Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Kuliner MancanegaraTerkini

Ini 5 Hidangan Natal dari Berbagai Negara

Avatar photo
×

Ini 5 Hidangan Natal dari Berbagai Negara

Share this article
Ini 5 Hidangan Natal dari Berbagai Negara

Salah satu momen natal paling istimewa adalah makan malam bersama keluarga. Setiap keluarga bakal menghadirkan makanan istimewa masing-masing, termasuk memasak hidangan warisan leluhur.

Bagi kamu yang ingin mencoba untuk menyajikan hidangan natal yang berbeda pada tahun ini, bisa membuat makanan favorit dari berbagai negara ini. Makanan-makanan ini sudah sangat mendunia dan bahkan kerap dijadikan menu spesial natal di Indonesia. Yuk, catat daftar makanan natal berikut.

Promo Kredivo

1. Roti Manis Khas Italia

Orang Italia kerap merayakan natal dengan menyantap hidangan yang manis. Namun panettone dan frittelle jadi makanan wajib yang harus disajikan di meja makan saat natal. Di Verona, Italia, frittelle dibuat dari beras yang dicampur dengan susu dan gula. Bentuknya dicetak bulat dan di atasnya diberi taburan gula dan vanili. Beberapa keluarga memilih mengolesinya dengan selai kacang atau cokelat.

Bagi keluarga yang ingin sentuhan lain, mereka memilih panettone. Ini adalah roti manis yang mengandung kismis dan manisan buah. Bahannya terdiri dari tepung, telur, ragi, mentega dan gula.

2. Aneka Ikan Disajikan di Portugis

Sudah jadi tradisi di Portugis untuk menyantap ikan laut sebagai menu utama pada malam natal.  Salah satu yang umum dikonsumsi adalah Bacalhau atau ikan cod kering yang diasinkan. Menurut penduduk lokal, ikan cod memiliki kandungan minyaknya yang tinggi. Menu disajikan dalam bentuk yang sudah direbus bersama dengan kentang dan dimakan secara bersama-sama.

3. Kue Kayu dari Prancis

Masyarakat Prancis percaya membakar batang kayu di malam natal bakal mendatangkan keberuntungan dan kemakmuran. Seiring waktu, mitos itu disulap jadi penganan lezat khas natal. Namanya Yule log atau Buche de Noel.

Baca Juga:  Tips Merencanakan Weekend Getaway

Kue tradisional asal Prancis ini dibentuk menyerupai batang pohon. Yulelog ini dipercaya memberikan perlindungan terhadap api atau kebakaran. Namun jangan ragukan kelezatannya, karena kue ini merupakan paduan buttercream cokelat atau kopi.

4. Kalkun Panggang di Amerika Serikat

Jutaan orang Amerika senang menikmati santap malam dengan kalkun. Kegemaran ini berlanjut hingga natal tak bisa dilewatkan tanpa kehadiran kalkun panggang.

Satu ekor kalkun utuh umumnya dipanggang bersama rempah-rempah hingga matang. Kalkun panggang biasanya disajikan dengan kentang panggang dan salad. Kemudian berlanjut menghidangkan kalkun saat Natal.

5. Kue Buah khas Jerman

Orang Jerman mulai menyajikan stollen atau kue yang dibuat dari buah kering sejak 1329 dan menjadi tradisi yang tak boleh dilewatkan setiap natal. Kue ini dimakan selama musim libur Natal di Jerman dan juga diberikan sebagai hadiah Natal.

Kue ini dibuat dari ragi yang dicampur dnegan mentega, kismis, dan air jeruk lemon. Agar stollen lebih terasa lezat, biasanya diisi buah-buahan kering, marzipan, keju, atau kacang-kacangan.