Pulau Gangga

Pulau Gangga - travelingyuk

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Pulau Gangga sendiri merupakah salah satu pulau paling indah di Indonesia. Lokasinya berada di wilayah Likupang, Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Pulau indah ini memiliki luas sekitar 14.65 kilometer persegi. Nama ‘gangga’ sendiri diambil dari bahasa Ternate ake gaga yang berarti air tawar. Pulau ini terdiri atas dua desa yang mayoritas penduduknya adalah nelayan.

Aktivitas dan Fasilitas

Walaupun tidak begitu terkenal seperti Bunaken, keindahan Pulau Gangga ini tidak bisa diragukan lagi. Pulau ini memiliki pasir putih yang memukau. Selain itu, pulau ini juga dikelilingi oleh lautan berwarna biru kehijauan yang sangat jernih. Biota lautnya juga sangat kaya, mulai dari terumbu karang hingga ikan warna-warni. Tak heran lokasi ini memiliki beberapa spot diving favorit. Tak jarang, pantai ini menjadi lokasi diving turis mancanegara.

Pulau Gangga – ganggaisland

Pesisir pantainya dipenuhi oleh pohon kelapa atau bakau. Pemandangan sunset atau sunrise di pantai ini sangatlah memukau. Oleh karena itu, Anda wajib menikmati keindahan sunset dan sunrise ketika di pantai ini. Anda juga dapat berenang di tepi pantai sambil menunggu sunset.

Baca Juga: Pantai Paal

Ombak di laut yang mengelilingi pulau ini bisa dibilang cukup tenang. Bagi Anda yang gemar memancing, Anda dapat memancing di sini. Terdapat banyak ikan yang akan menyantap umpan Anda.

Gangga Island Resort and Spa – liburanpintar

Fasilitas di pulau ini sudah cukup lengkap. Terdapat akomodasi seperti penginapan dan bungalow yang menawarkan view langsung ke laut lepas. Fasilitas di dalam penginapannya juga terbilang lengkap. Ada beberapa penginapan yang sudah dilengkapi AC, minibar, hingga kolam renang. Terdapat juga restoran-restoran dan pusat penyewaan peralatan diving.

Lokasi dan Rute

Pulau Gangga ini berlokasi di Likupang Barat, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Untuk menuju Likupang dari pusat Kota Manado, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan kendaraan pribadi atau bus. Dari Likupang, Anda harus melanjutkan perjalanan menggunakan speed boat untuk mencapai pulau ini. Anda dapat menaiki speed boat dari Pelabuhan Likupang. Namun, Anda juga bisa menyewa speed boat dari dermaga kecil di Desa Serei atau di Desa Bahoi agar biayanya lebih terjangkau. Waktu tempuh menggunakan speed boat hanya sekitar 40 menit. Jadwal dari masing -masing speed boat berbeda-beda.

Harga dan Jam Operasional

Saat menuju Pulau Gangga menggunakan speed boat terdapat dua tipe perahu yang dapat Anda sewa yaitu perahu tanpa atap dan perahu beratap. Kapasitas dan harganya juga berbeda-beda. Harga perahu tak beratap sekitar Rp60.000 per rombongan, sedangkan harga perahu beratap sekitar Rp1.000.000 per rombongan. Setiap rombongan berisi 10–20 orang. Untuk harga resort dan penginapan juga berbeda-beda tergantung fasilitas dan kualitasnya. Tips bagi Anda yang ingin ke pulau ini adalah datanglah sedari pagi, karena jadwal speed boat selalu berbeda-beda.

error: