Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah Wisata

Coban Rais, Menyaksikan Keindahan Surga Alam Tersembunyi di Batu Malang

Avatar photo
×

Coban Rais, Menyaksikan Keindahan Surga Alam Tersembunyi di Batu Malang

Share this article
Coban Rais, Menyaksikan Keindahan Surga Alam Tersembunyi di Batu Malang

Temukan pesona alam di Coban Rais, Batu Malang, dengan air terjun eksotisnya, rumah hobbit yang menawan, dan Batu Flower Garden yang penuh warna, menjadikannya destinasi wisata yang sempurna untuk petualangan

Di lembah yang tersembunyi di Batu Malang, terdapat sebuah surga yang menunggu untuk ditemukan – Coban Rais. Tempat ini, dengan air terjunnya yang eksotis, rumah hobbit yang seakan keluar dari dongeng, dan Batu Flower Garden yang penuh warna, menawarkan sebuah perjalanan yang tak hanya memikat mata tetapi juga menyegarkan jiwa.

Promo Kredivo

Coban Rais adalah tujuan sempurna bagi mereka yang mencari petualangan, keindahan, dan momen-momen tak terlupakan di tengah keajaiban alam.

Daya Tarik yang Dimiliki Coban Rais

Daya Tarik yang Dimiliki Coban Rais
Foto: Google Maps/Revan Nakano

Selain air terjun yang memikat, area ini juga menyuguhkan berbagai spot menarik yang sempurna untuk selfie dan wefie, salah satunya adalah rumah hobbit yang menawan.

1. Rumah Hobbit

Meskipun cerita film Hobbit mungkin telah usai, namun daya tariknya masih terasa di hati banyak pengunjung. Di Coban Rais, terdapat sebuah rumah hobbit yang tidak hanya menarik tapi juga unik, berada di kawasan dengan kemiringan yang menciptakan tantangan tersendiri.

Keunikan rumah hobbit ini terletak pada desain dan lokasinya yang menantang, sehingga sobat native harus berhati-hati saat menjelajahinya, terutama karena tanah di sekitarnya yang lembut dan bisa membuat kaki terasa aneh.

2. Batu Flower Garden

Coban Rais terkenal hingga ke penjuru nusantara, salah satunya berkat kehadiran Batu Flower Garden yang benar-benar mempesona.

Taman bunga ini merupakan sebuah bukit yang telah disulap menjadi area yang sangat instagramable, dipenuhi dengan bunga-bunga berwarna-warni yang mekar sempurna.

Bukit ini telah dihiasi dengan berbagai jenis tanaman yang ditata dengan indah dan rapi. Namun, perlu diingat bahwa akses ke Batu Flower Garden ini memiliki biaya yang cukup tinggi.

Baca Juga:  Yuk, Ber-Selfie Penuh Warna di Kampung Jodipan, Malang!

3. Berbagai Wahana dan Gardu Pandang

Di perbukitan ini, terdapat gardu pandang yang memungkinkan sobat native untuk menikmati pemandangan alam Kota Batu dari ketinggian.

Salah satu gardu pandang yang paling dicari adalah yang berbentuk love, karena menawarkan titik pandang sempurna untuk berfoto. Selain itu, ada juga ikon Kota Malang berupa buah apel yang bisa dijadikan latar foto yang unik.

Tidak ketinggalan, ada area bunga yang romantis, di mana bunga-bunga ini seakan-akan tumpah dan mengalir ke bawah, menciptakan sebuah spot yang tidak hanya romantis tapi juga menakjubkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Wisata

Coban Rais, terletak di Kota Batu, Malang, Jawa Timur, telah berkembang menjadi salah satu tujuan wisata alam yang paling dicintai di Malang, menarik perhatian para pengunjung yang tak kunjung surut.

Tempat wisata ini, yang terkenal dengan air terjunnya yang menawan dan suasana yang mendamaikan, telah menjadi daya tarik utama bagi pecinta alam dan petualang.

Dengan akses jalan yang telah diperbaiki, para traveller kini dapat dengan mudah menjelajahi setiap sudut Coban Rais, menemukan spot-spot terbaik yang ditawarkan oleh alam.

Baik menggunakan kendaraan roda dua maupun empat, perjalanan ke air terjun ini terasa semakin mudah dan menyenangkan.

Berlokasi di Jalur Lingkar Barat, Oro-Oro Ombo, Kota Batu, Coban Rais hanya berjarak sekitar 20 Km dari pusat kota Malang, menjadikannya destinasi yang mudah diakses dan sempurna untuk dikunjungi.

Perjalanan ke sana memberikan kesempatan untuk terjun langsung ke dalam keindahan alam yang memukau.

Harga Tiket Masuk Coban Rais

Wisata alam di Indonesia memang luar biasa, dan Coban Rais dengan air terjunnya yang indah tidak terkecuali. Dengan harga tiket masuk hanya Rp.10.000 per orang, ini menjadi salah satu destinasi paling terjangkau di Malang.

Baca Juga:  Kebun Teh Wonosari, Sebuah Permata Hijau di Atas Awan Malang

Coban Rais buka setiap hari, mulai dari jam 08.00 hingga 16.00 WIB, memberikan waktu yang cukup bagi para pengunjung untuk menikmati dan menjelajahi keindahan alam yang ditawarkan.

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan
Foto: Google Maps/IsacYt

1. Trekking Menuju Air Terjun Coban Rais

Petualangan menuju air terjun Coban Rais adalah sebuah pengalaman trekking yang tak hanya menantang, tetapi juga memukau. Ini adalah perjalanan yang sempurna bagi para wisatawan yang memiliki jiwa petualang.

Perjalanan dimulai dari loket masuk dan berlangsung sekitar satu jam. Selama perjalanan, Anda akan menyusuri jalur yang melintasi perbukitan dan sungai, menawarkan pemandangan alam yang asri dan udara segar yang menyegarkan.

2. Menyusuri Keindahan Alam yang Asli

Selama perjalanan menuju air terjun Coban Rais, Anda akan melewati Batu Flower Garden, sebuah taman bunga yang menawarkan spot-spot fotogenik. Tak jarang, kera-kera liar terlihat bergelayutan di dahan pohon, menambahkan sentuhan alam liar pada petualangan ini.

Semak belukar yang rimbun dan lanskap pegunungan yang menakjubkan akan menemani setiap langkah, sementara suara burung dan serangga hutan memberikan efek relaksasi yang mendalam.

Semakin mendekat ke air terjun, suara gemuruh air terjun mulai terdengar, menandakan bahwa petualangan akan segera mencapai puncaknya.

3. Menikmati Keindahan Panorama Kota Malang

Saat melanjutkan perjalanan menuju air terjun, Anda akan menemui Bukit Gumuk yang terletak di sebelah kiri jalan.

Dari puncak Bukit Gumuk, yang berjarak sekitar 600 meter dari pintu masuk, Anda akan dapat menikmati panorama yang memukau dari Kota Malang dan sekitarnya. Pemandangan ini tidak hanya indah tetapi juga menenangkan bagi jiwa Anda.

4. Menyaksikan Keindahan Air Terjun Eksotis

Setibanya di tujuan, Anda akan disambut oleh kecantikan air terjun Coban Rais yang memiliki ketinggian mencapai 20 meter. Air terjun ini terletak di perkiraan ketinggian sekitar 1.025 meter di atas permukaan laut, tepat di lereng Gunung Panderman.

Baca Juga:  Batu Love Garden, Mengenal Destinasi Wisata dengan Sejuta Pesona di Malang

Coban Rais menghadirkan panorama alam yang spektakuler yang menjadikannya tempat yang sempurna untuk berswafoto dan menciptakan kenangan yang tak terlupakan.

5. Berenang dan Bermain Air di Suasana Segar

Karena terletak di dataran tinggi, suhu di sekitar air terjun Coban Rais cenderung lebih dingin. Namun, kolam alami yang terbentuk oleh air terjun ini menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air. Airnya jernih namun sejuk, memberikan kesegaran luar biasa. Bagi yang tidak terbiasa dengan suhu dingin, Anda masih dapat menikmati panorama sekitar dari tepian kolam, yang tetap akan memberikan pengalaman yang mengesankan.

6. Spot Wisata yang Digemari Generasi Milenial

Coban Rais telah menjadi destinasi favorit, terutama bagi generasi milenial yang senang berbagi pengalaman wisata mereka melalui berbagai foto di media sosial. Tempat ini sangat diminati untuk mengabadikan momen liburan yang mengesankan dan berbagi dengan teman-teman mereka di dunia maya.

Ini adalah tempat di mana keindahan alam dan petualangan bertemu, menciptakan momen berharga yang patut dibagikan dengan dunia. Tak heran jika tempat ini cepat mendapatkan popularitas dan menjadi salah satu tujuan wisata yang paling dicari.

Setelah menjelajahi setiap sudut Coban Rais, dari gemericik air terjun yang menenangkan hingga warna-warni bunga yang menyenangkan hati, pengunjung akan pulang dengan hati yang penuh dan memori yang tak terhitung.

Coban Rais, dengan keindahan alaminya yang tak terkira, bukan hanya sebuah destinasi wisata – ini adalah pengalaman yang merayakan kekayaan alam dan imajinasi, meninggalkan jejak abadi dalam hati setiap petualang yang berkesempatan menyusuri jalur-jalurnya yang ajaib.