Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah Wisata

Pantai Muara Gembong, Pantai Indah dengan Panorama Mangrove yang menawan di Bekasi

Avatar photo
×

Pantai Muara Gembong, Pantai Indah dengan Panorama Mangrove yang menawan di Bekasi

Share this article
Pantai Muara Gembong, Pantai Indah dengan Panorama Mangrove yang menawan di Bekasi

Temukan keajaiban alam di Pantai Muara Gembong, Bekasi, pantai indah dengan ekowisata mangrove yang menawan dan habitat penangkaran satwa yang mempesona.

Sebagian orang menggambarkan wilayah Bekasi sebagai kawan yang gersang dan penuh dengan kemacetan. Namun jika anda benar benar mengenal lokasi ini pastinya bisa menemukan sebuah wisata pantai Muara Gembong yang sangat unik dan menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah beberapa daya tarik yang tersimpan di kawasan wisata ini

Promo Kredivo

Daya Tarik Wisata Pantai Muara Bekasi

Daya Tarik Wisata Pantai Muara Bekasi
Foto: Google Maps/Arif Orange

1. Pusat Ekowisata Mangrove

Ketika berada di kawasan ini setidaknya anda akan melihat 70 hektar hutan bakau. Dengan berdasarkan fakta tersebut maka tidak heran jika kawasan ini dikenal sebagai cagar mangrove terbesar yang ada di Kota Bekasi sejak tahun 2018.

Anda akan disambut dengan gapura setinggi 3,5 meter. Saat menyusuri kawasan ini maka anda akan bisa menemukan jembatan bambu selebar 1,5 meter

Panjang dari jembatan tersebut yaitu 200 meter sehingga bisa membuat anda merasa puas berjalan menyusuri hutan mangrove.

Kawasan mangrove di sini merupakan bagian dari Cagar Alam Ujung Krawang yang menjadi rumah bagi 23 spesies mangrove asli. Spesies yang paling umum yaitu Mangrove Api-api atau Avicennia dengan Mangrove atau Rhizophora.

2. Keindahan yang Disuguhkan

Jika ingin mengunjungi kawasan pantai ini maka anda perlu melakukan perjalanan menggunakan perahu dengan jarak sekitar 15 menit dari Desa Muara Gembong.

Selama perjalanan anda akan melihat keindahan hutan bakau yang ada di sisi sungai. Berjalan menyusuri kawasan mangrove akan membuat Anda serasa tidak berada di Bekasi.

Baca Juga:  Yuk, Ber-Selfie Penuh Warna di Kampung Jodipan, Malang!

Hal tersebut bisa terjadi karena situasi dan suasananya sangat indah. Jika Anda memilih datang pada September sampai Februari maka biasanya akan bisa melihat kawanan burung cantik di sekitar pohon bakau.

Selain burung-burung tersebut, kawasan pesisir ini juga menjadi rumah bagi burung-burung migran dari Laut Cina Selatan dan Samudera Pasifik.

3. Wisata Tambak

Ketika sudah merasa puas berkeliling kawasan hutan mangrove maka selanjutnya anda bisa melakukan perjalanan mengunjungi wisata tambak untuk bisa melihat ikan dan udang.

Di sini Anda akan menemukan tiga model kolam yaitu Komplangan, model Kao-kao dan Gei Wai. Menariknya, Anda bisa membeli hasil pertanian dari para nelayan ini dengan harga yang terjangkau.

Hasil tangkapan warga setempat ini bisa menjadi oleh-oleh yang istimewa. Jadi Anda pun tidak perlu pergi ke toko oleh-oleh khas Bekasi karena disini sudah bisa menemukan oleh-oleh berupa ikan serta udang segar yang baru saja diperoleh para nelayan. Agar tidak dibuat penasaran, anda perlu mengetahui alamat serta rute untuk menuju ke pantai Muara ini

Alamat dan Rute Menuju Pantai

Untuk bisa sampai di lokasi wisata pantai yang indah ini, Anda Perlu menuju ke Kawasan Pantai Bahagia yang ada di Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat.

Jika anda melakukan perjalanan dari arah pusat kota Bekasi maka perlu menempuh jarak sekitar 2 jam. Terdapat banyak transportasi yang bisa digunakan untuk tiba dna menikmati keindahan pantai Muara di bekasi ini

Namun untuk bisa merasakan sensasi perjalanan yang menyenangkan maka anda bisa memilih menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor.

Baca Juga:  Kampung Cibunut, Destinasi Instagramable ditengah Pemukiman Kota Bandung

Akses yang dilalui untuk bisa tiba di lokasi ini juga terbilang sangat aman dan nyaman dengan rute yang mudah. Jika anda pergi dari arah pusat Kota Bekasi maka bisa melakukan perjalanan menuju Ganda Agung

Setelah itu melanjutkan perjalanan hingga tiba di desa sriamur Babelan dan Muara Gembong. Perjalanan bisa dilakukan dengan mudah karena terdapat rambu jalan yang akan membantu memandu Anda.

Namun jika tetap dibuat bingung maka anda bisa memilih untuk mengandalkan google maps. Perjalanan pastinya akan lebih mudah tanpa takut tersesat

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan
Foto: Google Maps/Amron 1984

1. Mengunjungi Penangkaran satwa

Hutan mangrove tidak hanya dijadikan sebagai habitat tumbuhan, tetapi juga bagi hewan terutama burung. Ada sekitar 158 spesies burung di hutan ini.

Saat pengunjung terus menelusuri hutan mangrove, maka akan menemukan beberapa satwa liar yang dilindungi atau habitat hewan langka. Selain burung, ada juga lutung, biawak, dan monyet ekor panjang di kawasan tersebut.

Lutung jawa merupakan salah satu satwa liar yang dilindungi serta berpotensi memikat masyarakat disini yaitu penangkaran Lutung di Pulau Jawa. Namun, populasi monyet lebih banyak dari Lutung Jawa.

Populasi Lutung di Jawa menurun drastis akibat deforestasi besar-besaran. Selain itu, mantan pemburu bisa leluasa berburu lutung jawa di kawasan hutan bakau Muara Gembong.

2. Mengikuti Pesta Laut Tahunan

Kegiatan yang cukup menarik selanjutnya yaitu kegiatan tahunan masyarakat setempat berupa Festival Laut tahunan. Masyarakat menyebutnya Nadran atau perayaan bahari tahunan sebagai tanda terima kasih kepada masyarakat nelayan setempat.

Baca Juga:  Hawai Waterpark, Taman Rekreasi Air Favorit dengan Wahana Menantang di Malang

Nadran juga merupakan bentuk pelestarian budaya. Hal ini dilakukan masyarakat nelayan dari tahun ke tahun di sepanjang pesisir Muara Gembong.

Fasilitas yang Ada di Pantai Muara Bekasi

Sebagai objek wisata terkenal di Bekasi, pantai Muara Gembong ini dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Anda bisa menemukan area parkir yang luas, toilet umum, Mushola dan bahkan gazebo untuk bersantai.

Jika merasa lapar bisa mengunjungi warung yang ada di sekitar tempat wisata. Abadikan momen menarik di kawasan ini sekitar spot foto menarik

Pantai Muara di bekasi ini merupakan tempat wisata yang cukup ramai dikunjungi. Meskipun masih terbilang baru, kawasan ini bisa dijadikan sebagai pilihan lokasi untuk menghabiskan akhir pekan bersama dengan orang terdekat.

Terdapat banyak hal menarik yang ada di kawasan ini karena dikenal sebagai pusat ekowisata mangrove, tambak udang dan habitat beberapa jenis spesies satwa.