Keindahan Danau Vulkanik Terbesar di Dunia

Danau Toba - maritim go id

Danau Toba merupakan danau terpopuler di Indonesia. Terlepas dari semua mitos-mitosnya, sebenarnya danau ini merupakan sebuah danau vulkanik terbesar di dunia. Danau Toba sendiri terbentuk karena letusan dahsyat Gunung Toba puluhan juta tahun silam. Ledakan maha dahsyat ini meluluhlantakkan wilayah di sekitar gunung hingga akhirnya membentuk kaldera yang sangat luas. Seiring berjalannya waktu, kaldera ini terisi air hingga akhirnya berubah menjadi danau vulkanik.

Sebagai danau vulkanik terbesar di dunia, Danau Toba menyimpan keindahan alam yang memukau. Panorama pada danau seluas 1.145 kilometer persegi ini dapat membius siapapun yang datang berkunjung. Anda dapat menikmati keindahan danau yang terhampar luas. Sangking luasnya, danau ini lebih terlihat seperti lautan daripada danau dengan pulau-pulau kecil di dalamnya.

Tak hanya itu, Danau Toba juga menyguhkan keindahan bukit padang rumput di Bukit Holbung. Setelah menikmati dari Bukit Holbung, Anda juga bisa berkunjung ke Air Terjun Situmurun Binangalom. Air terjun ini sangat unuk karena langsung bermuara di Danau Toba.

Wisata Budaya di Pulau Samosir – google maps (Kemal Sabnani)

Selain wisata alamnya, danau ini memiliki wisata budaya di wilayah Pulau Samosir. Di sini, Anda akan melihat langsung kehidupan suku Batak beserta tradisi-tradisinya. Terdapat juga museum budaya yang dapat Anda kunjungi.

Danau Toba sudah menjadi pusat pariwisata Sumatra Utara selama bertahun-tahun. Untuk mencapai lokasi ini pun sudah sangat mudah. Pemerintah telah mendirikan bandara dan pelabuhan tak jauh dari Danau Toba. Hal ini bertujuan untuk mempermudah wisatawan yang ingin berkunjung. Ditambah lagi, beberapa bulan lalu pemerintah menetapkan Danau Toba sebagai lokasi pariwisata prioritas. Danau Toba beserta beberapa lokasi lain di Indonesia digadang-gadang akan menjadi ‘Bali Baru’ di masa depan. Sejak saat itu, fasilitas seperti hotel, destinasi wisata,  dan lain-lain diperbaiki dan ditambah jumlahnya.

Sudah tidak diragukan lagi, Danau Toba menjadi salah satu destinasi wisata wajib jika berkunjung ke Sumatra Utara. Penjelasan lebih lanjut mengenai sejarah, aktivitas, rute, dan harga dari Danau Toba ini dapat Anda baca di Danau Toba.

error: