Pantai Pulisan

Pantai Pulisan -pesonapantaipulisan

Likupang, sebuah kecamatan yang berlokasi di Kabupaten Minahasa Utara. Lokasinya berada di paling ujung utara Pulau Sulawesi. Posisinya yang langsung menghadap ke Samudra Pasifik membuat Likupang memiliki keindahan bahari yang memukau. Likupang bagaikan surga tersembunyi di tanah Sulawesi. Oleh karena itu, pemerintah menjadikan Likupang sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Indonesia. Likupang memiliki banyak sekali pantai dan bukit yang sangat memukau. Salah satu diantaranya adalah Pantai Pulisan. Lokasi ini sangat lengkap karena Anda tak hanya akan menikmati keindahan pantai, tetapi juga dapat melihat keindahan savana yang luas.

Aktivitas dan Fasilitas

Pantai Pulisan memiliki pasir putih dengan air laut berwarna kehijauan yang sangat jernih.  Di sini, karang-karang sudah tumbuh di sisi dangkal laut sehingga Anda dapat dengan mudah menikmati keindahannya. Snorkling menjadi aktivitas wajib bagi Anda yang datang ke sini.

Terumbu Karang di Pantai Pulisan – pesonapantaipulisan

Pantai masih sangat asri dengan pepohonan rindang yang mengelilinginya. Di sisi kiri dan kanan pantai, terdapat batu-batu karang dengan ukuran yang berbeda-beda. Anda harus berhati-hati ketika berenang atau bermain di pantai ini.

Pemerintah sedang memprioritaskan pembangunan fasilitas pariwisata di wilayah Pantai Pulisan ini. Oleh karena itu, sekarang kondisinya masih sedikit berantakan karena banyak bangunan yang sedang dibangun. Walau begitu, fasilitas  di sini sudah cukup lengkap. Mulai dari toilet hingga warung makan. Terdapat juga beberapa perahu dan banana boat yang dapat Anda nikmati. Anda juga dapat menyewa saung atau pelampung.

Puncak Bukit Pulisan – journeyofindonesia (Sendy A Saputra)

Tak lengkap rasanya jika membicarakan Pantai Pulisan tanpa menyinggung Bukit Larata atau Bukit Pulisan. Bukit Pulisan sendiri merupakan sebuah bukit savana dengan pemandangan langsung ke laut lepas. Selain laut, dari puncak bukit ini, Anda juga dapat menikmati hamparan savana yang luas. Lokasi bukit ini berada persis di sebelah Pantai Pulisan.

Lokasi dan Rute

Tempat cantik ini berlokasi di Pulisan, Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Dapat ditempuh selama kurang lebih 2 jam dari pusat Kota Manado. Lokasinya sendiri cukup terpelosok. Anda disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi saat berkunjung ke sini.  Anda dapat bertanya pada penduduk sekitar karena memang lokasi ini sudah cukup populer di kalangan masyarakat setempat.

Baca Juga: Taman Nasional Bunaken

Untuk mencapai Bukit Pulisan sendiri, terdapat dua cara yang dapat Anda lakukan. Anda dapat langsung menuju lokasi bukit tanpa perlu melalui Pantai Pulisan. Jalan ini akan membawa Anda langsung di kaki bukit. Anda hanya perlu melakukan sedikit pendakian untuk mencapai puncaknya. Walau begitu, akses jalan ini cukup sempit, sehingga hanya dapat dilalui oleh motor atau mobil kecil.

Cara kedua, dengan melalui Pantai Pulisan terlebih dahulu. Anda dapat memarkirkan kendaraan Anda di pantai ini lalu melanjutkan perjalanan menggunakan perahu. Setelah sampai di sisi lain pulau, Anda harus melakukan treking yang cukup berat. Jalurnya sangat berbatu dan cukup tinggi dengan kemiringan sekitar 45°. Namun, perjuangan Anda akan terbayar ketika mencapai puncak bukit ini. Anda akan langsung disuguhi pemandangan indah yang tak ada duanya.

Harga dan Jam Operasional

Pengunjung dikenai biaya Rp5.000 per orang untuk biaya pengembangan. Bila Anda menyewa saung, Anda dikenai biaya tambahan sebesar Rp50.000. Jika ingin bermain banana boat, Anda harus membayar sekitar Rp25.000. Sedangkan harga sewa perahu untuk menuju lokasi Bukit Pulisan adalah sebesar Rp50.000 per orang untuk perjalanan bolak-balik.

error: