7 Tips Liburan ke Luar Negeri

Setelah bekerja selama berhari-hari tak jarang dari kita mulai merasa penat dan jenuh dalam beraktivitas. Berlibur menjadi solusi utama untuk menghilangkan penat. Banyak sekali cara berlibur yang dapat Anda lakukan. Mulai dari berlibur di dalam negeri hingga berlibur ke luar negeri. Berlibur ke luar negeri memberikan sensasi tersendiri dan suasana baru yang tidak mungkin kita dapatkan di dalam negeri. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika ingin berlibur ke luar negeri. Berikut 7 Tips Berlibur ke Luar Negeri agar liburan Anda semakin aman dan nyaman.

1. Lakukan Riset dan Kenali Negara Tujuan

Setiap negara memiliki aturan dan budaya yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebelum berangkat alangkah baiknya kita mengumpulkan informasi mengenai negara yang ingin kita tuju. Coba lah untuk mengenali negara tujuan agar ketika sampai di sana kita tidak bingung dan mengalami culture shock.

2. Buatlah Jurnal Perjalanan

Setelah mengumpulkan semua informasi, jangan lupa untuk mencatatnya. Susunlah destinasi wisata apa saja yang akan Anda kunjungi. Kalau bisa, buat juga rundown dan rincian biaya di setiap destinasinya. Hal ini dapat menghemat pengeluaran Anda sekaligus memanfaatkan waktu Anda dengan efektif.

Jika Anda bingung dalam mencari informasi mengenai destinasi wisata luar negeri, Anda dapat mengunjungi kesiniaja.com. Kesiniaja menyajikan informasi lengkap dan akurat dari setiap destinasi. Mulai dari harga hingga jam operasional yang tentunya dapat membantu Anda dalam menyusun jurnal perjalanan.

3. Siapkan Dokumen-Dokumen

unsplash (CardMapr)

Poin ketiga ini sangatlah penting. Sebelum berkunjung ke luar negeri, pastikan Anda sudah memiliki paspor. Selain paspor, siapkan pula visa bila memang dibutuhkan. Kalau bisa, dokumen-dokumen seperti paspor, visa, tanda pengenal, dan semacamnya dibuat dalam beberapa salinan. Hal ini dapat membantu Anda jika dokumen aslinya hilang. Selama berlibur, pastikan semua dokumen yang Anda bawa berada dalam tempat yang aman dan kedap air.

4. Hindari Berlibur Sendirian

Hindari lah berlibur sendirian apalagi bagi Anda yang pemula. Berpergian ke wilayah yang asing memiliki risiko yang lebih besar, apalagi jika Anda sendirian. Anda dapat menggunakan agen travel atau mengajak keluarga dan sahabat. Jika memang harus sendiri, pastikan Anda sudah menyiapkan segalanya dengan baik.

Baca Juga: 7 Tips untuk Melakukan Solo Traveling

5. Siapkan Budget dan Tukar Uang

Sebelum berangkat, pastikan uang Anda cukup atau bahkan lebih dari yang direncanakan. Ini merupakan antisipasi bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Jangan lupa juga untuk menukar uang Anda ke mata uang di negara yang Anda tuju. Ingat, setiap negara memiliki mata uang yang berbeda-beda.

6. Bawa Barang Secukupnya

Ketika Anda berlibur ke luar negeri, bawa lah barang secukupnya. Bawa pakaian sesuai musim khususnya bagi Anda yang berlibur ke negara empat musim. Cukup bawa barang-barang yang sekiranya penting saja. Jangan bawa barang yang terlalu banyak agar Anda tidak dikenai biaya tambahan saat di pesawat.

7. Tetap Online dan Terhubung dengan Keluarga di Negara Asal

unsplash (Taylor Grote)

Saat berpergian, tetaplah menghubungi keluarga atau kerabat di negara asal. Anda dapat memanfaatkan wifi gratis atau membeli sim card internasional untuk berkomunikasi di luar negeri. Tujuannya agar lokasi Anda dapat dilacak jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Itulah 7 Tips Berlibur ke Luar Negeri yang sudah kami rangkum untuk Anda. Setelah ini, tak perlu ragu lagi untuk berlibur ke luar negeri. Pastikan Anda mencoba setiap tipsnya, ya!

error: