Sydney Tower Eye

Sydney Tower Eye - merlinentertaiment

Kesiniaja.com – Sydney Tower Eye atau yang biasa disebut AMP Centrepoint Tower merupakan menara tertinggi di Sydney. Menara ini memiliki tinggi 309 meter dan menjadi menara tertinggi kedua di Australia setelah Q1 di Gold Coast.  Bangunannya berdiri di antara gedung-gedung kota distrik bisnis dan di atas gedung centrepoint.

Sydney Tower Eye
Sydney Tower Eye – akuchichie

Sejarah

Seorang arsitek Australia, Donald Crone, adalah orang yang mendesain menara ini. Pada tahun 1974 bangunan ini memulai pembangunannya yang memakan waktu 7 tahun. Sampai akhirnya pada tahun 1981 menara ini buka untuk publik.

Dulunya nama menara ini adalah AMP  Tower namun berubah menjadi Sydney Tower pada 2001. Hal tersebut terjadi karena Westfield Group mengambil alih kepemilikan Centrepoint dari AMP pada saat itu. Lalu pada tahun 2011 Merlin Entertaiments mendapatkan hak untuk mengelola observation deck tower (dek observasi) di menara tersebut. Sejak saat itu juga menara ini disebut sebagai Sydney Tower Eye.

Aktivitas dan Fasilitas

Pengunjung dapat menikmati bioskop 4D yang menampilkan pemandangan Sydney. Bioskop tersebut bisa memuat sekitar 50 orang dengan posisi menonton berdiri. Selama 20 menit wisatawan akan menonton video pengenalan mengenai Sydney Tower Eye dan landmark Kota Sydney lainnya.

Menjadi menara tertinggi di Sydney menjadi daya tarik tempat wisata ini.  Wisatawan dapat melakukan skywalk di menara ini. Kalian akan mendapatkan pengarahan dari tour guide dan juga jumpsuit untuk memastikan keselamatan. Sebelum masuk ke Internal Observation Deck kalian akan berada di area dengan pemandangan Sydney yang menakjubkan secara 360 derajat.

Baca juga: Sydney Opera House

Selama 45 menit pengunjung akan diberi panduan untuk melihat beberapa landmark lainnya dari dek. Pengunjung juga dapat selfie dengan latar belakang 268 meter di atas Kota Sydney. Kalian juga dapat melihat kesibukan Sydney Harbour dengan kapal yang melewati Harbour Bridge yang populer itu.

Skywalk – befreetour

Lokasi dan Rute

Menara observasi ini terletak di Sydney, New South Wales, Australia.  Wisatawan dapat mencapai menara ini dengan menggunakan bus di sepanjang George Street lalu turun di Queen Victoria Building. Bisa juga melalui Elizabeth Street dan turun di St. James Station atau Hyde Park.

Kalian juga bisa menggunakan kereta api dan turun di stasiun Town Hall atau St. James. Lalu berjalan kaki menuju menara tersebut yang berada di sudut Pitt Street Mall dan Market Street.

Harga dan Jam Operasional

Tiket memasuki tower ini memilik harga AU$26.50 atau sekitar Rp378.000 untuk pembelian langsung dan AU$18.55 atau sekitar Rp264.000 untuk pembelian online. Harga tersebut khusus untuk pengunjung di atas 16 tahun.

Untuk anak-anak tiket masuk menuju menara ini lebih murah yaitu AU$17 atau sekitar Rp242.000 untuk pembelian langsung dan AU$11.20 atau sekitar Rp159.000 untuk pembelian online. Menara observasi ini mulai buka dari pukul 10.00 sampai pukul 21.00. Rombongan terakhir yang akan memasuki menara ini hanya sampai pukul 20:00.

error: