Danau Linow

Danau Linow - pesona travel

Danau Linow, sebuah danau cantik yang berlokasi di Tomohon, Sulawesi Utara. Danau ini dikenal juga dengan danau tiga warna. Disebut danau tiga warna karena pada waktu tertentu danau ini akan berubah warna. Terdapat juga hutan dan padang rumput yang mengelilingi danau ini. Keindahan alamnya ini membuat Danau Linow semakin dikenal oleh wisatawan.

Aktivitas dan Fasilitas

Danau cantik ini diapit oleh dua gunung yaitu Gunung Lokon dan Gunung Mahawu. Lokasinya yang berada di tengah-tengah gunung inilah yang membuat daerah di sekitar danau sangat sejuk. Gunung Lokon sendiri adalah sebuah gunung berapi yang hingga saat ini masih aktif. Terdapat sumber air panas di sisi Danau Linow yang merupakan efek dari Gunung Lokon. Tak jarang ada bebek atau angsa yang mandi di sumber air panas ini.

Baca Juga: Bukit Kasih Kanonang

Pemandangan danau yang berubah-ubah dipadukan dengan hamparan padang rumput dan hutan membuat tempat ini bagaikan di negri dongeng. Anda dapat menikmati pergantian warna danau ini sambil menyantap makanan di restoran yang berada di sisi danau.

Danau Linow – instagram (@danau.linow)

Anda juga dapat berkeliling danau menggunakan perahu. Dengan menggunakan perahu ini, Anda dapat mendatangi sumber air panas tadi. Namun, ada beberapa sumber air yang tidak bisa didatangi terlalu dekat karena airnya yang terlalu panas. Terdapat juga fasilitas perahu kano dan perahu kayuh bagi Anda yang ingin menikmati keindahan danau dari dekat.

Fasilitas di Danau Linow ini juga sangat lengkap. Terdapat tempat parkir yang cukup luas, tempat ibadah, toilet, dan restoran dengan view langsung ke danau. Segala fasilitasnya juga sudah ditata dengan sangat modern. Bahkan, terdapat juga penginapan bagi Anda yang berasal dari luar kota.

Lokasi dan Rute

Tempat cantik ini berlokasi di Lahendong, Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon. Dari pusat Kota Tomohon, hanya berjarak sekitar tiga kilometer. Sedangkan dari Kota Manado, berjarak sekitar tiga puluh kilometer.

Anda dapat mengakses lokasi ini menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Lokasinya sangat mudah dicari karena memang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Tomohon.

Danau Linow – indowisata

Dari lokasi parkir, Anda harus melajutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh satu kilometer. Walaupun harus berjalan, Anda tidak akan bosan karena sepanjang perjalanan Anda akan melihat indahnya padang rumput dan Danau Linow dari atas.

Harga dan Jam Operasional

Harga tiket masuk ke danau ini sekitar Rp30.000. Sedangkan untuk menaiki perahu atau kano, Anda dikenai biaya tambahan sekitar Rp50.000 sampai Rp60.000. Danau ini dibuka sejak pukul 11.00 hingga 20.00.

error: