Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah Wisata

Liburan Long Weekend, Kunjungi 5 Destinasi di Jogja Ini

Avatar photo
×

Liburan Long Weekend, Kunjungi 5 Destinasi di Jogja Ini

Share this article
Liburan Long Weekend, Kunjungi 5 Destinasi di Jogja Ini

Ingin liburan long weekend namun enggan mengeluarkan biaya terlalu mahal? Cukup pergi ke Yogyakarta, segala macam wisata bisa Anda temukan.

Mau wisata adrenalin, traveler bisa treking Merapi atau menyusuri gua bawah tanah, Gua Pindul. Yogyakarta juga memiliki wisata keraton untuk Anda yang ingin belajar budaya Jawa. Belum lagi wisata kuliner dan berburu batik.

Promo Kredivo

Untuk Anda yaang berencana berlibur ke Jogja tapi masih bingung menentukan destinasi wisata, 5 tempat ini bisa menjadi pilihan. Serunya lagi, Anda bisa menjangkau kelima tempat ini dalam satu hari.

Mari memulai hari dengan fenomena sunrise menakjubkan di Kebun Buah Mangunan. Negeri atas awan ini menyajikan Panorama layaknya gumpalan kapas-kapas putih melayang di bawah kaki dengan semilir angin dan sejuknya suasana subuh hari.

1. Keindahan Sunrise di Kebun Buah Mangunan

Mari memulai hari dengan fenomena sunrise menakjubkan di Kebun Buah Mangunan. Negeri atas awan ini menyajikan Panorama layaknya gumpalan kapas-kapas putih melayang di bawah kaki dengan semilir angin dan sejuknya suasana subuh hari.

Tempat yang terletak di Dlingo, Bantul ini berada di ketinggian sekitar 200 mdpl. Hamparan Pegunungan Sewu yang hijau membentang sepanjang mata memandang dan keelokan Sungai Oyo yang meliuk dengan sangat cantik. Datanglah ke tempat ini saat subuh hari dijamin Anda akan mendapatkan sensasi berada di negeri atas awan. Saat subuh menjelang, selain bisa menikmati sensasi negeri di atas awan, Anda juga bisa mendapatkan matahari terbit yang akan membuat rindu.

Rute menuju Kebun Buah Mangunan dari Kota Jogja yaitu ke jalan Imogiri Timur ikuti jalan tersebut hingga sampai mentok pertigaan pasar Imogiri, ambil arah kiri. Mulai dari sini tinggal mengikuti papan petunjuk arah yang mengarahkan ke Kebun Buah Mangunan. Anda harus melalui jalan yang cenderung menanjak dan agak panjang, jadi pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik. Masuk ke tempat ini hanya akan dikenai biaya Rp 5.000 per orang.

Baca Juga:  Ingin Merasakan Sensasi Petualangan Amazon? Yuk ke Sungai Maron!

2. Pesona Hutan Pinus Mangunan

Lokasi wisata yang kini semakin populer disebabkan pengembangan potensi wisatanya ini menjadi spot yang juga harus Anda kunjungi. Selepas menikmmati sunrise di Kebun Buah Mangunan, Anda bisa memacu kendaraan menuju Hutan Pinus.

Di sini Anda akan menemukan panorama pantulan cahaya matahari yang menerobos di antara celah-celah rimbunnya hutan pinus. Di tempat ini sudah banyak dibangun beragam fasilitas wisata seperti gardu pandang, panggung pertunjukan yang menyatu dengan alam, kamar mandi umum, mushola dan warung-warung sederhana.

Hutan Pinus Mangunan ini merupakan spot memanjakan bagi para fotografer. Maka tempat ini pun sering didatangi untuk keperluan fotografi termasuk pre-wedding. Bahkan sengaja dibangun spot khusus saking seringnya tempat ini digunakan untuk prewedding.

Rute yang bisa Anda ambil dari Kota Jogja yaitu menuju Jalan Imogiri Timur-Imogiri-pertigaan Imogiri belok kiri ke arah Makam Raja-raja Imogiri-pertigaan belok kanan ke arah Mangunan-pertigaan Mangunan belok kiri ke arah hutan pinus – Hutan Pinus Mangunan.

3. Koleksi Foto Terbalik di Upside Down Jogja

Tidak ingin ketinggalan fenomena foto terbalik yang sedang hits di berbagai sosial media? Inilah rahasianya. Upside Down World memiliki konsep museum dengan ruangan-ruangan yang segala benda di dalamnya ditata secara terbalik. Dengan begitu, saat difoto, Anda seolah melayang di udara.

Upside Down World Jogja memiliki 12 spot untuk berfoto dengan gaya unik berdasarkan kreatifitas Anda dalam mengabil moment. Kegiatan yang ditawarkan tempat ini selain layaknya kunjungan ke museum, di sini memang lebih ditekankan kepada spot fotografi. Kebayang kan hasil foto Anda yang seolah melawan gaya gravitasi dan pastinya bakalan kece banget menghiasi instagram.

Baca Juga:  Menengok Si Cantik dari Selat Sunda

Jangan khawatir mati gaya saat berfoto, saat Anda membayar tiket masuk, sudah ada guest assistance yang siap mengantar berkeliling sekaligus menjadi juru foto dan pengarah gaya. Jadi dijamin deh hasil foto bakalan instagramable. Memasuki tempat yang satu ini Anda dilarang menggunakan alas kaki, jadi sebaiknya Anda bisa menggunakan kaos kaki jika risih.

Upside Down World Jogja berlokasi di Jalan Ring Road Utara 18 Maguwoharjo Depok, Sleman. Tempat ini buka setiap hari pukul 10.00-19.00 WIB dan dikenakan biaya Rp 80.000 untuk dewasa, sedangkan untuk anak-anak sebesar Rp 40.000.

4. Wujudkan Impianmu di De Mata dan De Arca

Ingin merasakan berjalan menyusuri Tembok Besar China atau mendayung perahu di tengah aliran sungai Kota Venesia? Atau ingin berfoto bersama Einstein dan juga Obama? Semuanya bisa Anda dapatkan di tempat wisata yang satu ini.

De Mata Trick Eye dan De Arca Museum, dua wisata berbeda di satu tempat yang sama ini terletak di XT Suare Jogja. Didirikan pada tahun 2013 kini terus berinovasi dan berkembang hingga saat ini. Museum ini dibuka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 22.00.

Kedua museum ini terpisah, namun saling berdampingan. Di De Mata Trick Eye Museum, Anda bisa berfoto dengan berbagai pose dan latar sehingga foto yang dihasilkan akan tampak nyata. Museum yang memiliki lebih dari 120 gambar 3D ini mempunyai beragam tema gambar.

Terletak di XT Square Jalan Veteran Pandeyan, Yogyakarta ini cukup mudah dijangkau. Tidak jauh dari kebun binatang Gembira Loka Anda dapat dengan mudah menemukan gedung XT Square

Baca Juga:  Malang Night Paradise, Cahaya Malam yang Menakjubkan di Kota Apel

5. Menutup Hari di Tempo Gelato

Setelah lelah seharian mengeksplore Jogja, Anda bisa bersantai dan menutup hari dengan dinginnya gelato yang lembut di Tempo Gelato. Tempo Gelato merupakan sebuah kedai yang menawarkan beragam rasa gelato unik dan menarik untuk dicicip.

Gelato sendiri memiliki arti es krim dalam Bahasa Italia. Gelato sebenarnya tak terlihat berbeda dari es krim pada umumnya. Kedai ini dibuka setiap hari mulai pukul 11.00-22.00.

Para pecinta gelato tinggal pilih, mau disajikan dalam kemasan cone atau cup. Jika ingin menikmati gelato dalam cone, bisa memilih dua jenis rasa berbeda. Sementara cup bisa mengombinasikan tiga rasa berbeda. Harganya pun ramah untuk kantong mahasiswa, karena berkisar Rp 25.000 hingga Rp 40.000.

Untuk menjaga cita rasanya, Tempo Gelato mengolah sendiri gelatonya. Bahan-bahannya pun alami. Tidak heran apabila gelato yang disajikan kedai yang terletak di jalan Prawirotaman No. 43, Brontokusuman, Mergangsan ini terasa lebih lembut dan padat.