Pantai Paal

Pantai Paal - leonisecret

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak sekali pantai yang eksotis. Beberapa diantaranya berlokasi di Likupang, Minahasa Utara. Karena keindahannya, pemerintah Indonesia pun menjadikan Likupang sebagai lokasi super prioritas untuk pariwisata. Salah satu pantai yang disebut-sebut sebagai surga tersembunyi Likupang adalah Pantai Paal.

Aktivitas dan Fasilitas

Jika dibandingkan dengan Pantai Pulisan, Pantai Paal lebih panjang dan tidak berbatu. Ketika sampai, Anda akan langsung disuguhi pasir putih yang memanjang hingga 100 meter. Lautnya berwarna biru kehijauan dan sangat jernih. Suasana di pantai ini sangat tenang dan sejuk. Di setiap sisi pantai, ditumbuhi pepohonan seperti pohon kelapa.

Pantai Paal – goroho

Walaupun destinasi wisata ini masih terbilang baru, fasilitas di dalamnya sudah sangat lengkap. Terdapat puluhan gazebo yang berjejer di sisi pantai. Gazebo-gazebo ini terdiri atas beberapa ukuran, mulai dari sepuluh orang hingga dua puluh orang. Ada juga warung-warung kecil yang menyediakan makanan atau peralatan berenang.

Baca Juga: Pantai Pulisan

Fasilitas water sport di sini juga terbilang lengkap. Anda dapat mencoba banana boat atau UFO boat. Bagi Anda yang membawa anak kecil, terdapat juga tempat untuk menyewa pelampung. Tersedia pula kamar bilas bagi Anda yang berenang.

Banana Boat di Pantai Paal – tiket

Lokasi pantai ini sangat cocok untuk menikmati indahnya sunset atau sunrise. Dari pantai ini, Anda dapat melihat tebing-tebing tinggi di sekelilingnya. Hal ini menyebabkan pemandangan dari Pantai Paal semakin memukau.

Lokasi dan Rute

Pantai indah ini berlokasi di Desa Marinsow, Kecamatan Likupang Timur, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Dari pusat Kota Manado membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk sampai ke pantai ini. Sedangkan dari Bitung, dapat ditempuh selama 40 menit.

Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi untuk mencapai lokasi ini. Dari Manado, Anda harus melalui Jalan Ring-Road. Lalu berbelok lah ke Jalan A. A. Maramis setelah itu masuk ke wilayah Likupang. Anda dapat bertanya pada penduduk setempat karena lokasi ini sudah cukup populer. Terdapat juga penunjuk jalan yang akan membantu Anda.

Harga dan Jam Operasional

Saat pertama kali masuk, Anda akan membayar karcis masuk sebesar Rp25.000 per orang. Anda juga harus membayar parkir dengan harga Rp10.000 untuk motor dan Rp20.000 untuk mobil. Harga untuk menyewa gazebo bervariasi, dimulai dari Rp100.000 hingga Rp150.000 per gazebo. Jam operasional pantai ini adalah sejak pukul 06.00 hingga 17.00 WITA.

error: