Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah Wisata

Coban Glotak, Air Terjun di Malang yang Dikelilingi Panorama Alam Memukau

Avatar photo
×

Coban Glotak, Air Terjun di Malang yang Dikelilingi Panorama Alam Memukau

Share this article
Coban Glotak, Air Terjun di Malang yang Dikelilingi Panorama Alam Memukau

Jelajahi Coban Glotak, air terjun yang menawan di Malang, dikelilingi oleh keindahan alam yang mempesona, menawarkan pengalaman petualangan dan ketenangan yang sempurna.

Menggema di antara bukit-bukit yang hijau dan udara pegunungan yang menyegarkan, Coban Glotak berdiri sebagai simbol kemegahan alam yang tak terjamah di Malang, Jawa Timur.

Promo Kredivo

Tempat ini bukan sekadar destinasi wisata, melainkan sebuah perjalanan menemukan keajaiban alam, di mana setiap tetesan air terjun membawa kisah dan melukis panorama alam yang memukau.

Tersembunyi di balik lipatan lereng Gunung Kawi, Coban Glotak mampu menyihir setiap pengunjung dengan keindahan alaminya yang autentik dan suasana yang damai, memberikan pelarian sempurna dari hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari.

Daya Tarik yang Dimiliki Coban Glotak

Daya Tarik yang Dimiliki Coban Glotak
Foto: Google Maps/Alfath Marie Baihaqi

1. Keindahan Air Terjun Puluhan Meter

Di tengah lanskap alam yang mempesona, Coban Glotak berdiri megah sebagai simfoni alam yang luar biasa.

Air Terjun ini merupakan puncak dari keindahan alami, dengan air yang jatuh dari ketinggian yang mencengangkan hingga 80 meter, menari turun dengan kekuatan dan keanggunan yang tak tertandingi.

Air ini, seakan mengepakkan sayap putihnya, berkelebat turun ke kolam di bawah sana, menciptakan suara gemuruh yang menyentuh jiwa, memanggil-manggil pengunjung untuk mendekat dan merasakan keajaibannya.

Ketika air tersebut mencapai kolam dan mengalir melalui sungai, kejernihan dan kebeningannya terlihat begitu nyata, mencerminkan kemurnian alam.

Namun, di kolam yang terletak tepat di bawah air terjun, arusnya masih terasa kuat, mengingatkan para pengunjung untuk berhati-hati dan tidak berada langsung di bawah derasnya air terjun.

Sungai yang berada beberapa meter dari air terjun menawarkan tempat bermain yang lebih aman dan menyenangkan. Dinding air terjun itu sendiri adalah kanvas alami yang menakjubkan, dihiasi dengan batu-batu berwarna hitam yang tampak basah oleh air terjun.

Baca Juga:  Menikmati Jajaran Pegunungan Purba di Jogja Lantai Dua

Sisi yang dilalui air terjun dihiasi dengan lumut hijau yang melekat erat, memberikan kontras yang indah dengan batu dan air yang mengalir.

Tanaman rambat dan semak-semak melengkapi pemandangan, memberikan sentuhan kehidupan pada struktur alam ini.

2. Asal Usul Nama Coban Glotak

Coban Glotak, sebuah nama yang tercipta dari keunikan alam itu sendiri. Menurut legenda lokal, nama ‘Glotak’ berasal dari suara gemericik air yang jatuh ke batu, menciptakan suara “glotak-glotak” yang khas.

Meskipun sekarang suara gemuruh air lebih dominan, legenda itu tetap menjadi bagian dari pesona dan misteri tempat wisata ini.

3. Pelangi Indah di Kaki Air Terjun

Dan tentu saja, momen paling ajaib adalah ketika pelangi muncul di bawah air terjun. Sebuah spektrum warna yang lembut, membentuk lengkungan di antara jatuhnya air, menawarkan pemandangan yang sempurna untuk diabadikan dalam foto.

Hutan dan sungai di sekitarnya menambahkan keindahan pada latar belakang, membuat setiap foto menjadi karya seni yang tak terlupakan.

Alamat dan Rute Mudah Menuju Lokasi

Berlokasi di Jalan Raya Coban Glotak, Dusun Bedalisodo, di hati Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia, Coban Glotak adalah sebuah surga tersembunyi yang berada di dalam lipatan-lipatan lembut lereng Gunung Kawi.

Coban Glotak Malang, yang terletak di wilayah hutan yang masih asri dan alami, merupakan sebuah mahakarya alam yang masih menjaga esensi keaslian dan keindahan alaminya.

Perjalanan menuju Coban Glotak ini bukanlah perjalanan biasa. Bagi para petualang yang berani menghadapi tantangan, jalur ini akan menjadi sebuah perjalanan yang tak terlupakan.

Meskipun kini telah bertransformasi menjadi destinasi wisata yang menawan, perjalanan ke sana memerlukan sedikit usaha dan keberanian.

Jalur trekking yang cukup curam dan berbatu, terutama saat musim hujan, akan membawa Anda melewati hutan yang lebat, menyusuri panorama alam yang memukau.

Baca Juga:  Kampung Biru Arema, Di Mana Langit Bertemu dengan Bumi di Tengah Kota

Rute ini bermula di Jalan Raya Coban Glotak, Area Hutan, Dalisodo, Wagir. Bagi Anda yang memulai perjalanan dari Kota Malang, andaikanlah petunjuk arah menuju Jl. Raya Bandulan, Jl. Budi Utomo, Jl. Jaten, dan Jl. Wangkal sebagai peta harta karun Anda. I

kuti saja petunjuk ini dan Anda akan tiba di gerbang menuju keajaiban alam ini. Dari Jl. Raya Bandulan, perjalanan diperkirakan akan memakan waktu sekitar satu jam.

Sebelum memasuki area Coban Glotak, Anda akan melintasi beberapa desa di daerah Wagir, dimana setiap langkah membawa Anda semakin dekat dengan keindahan alami.

Pemandangan pedesaan yang menenangkan dan menyejukkan mata akan menyapa Anda sepanjang perjalanan. Di sepanjang perkebunan penduduk, Anda akan menemukan sebuah jalur yang mengarah ke loket masuk Coban Glotak, di mana Anda dapat memarkir kendaraan setelah membayar tiket masuk.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Biaya untuk memasuki dunia ini terbilang terjangkau. Dengan hanya Rp5.000 untuk tiket masuk per orang dan Rp5.000 untuk parkir, Anda akan dibawa ke alam mimpi yang menjadi kenyataan.

Setelah memarkir kendaraan, Anda masih harus menempuh perjalanan kaki yang menantang, menyusuri jalan curam selama sekitar 2 km untuk sampai pada lokasi utama di Coban Glotak.

Papan penunjuk arah akan memandu Anda, dan ketika Anda bertemu dengan sungai, Coban Glotak sudah tak jauh lagi.

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan
Foto: Google Maps/Dhimas Andri

1. Piknik dengan Latar Air Terjun yang Memukau

Bayangkan duduk di gundukan hijau yang lembut, di depan air terjun yang mengagumkan, sambil membuka bekal yang Anda bawa.

Piknik di Coban Glotak bukanlah sekedar makan siang, ini adalah pengalaman menikmati hidangan dengan latar belakang pemandangan alam yang menakjubkan dan udara sejuk yang menyegarkan.

Baca Juga:  Menikmati Kemolekan Air Terjun di Lereng Rinjani

Menyeruput minuman favorit Anda sambil menatap keajaiban alam ini, adalah cara sempurna untuk menenangkan pikiran dan menyegarkan jiwa.

2. Berenang dan Berendam dalam Kesegaran Air Terjun

Setelah perjalanan jauh, merasakan dinginnya air terjun adalah suatu keharusan. Coban Glotak memiliki kolam alami yang terletak beberapa meter dari air terjun, tempat yang ideal untuk berenang dan merasakan sentuhan alami air yang menyegarkan.

Kolam ini memiliki area cekungan dangkal dimana pengunjung dapat berendam sambil duduk di atas bebatuan, merasakan kesegaran air yang mengalir lembut.

Bagi yang tidak ingin berenang, hanya merendamkan kaki sambil duduk di tepi sungai juga merupakan pilihan yang menyenangkan. Area ini juga sempurna untuk berfoto, dengan latar belakang air terjun yang mengesankan dan sungai yang jernih.

3. Trekking Menantang di Tengah Alam

Bagi pengunjung yang memiliki jiwa petualang, Coban Glotak menawarkan trekking yang memacu adrenalin. Perjalanan menuju air terjun ini adalah sebuah petualangan yang melibatkan jalanan berbatu dan tanah, menuntut stamina dan kekuatan fisik.

Para petualang akan melewati sungai dengan aliran yang deras, menyusuri sela-sela bebatuan. Meskipun tantangan ini mungkin terdengar menakutkan, keindahan alam yang ditawarkan di sepanjang perjalanan membuat setiap keringat dan usaha menjadi sangat berharga.

Setelah hari yang diisi dengan petualangan dan kedamaian di Coban Glotak, pengunjung akan membawa pulang kenangan tentang keindahan alam yang tak lekang oleh waktu.

Di antara derasnya air terjun dan panorama alam yang mempesona, Coban Glotak bukan hanya destinasi wisata, tapi juga sebuah cerita alam yang akan terus berdendang di hati setiap pengunjung yang pernah menginjakkan kaki di surga tersembunyi ini.