Bangunan Tertinggi Kedua di Dunia, Tokyo Skytree

Tokyo Skytree - jw webmagazine

Mungkin sebagian dari kita sudah mengetahui bahwa Burj Khalifa di Dubai adalah bangunan tertinggi di dunia. Namun, tak banyak orang tau bangunan apa yang menjadi bangunan tertinggi kedua setelah Burj Khalifa. Bangunan tertinggi kedua di dunia adalah Tokyo Skytree yang berlokasi di Tokyo, Jepang.

Berbeda dengan Burj Khalifa yang digunakan sebagai hotel dan apartemen, Tokyo Skyree sebenarnya adalah sebuah menara radio. Keberadaan menara ini sangatlah penting bagi kota-kota di sekitarnya. Menara yang memiliki tinggi mencapai 634 meter ini merupakan pusat menara pemancar di Tokyo.

Awalnya menara pemancar di Tokyo berpusat di Tokyo Tower. Tokyo Tower sendiri memiliki tinggi sekitar 333 meter. Semakin berjalannya waktu, semakin banyak pula gedung-gedung pencakar langit yang jauh lebih tinggi dibandingkan Tokyo Tower hingga akhirnya mengganggu gelombang pemancar dari menara ini. Pada tahun 2003, diusung sebuah rencana untuk membuat menara baru yang lebih tinggi dibandingkan bangunan disekitarnya. Menara ini adalah Tokyo Skytree.

Sejak pembukaannya pada tahun 2012 lalu, menara ini menjadi landmark baru Jepang. Setiap tahunnya menara ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Walaupun fungsi utamanya adalah sebagai menara pemancar, Tokyo Skytree ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Mulai dari museum, observatorium, restoran, hingga pusat perbelanjaan.

Lokasi yang wajib Anda kunjungi jika datang ke menara ini yaitu Tembo Deck dan Tembo Galeria. Di sini, Anda dapat melihat keindahan Kota Tokyo dari ketinggian 450 meter di atas permukaan tanah. Terdapat juga restoran dan museum yang dapat Anda kunjungi.

Menara ini tampak sangat mencolok jika dibandingkan dengan bangunan-bangunan di sekitarnya. Setiap malam, menara ini akan tampak warna-warni oleh cahaya yang menyinarinya. Karena tampilannya yang mencolok dan lokasinya yang strategis, menara ini dapat dengan mudah ditemukan. Apalagi lokasinya berada tak jauh dari wisata lain seperti Kuil Sensoji dan Nakamise.

Tokyo Skytree menjadi salah satu lokasi yang wajib Anda kunjungi jika berwisata ke Tokyo. Selain dapat menikmati keindahan kota, Anda juga dapat mempelajari sejarah sekaligus berbelanja di pusat perbelanjaannya. Kunjungi Tokyo Skytree untuk mengetahui lebih lanjut mengenai sejarah, rute, dan jam operasional dari menara tertinggi kedua di dunia ini.

error: