luxury Villa Jakarta – airbnb

Tips kedua adalah pemilihan tempat untuk menginap. Kalian harus memilih tempat dengan akomodasi yang sesuai. Karena kalian akan menginap di tempat tersebut ada baikya kalian cek dahulu fasilitas-fasilitasnya agar sesuai dengan kebutuhan kalian. Selain itu, pilih tempat dengan akses kendaraan yang mudah dan strategis agar tidak repot jika ingin bepergian.

Jika kalian pergi sendiri maka hotel dan apartemen bisa menjadi pilihan. Namun jika pergi bersama rombongan keluarga atau teman, menginap di villa akan lebih nyaman. Pastikan juga kalian memilih tempat yang sesuai dengan budget kalian.

Baca juga: 7 Tips Untuk Melakukan Solo Traveling

3. Manfaatkan Fasilitas Penginapan

Staycation hotel
Hotel Gran Mahakam – granmahakam

Fasilitas yang tersedia di penginapan bisa kalian manfaatkan sepenuhnya. Apalagi jika kalian menginap di hotel berbintang atau villa. Beberapa contoh fasilitasnya adalah kolam renang, gym, spa, yoga, dan rooftop restourant. Fasilitas tersebut dapat kalian manfaatkan dan kalian masukkan ke agenda liburan.

4. Bermain Bersama

Ketika sedang menginap bersama teman atau keluarga, kalian bisa bermain bersama untuk saling mengakrabkan diri. Permainan yang di mainkan bukan game handphone tentunya. Kalian bisa mencoba beberapa permainan lama seperti seperti kartu, monopoli, atau spin the bottle. Dengan begitu kalian akan lebih banyak saling berkomunikasi dan saling mengenal. Bermain bersama juga akan mengundang tawa dan canda yang membuat liburan kalian semakin seru.

5. Lupakan Pekerjaan Kalian Sejenak

Aston – astonhotelsinternational

Walaupun terdengar tidak bertanggung jawab, jika sedang berlibur kalian cukup fokus menyegarkan diri saja. Tinggalkan handphone dan laptop kalian sejenak dan istirahatkan diri. Bila sedang berlibur bersama teman dan keluarga, lebih baik memperbanyak komunikasi satu sama lain. Nikmati liburan dengan sepenuhnya agar ketika kembali bekerja kalian bisa lebih bersemangat.

Itu dia beberapa tips staycation untuk kalian yang sedang penat dan butuh liburan. Dengan mengikuti tips-tips di atas, kalian sudah siap untuk liburan staycation!

error: