Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
KulinerKuliner Indonesia

Inspirasi Bumbu Barbekyu Buat Pesta Tahun Baru

Avatar photo
×

Inspirasi Bumbu Barbekyu Buat Pesta Tahun Baru

Share this article
Inspirasi Bumbu Barbekyu Buat Pesta Tahun Baru

Berencana bikin pesta barbekyu pada malam tahun baru, namun tidak ingin menu yang standar? Buat saja resep barbekyu spesial. Kamu bisa mencoba beberapa menu unik dari Kesiniaja.com.

Kamu bisa membuat sate atau mengolah daging dengan berbagai olahan saus barbekyu yang bisa dipadukan. Jika ingin rasa berbeda, kamu bisa menyajikan daging bakar dengan aneka sambal. Selain pedas, keunikan rasa yng tercipta dari sambal Nusantara bakal menambah citarasa dan selera makan menjadi lebih lahap. Yuk Simak resep berikut.

Promo Kredivo

1. Ayam Bakar Dabu-Dabu

Menu ini terinspirasi dari sambal dabu-dabu yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Sambal ini berbahan dasar cabai merah, bawang merah, kemangi, cabai hijau, tomat, jeruk nipis, garam, dan air jeruk nipis

Sembari menunggu proses pembakaran ayam, kamu bisa menyiapkan bumbu dabu-dabu. Pertama, iris atau potong-potong seluruh bahan dan masukkan dalam sebuah mangkuk. Lalu siram air perasan jeruk nipis ke dalam mangkuk, kemudian campur sampai rata. Panaskan minyak goreng, lalu masukkan ke dalam mangkuk, dan campur kembali semua bahan sampai benar-benar rata.

2. Sate Bali

Jika tidak ingin bersusah payah menyiapkan menumbuk daging, kamu tetap bisa menyajikan sate khas bali. Caranya dengan menyiapkan sambal matah. Campurkan serai, bawang merah, terasi bakar, air jeruk nipis, daun jeruk purut, dan garam dalam satu wadah. Setelah itu siram dengan minyak goreng yang sudah dipanaskan terlebih dulu. Aduk rata.

3. Barbekyu Maranggi

Sate maranggi merupakan sate khas Sunda yang terasa unik karena terbuat dari pucuk bunga kecombrang dan tepung ketan. Bunga kecombrang memberikan aroma dan rasa yang seperti mentol di bumbu sate tersebut. Biar lebih mantap, tambahkan irisan bawang merah, cabai rawit, serta jeruk nipis.

Baca Juga:  Belum ke Pangandaran, Jika Tidak Mencicipi 7 Makanan Ini

4. Bumbu Ambal

Kamu bisa menyiapkan menu spesial tahun baru dengan resep dari Kebumen, Jawa Timur. Bumbu barbekyu bakal terasa berbeda karena terbuat dari tempe tumbuk yang dicampur cabai dan aneka bahan lainnya. Daging ayam dibaluri dan direndam dalam bumbu tersebut selama dua jam agar meresap, kemudian disantap dengan ketupat.

5. Easy Barbekyu

Agar menu tahun baru lebih spesial, kamu bisa memakai dry rub dan easy BBQ sauce untuk baluran dagingnya. Sebelum dibakar, daging ayam atau kambing diberi bumbu dari bubuk bawang putih, paprika, merica hitam dan garam. Baru kemudian diolesi saus BBQ gurih manis.