Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Hotel

Sensasi Menginap di Masa Kolonial Belanda

Avatar photo
×

Sensasi Menginap di Masa Kolonial Belanda

Share this article
Sensasi Menginap di Masa Kolonial Belanda

Kisah perjuangan para pahlawan dalam upaya merebut kemerdekaan Indonesia memang selalu menarik. Kisah-kisah itu juga yang membawa kita rela mengunjungi situs-situs sejarah, sekadar mengingat perjuangan mereka. Rasa klasik perjuangan itu terekam sempurna di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur.

Sebelum berganti nama, hotel ini bernama Hotel Yamato. Sejarah menuliskan, pada 10 November 1945 peristiwa membanggakan terjadi di hotel ini. Ketika itu, kaum Surabaya menyerbu, memanjat tiang bendera di atas Hotel Yamato dan merobek warna biru dari bendera tersebut dan membuat bendera merah putih Indonesia berkibar. Peristiwa ini membangkitkan semangat para pemuda untuk memperjuangkan harga diri bangsa Indonesia.

Promo Kredivo

Kenangan bersejarah ini tetap hidup di hotel bergaya art deco ini. Hampir tidak ada perubahan dari tampilan hotel tersebut yang kini berusia 100 tahun. Detail ornamen klasik dan interior kuno masih terlihat menghiasi hotel ini.

Berjalan di dalam hotel ini, para tamu seolah berada di abad lampau. Pilar-pilar penopang yang dilapisi kayu jati, sementara langit-langitnya dihias ukiran klasik, lengkap dengan chandelier besar. Sementara kaca-kaca yang terpasang di sejumlah bagian hotel ini memberikan kesan mengukuhkan suasana klasik romantis.

Ada 150 kamar hotel yang semuanya berlantai teak wood. Ada 5 tipe kamar dengan fasilitas berbeda, seperti  Presidential Suite, Executive Suites, Garden Terrace Rooms, Majapahit Suites, dan  Apartements.

Jika ingin merasakan suasana kolonial Belanda, silakan menginap di kamar Merdeka nomor 33 atau kamar Sarkies nomor 44. Kamar Merdeka adalah kamar yang dahulu di tempati oleh Residen Belanda saat terjadi perobekan bendera merah putih biru. Sedang kamar Sarkies adalah kamar tempat keluarga Sarkies, si pendiri hotel ini. Di kedua kamar kelas suites ini juga terdapat foto dan narasi yang berhubungan dengan sejarah hotel dan kedua kamar ini.

Baca Juga:  10 Hotel Keren dan Murah di Bali ini Harganya dibawah 150.000

Ingin melakukan hal romantis untuk pasangan? Anda bisa melakukannya di hotel ini, ajak pasangan ke bar atau restoran Sarkies yang berada di dalam hotel. Karena didesain dengan suasana kolonial yang mewah dan cozy. Suasana ini mendukung untuk bercengkrama nan hangat atau memberikan kejutan romantis pada pasangan sambil bersulang minuman.

Selain bar dan restoran yang punya daya tarik romantisme, Hotel Majapahit juga memberikan fasilitas lain yang membuat anda betah berlama-lama. Terdapat tiga taman yang rindang dengan pepohonan besar yang dikelilingi kamar-kamar hotel, dua berukuran lebih kecil yang terletak di tengah, satu lagi taman yang cukup besar di bagian belakang.

Fasilitas lainnya, ada kolam renang, area bermain anak-anak, spa, tempat fitnes, lapangan hijau untuk bermain golf, dan restoran lain yang menyajikan makanan khas Eropa dan China. Lokasi hotel yang berada di tengah kota Surabaya dan dekat dengan pusat bisnis membuat hotel ini sangat cocok untuk para pelaku bisnis yang melakukan perjalanan ke Kota Pahlawan.