Bukit Kasih Kanonang

Bukit Kasih Kanonang - pemkab minahasa

Kesiniaja.com – Salah satu wisata yang wajib dikunjungi saat berwisata ke Minahasa adalah Bukit Kasih Kanonang. Bukit ini menjadi bukti toleransi umat beragama di Indonesia. Di bukit ini, kita dapat melihat lima tempat ibadah dari lima agama yang berbeda, berdiri berdampingan. Tempat ibadah ini diantaranya ada gereja protestan, gereja katolik, masjid, vihara, dan pura.

Sejarah

Bukit Kasih ini dibangun sejak tahun 2003. Tujuannya agar setiap orang dari berbagai agama dapat berkunjung dan beribadah secara berdampingan. Nama Bukit Kasih sendiri memiliki makna yang dalam. Kasih menjadi simbol perdamaian dan kerukunan dalam umat beragama. Diharapkan dengan adanya bukit ini, setiap umat beragama dapat hidup berdampingan dengan baik.

Aktivitas dan Fasilitas

Sebenarnya bukit ini adalah bukit belerang yang kondisinya masih aktif hingga saat ini. Ketika sampai, Anda akan langsung mencium bau belerang yang cukup kuat. Bau ini berasal dari kawah-kawah belerang yang berada di kaki bukit. Air di kawah-kawah ini sangatlah panas, bahkan suhunya dapat mencapai seratus derajat celsius. Kawah ini biasanya dimanfaatkan untuk merebus telur atau jagung.

Bukit Kasih Kanonang – manado tribunnews

Saat baru tiba, Anda akan langsung disuguhi dengan tugu tinggi dengan patung burung dan bumi di puncaknya. Tugu ini dikelilingi kolam ikan dengan jembatan di beberapa sisinya. Pada setiap sisi tugu, Anda dapat melihat ukiran dan penjelasan dari kelima agama tadi.

Jalan utama untuk mencapai puncak bukit, berada tepat di balik tugu ini. Anda dapat melihat ribuan anak tangga yang meliuk-liuk di atas bukit. Terdapat juga beberapa gazebo sebagai tempat beristirahat. Pada puncak bukit pertama, Anda akan melihat patung salib berukuran 53 meter. Sangking besarnya, patung salib ini dapat dilihat dari Pantai Boulevard di Manado.

Baca Juga: Rumah Makan Raja Oci

Ketika sampai di puncak tertinggi, Anda dapat langsung melihat kelima tempat ibadah tadi. Arsitektur dari setiap bangunannya tidak terlalu mencolok tetapi memiliki makna yang sangat dalam. Ketika Anda sampai, Anda akan langsung merasakan kedamaian dan ketentraman. Fasilitas di setiap tempat ibadah juga sudah sangat lengkap. Contohnya, di dalam masjid sudah disediakan mukena dan sajadah.

5 Tempat Ibadah di Bukit Kasih Kanonang – ksmtour

Bagi Anda yang tidak sanggup untuk menaiki anak tangga menuju puncak bukit, terdapat kios-kios makanan di kaki bukit. Lokasi kios-kios ini, berada persis di sisi-sisi kawah. Anda dapat menyantap jagung bakar atau mi instan sambil menikmati keindahan lereng bukit ini. Dari sini, Anda juga dapat melihat wajah Toar dan Lumimuut, dipercayai sebagai nenek moyang rakyat Minahasa,  diukir di sebuah tebing batu.

Lokasi dan Rute

Wisata ini berlokasi di Jalan Kawangkoan, Kanonang Empat, Kawangkoan Barat, Minahasa, Sulawesi Utara. Biasanya, orang-orang datang ke sini menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Akses jalan menuju lokasi ini cukup berliku karena memang berada di daerah pegunungan.

Harga dan Jam Operasional

Biaya masuk per orang adalah sebesar  Rp5.000. Bagi Anda yang membawa kendaraan, dikenai biaya tambahan sebesar Rp5.000. Lokasi wisata ini buka sejak pukul 08.00 hingga pukul 18.00.

error: