Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Kuliner Indonesia

Belum ke Pangandaran, Jika Tidak Mencicipi 7 Makanan Ini

Avatar photo
×

Belum ke Pangandaran, Jika Tidak Mencicipi 7 Makanan Ini

Share this article
Belum ke Pangandaran, Jika Tidak Mencicipi 7 Makanan Ini

Selain terkenal dengan wisata pantainya yang indah bak surgawi, ternyata Pangandaran juga menyimpan banyak makanan khas. Rasanya pun lezat dan membangkit selera untuk selalu mencicipinya.

Kebanyakan makanan khas diolah dari hasil laut, mulai dari ikan hingga seafood. Namun ada juga makanan yang dibuat dari durian dan bumbu lainnya. Ingin tahu apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

Promo Kredivo

1. Cumi Kerang Cabe

Mengunjungi Pangandaran tanpa mencicipi cumi kerang cabe ibarat makan sayur tak pakai garam. Kelezatan cumi kerang cabe membuat para pelancong ketagihan. Bisa dibilang ini adalah makanan favorit para turis selama berlibur di Pangandaran.

Cumi Kerang Cabe khas Pangandaran bukan hanya makanan jenis seafood biasa. Hidangan ini memiliki cita rasa yang beragam, yakni gurih, asam dan pedas. Bikin ngiler dan ingin nambah ketika mencicipinya.

Cara penyajiannya sangat sederhana. Cumi berukuran besar dipotong sejajar lalu ditumis dengan campuran seperti saus tiram. Sebagai pelengkap, tabur potongan cabai rawit di atas tumisan.  Biar mantap, tambahkan nasi hangat.

2. Soto Pangandaran

Hampir sama dengan soto pada umumnya yakni makanan berkuah dengan irisan daging, tomat dan risol isi bihun. Yang membedakan soto pangandaran dengan soto lain adalah pemberian kerupuk yang berwarna pink, membuat cantik penyajian pada soto.

Bahan lain yang melengkapi Soto Pangandaran adalah Daging ayam yang disuwir tipis-tipis, bihun yang mendominasi seluruh bahan soto, kacang tanah, bawah goreng, dan seledri. Bahan-bahan tadi kemudian disiram dengan air bumbu yang segar dengan campuran potongan tomat sehingga rasa kuahnya kecut-kecut asam.

Baca Juga:  5 Resep Wajib Dimasak Saat Mendaki Gunung

3. Ikan Asin Jambal Roti

Makanan khas Pangandaran satu ini biasanya sering dijadikan oleh-oleh karena teksturnya kering sehingga tidak akan basi ketika dibawa pulang. Ikan asin jambal roti ini merupakan makanan yang kaya akan protein karena diproses dengan cara alami, higenis, dan tanpa bahan pengawet atau zat kimia apapun.

Tak perlu rumus khusus untuk mengolah ikan asin jambal roti. Cukup digoreng kering. Jika ingin variasi lain, bisa ditumis dengan bawang putih, bawang merah dan cabai. Untuk menikmati ikan asin jambal roti ini Anda bisa menyantapnya ditemani dengan nasi hangat dan sambal serta tidak lupa untuk lalabannya. Dijamin Anda akan nambah berkali-kali ketika mencobanya.

4. Kepiting Krispi

Hasil laut Pangandaran yang paling lezat adalah kepiting. Berbeda dari kepiting daerah lain, kepiting Pangandaran terasa manis dan besar. Maka jangan lewatkan sensasi makan kepiting di Pangandaran.

Di banyak restoran di pinggir pantai Pangandaran, kepiting biasanya diolah dengan tepung dan bumbu rempah. Setelah itu kepiting digoreng hingga kering dan menimbulkan bunyi kriuk saat disantap.

Rasanya? Sangat gurih dan renyah. Anda juga bisa menambahkan nasi hangat, saus atau sambal agar rasanya semakin nikmat dan lebih membuat kenyang di perut. Nyam!

5. Pindang Gunung

Pindang gunung adalah salah satu makanan khas selanjutnya yang dapat anda nikmati di Pangandaran. Masakan ini berbahan dasar ikan yang memiliki rasa asam, pedas dan gurih.

Biasanya ikan yang digunakan adalah ikan kakap merah. Namun berbagai jenis ikan dapat dimasak menjadi pindang gunung sesuai selera. Bumbu khas untuk membuat pindang gunung adalah kecombrang atau honje, yakni bumbu khas yang berasal dari jawa barat. Pindang gunung ini nikmat disantap di sore hari sambil melihat pemandangan indah dari pantai pangandaran.

Baca Juga:  Cari Tempat Romantis di Surabaya? Ajak Pasanganmu Kesini!

6. Pepes Durian

Jika biasanya pepes berbahan dari ikan yang diberi bumbu rempah-rempah, berbeda dengan pepes khas Pangandaran. Di sini, pepes dibuat dengan bahan utama durian.

Bentuknya mirip dengan pepes ikan, namun  ketika proses pengkukusan durian tidak terlalu lembek atau mencair. Oleh karena itu, kebanyakan pepes duren menggunakan durian yang setengah matang.

Pepes duren biasanya disuguhkan pada waktu dan acara tertentu saja. Dengan kata lain, pepes duren terbilang langka keadannya karena hanya bisa didapat satu tahun sekali, yaitu pada saat musim durian saja.

7. Hidangan Udang

Di Pangandaran terdapat banyak sekali makanan yang berbahan dasar udang jenis lobster dengan beragam penyajiannya seperti udang pedas manis, udang krispi, udang saus tiram dan udang goreng.

Makanan ini sangat mudah ditemukan ketika berkunjung ke Pangandaran karena banyak yang menjajakan hidangan udang ini. Kelezatan begitu terasa ketika menyantap udang di pangandaran, karena udang0udang ini di ambil langsung dari laut pangandaran sehingga masih segar dan tidak amis.

Itulah 7 makanan khas Pangandaran yang siap memanjakan lidah dan mengenyangkan perut ketika berlibur di sini. Biar tidak penasaran, luangkan waktu untuk mencicipi kelezatan rasanya.