Tips Berlibur Aman Menggunakan Kendaraan Umum

unsplash (Annie Spratt)

Kesiniaja.com – Berwisata menjadi salah satu solusi untuk menghilangkan penat. Untuk mencapai lokasi wisata, biasanya orang-orang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi. Namun, banyak juga yang lebih suka berlibur menggunakan transportasi umum. Menggunakan transportasi umum memang tidak semudah dan senyaman menggunakan kendaraan pribadi. Akan tetapi dengan transportasi umum, Anda dapat lebih menghemat pengeluaran Anda. Oleh karena itu, kesiniaja.com merangkumkan beberapa tips agar liburan Anda saat menggunakan kendaraan umum dapat lebih aman dan menyenangkan.

1. Pilihlah Kendaraan yang Tepat

Saat berwisata menggunakan kendaraan umum, Anda harus mengetahui kendaraan apa saja yang akan Anda tumpangi. Pastikan Anda tidak salah naik kendaraan. Catatlah jadwal kendaraan umum yang Anda tumpangi agar Anda tidak telat.

unsplash (Jerry Zhang)

Memilih kendaraan yang tepat bukan hanya sebatas mengetahui kendaraan mana yang harus ditumpangi tetapi juga mengetahui fasilitasnya. Pastikan kendaraan yang Anda pilih sudah memenuhi standar keamanan nasional. Hindari kendaraan tua yang terlihat tidak meyakinkan. Jangan pula menggunakan kendaraan yang terlalu ramai atau sepi pengunjung. Kedua hal ini sangatlah penting karena berhubungan langsung dengan keselamatan Anda.

2. Bawalah Barang Secukupnya

Ketika kita berpergian menggunakan kendaraan umum, satu hal yang harus Anda ingat adalah banyak orang yang juga menggunakan transportasi ini. Artinya, Anda harus tetap menjaga kenyamanan penumpang selama di perjalanan. Membawa barang yang berlebihan dapat mengganggu kenyamanan penumpang lain. Apalagi kendaraan yang Anda pilih berupa bus atau kereta. Bawa saja barang-barang yang perlu dan penting, seperti pakaian sehari-hari, ponsel, dan obat-obatan.

Baca Juga: Jatlag Ketika Berpergian? Ini 7 Tips Untuk Mencegahnya

Membawa barang yang berlebihan juga dapat merepotkan diri Anda sendiri. Barang-barang Anda akan rentan tertinggal ataupun hilang. Jika Anda membawa barang secukupnya, Anda dapat lebih memperhatikan setiap barang bawaan Anda.

3. Beli Tiket Kendaraan dari Agen Terpercaya

Sekarang ini, banyak sekali modus kejahatan di masyarakat. Salah satunya adalah penipuan dan pencurian. Penipuan pada agen perjalanan sedang marak-maraknya. Oleh karena itu, saat membeli tiket kendaraan publik atau hotel pastikan Anda sudah membeli tiket resmi dari agen yang terpercaya. Anda juga dapat membeli langsung dari perusahaan resmi transportasi itu.

4. Pahami Rute yang Anda Tuju

unsplash (Cardmapr.nl)

Sebelum berangkat cobalah cari tau rute menuju lokasi yang Anda tuju. Pahami setiap detailnya agar Anda tidak tersesat. Selain itu, jika Anda memahami rutenya, Anda tidak akan dengan mudah ditipu orang lain.

5. Hindari Bepergian di Malam Hari

Jika Anda berlibur menggunakan transportasi umum, hindarilah berpergian di malam hari. Selain berbahaya, Anda juga harus ingat bahwa umumnya kendaraan umum hanya beroperasi hingga sore hari. Jangan pulang terlalu malam agar Anda tidak ketinggalan.

6. Tetap Waspada

Ketika kita bepergian menggunakan kendaraan umum, kita akan bertemu banyak orang yang silih berganti. Hal ini memberi kesempatan untuk terjadinya tindak kejahatan. Pastikan Anda selalu sadar dan tidak tertidur saat menggunakan kendaraan umum. Tetap awasi barang bawaan Anda dan pastikan tidak ada yang hilang.

error: