Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah Wisata

Coban Talun, Air Terjun dengan Pesona Kebun Bunga Cantik di Batu Malang

Avatar photo
×

Coban Talun, Air Terjun dengan Pesona Kebun Bunga Cantik di Batu Malang

Share this article
Coban Talun, Air Terjun dengan Pesona Kebun Bunga Cantik di Batu Malang

Coban Talun di Batu Malang merupaukan destinasi wisata alam dengan keindahan air terjun yang megah, disertai keindahan kebun bunga yang menakjubkan.

Kota Batu di Malang, Jawa Timur, seakan identik dengan tempat wisata yang menakjubkan. Memiliki pemandangan alam asri dengan udara dingin yang khas. Nah, di Kota Batu ini sendiri, ada banyak wisata alam yang bisa dikunjungi.

Promo Kredivo

Mulai dari wisata pemandian air panas, agrowisata, hingga air terjun. Jika berkunjung ke kawasan ini, coba untuk kunjungi Coban Talun yang terkenal akan kecantikannya.

Sejarah Coban Talun

Wisata coban atau yang dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai air terjun memang menawarkan pemandangan yang menakjubkan.

Coban ini merupakan salah satu yang terkenal di Jawa Timur. Pengunjung yang datang ke sini tidak mungkin kecewa, karena air yang turun dari tebing tinggi seakan menari-nari kebawah dengan eloknya.

Ditambah dengan curah air yang besar menghasilkan suara air yang menyejukkan telinga. Seperti keindahan dengan suara merdu seperti surga.

Ditambah dengan kondisi air yang jernih, seakan menegaskan bahwa coban ini membawa pesona alam yang tidak terlupakan. Lingkungan di sekitar coban juga terhitung masih asri dengan pepohonan hijau yang mengelilinya.

Daya Tarik Wisata Coban Talun

Daya Tarik Wisata Coban Talun
Foto: Google Maps/Dwi Right

1. Coban Cantik dan Menawan

Titik utama dari kawasan wisata ini adalah coban, dimana tinggi dari coban itu sendiri 75 m dan berada pada 950 mdpl. Karena tingginya, coban ini memiliki debit air yang besar, turun menuju kolam air di bawahnya.

Baca Juga:  Batu Night Spectacular, Menggabungkan Keindahan Alam dengan Hiburan Modern

Curah air pada coban ini sekitar 1800 mm per tahun. Selain itu, ada larangan untuk mendekat ke Coban Talun ini karena debit air besar bisa membahayakan. Lebih baik mendekat sampai batas aman saja.

2. Kebun Bunga Cantik

Selain coban yang menjadi primadona tempat wisata ini, ada pula kebun bunga cantik yang tidak boleh dilewatkan. Kebun tersebut ditanami berbagai macam bunga-bunga cantik yang memanjakan mata.

Kebun ini juga ditata dengan apik, sehingga sangat estetik untuk dijadikan sebagai background mengambil foto. Jangan lupa untuk mengunjungi kebun bunga ketika berada di kawasan wisata ini.

3. Penyewaan ATV

Berada di kawasan alam yang menakjubkan seperti ini akan terasa lebih seru jika mencoba wahana permainan yang seru pula.

Pengunjung bisa mencoba menyewa ATV di tempat ini. Karena kawasan wisata coban yang luas, menyewa ATV bisa menjadi alternatif mengelilingi kawasan wisata dengan lebih seru dan cepat.

Harga sewa dari ATV yang ada di sini juga tidak begitu mahal. Pengunjung perlu membayar Rp. 30.000 saja untuk waktu 15 menit berkeliling.

Dengan begitu, pengalaman berkeliling kawasan wisata yang seru bisa dicoba. Jangan lupa juga untuk berfoto di atas ATV setelah berkeliling Coban Talun sebagai kenang-kenangan yang tidak terlupakan.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Coban ini berada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Untuk menuju lokasi coba mn ini, diperlukan waktu tempuh sekitar satu jam dari Kota Malang.

Baca Juga:  Inilah 7 Fakta Unik Tentang Pulau Bawean, Perawan Suci dari Gresik

Rute jalan menuju lokasi coban ini terhitung bagus, mobil maupun motor bisa lewat. Namun, untuk menuju titik coban, pengunjung harus masuk terlebih dahulu ke kawasan hutan lindung dimana ciba ini berada.

Untuk memasuki kawasan Coban Talun, pengunjung hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp. 10.000 saja untuk pengendara mobil.

Sedangkan, untuk pengendara motor hanya Rp. 5.000. Namun, apabila ingin masuk ke kawasan Apache Camp, maka dikenakan tarif tambahan sebesar Rp. 5.000 saja. Dengan tarif yang terjangkau tersebut, pengunjung bisa bebas menikmati daya tarik wisata yang ada di sini.

Fasilitas yang Ditawarkan Coban Talun

Fasilitas yang Ditawarkan Coban Talun
Foto: Google Maps/HerLin Xiaolien-小莲

1. Penginapan

Di sekitar kawasan coban, ada banyak macam penginapan yang bisa disewa pengunjung. Mulai dari resort, hotel, homestay, hingga perkemahan. Tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan atau harga yang ditawarkan. Tentunya penginapan tersebut juga dilengkapi fasilitas penunjang yang beraneka macam.

Namun ada dua kawasan penginapan yang menarik di sini, namanya Apache dan Pagupon Camp. Apache Camp menawarkan sensasi menginap yang berbeda pada pengunjung, dimana bentuk bangunan dan suasana suku indian sangat terasa.

Berbeda dengan Pagupon Camp, yang menawarkan penginapan berbentuk sangkar burung yang unik untuk dicoba.

Jika memiliki waktu lebih, pengunjung bisa merasakan sensasi menginap di tempat ini. Atau mencoba menginap di salah satu dari dua kawasan penginapan yang menarik tersebut.

Dijamin waktu liburan akan terasa lebih menyenangkan. Selain itu, bisa lebih lama menikmati suasana menyenangkan di kawasan tempat wisata ini.

Baca Juga:  Menikmati Kemolekan Air Terjun di Lereng Rinjani

2. Pusat Kuliner

Sama seperti kawasan wisata yang lain, di sekitar coba ada pula pusat kuliner yang memanjakan pengunjung. Ada banyak sajian menu yang ditawarkan di Coban Talun ini.

Mulai dari makanan ringan hingga berat tersedia. Namun, yang menjadi idola adalah rawon khas Malang. Nikmati sensasi kuah rawon sedap dan hangat di cuaca sekitar coban yang dingin, pasti terasa lebih nikmat.

3. Toko Souvenir

Jika berkunjung ke satu tempat wisata tidak akan lengkap rasanya tanpa membeli souvenir atau oleh-oleh khas setempat.

Tidak ketinggalan di kawasan coban ini, ada toko souvenir yang menyediakan berbagai macam barang lokal yang khas. Harganya pun sangat terjangkau, hanya dibanderol mulai dari Rp. 10.000 saja.

Kawasan wisata alam yang menyediakan banyak daya tarik wisata memang menjadi destinasi yang ideal untuk berlibur. Kawasan wisata coban ini salah satunya.

Tidak hanya bisa menikmati keindahan coban yang cantik ada pula kebun bunga dan wahana yang menarik untuk dicoba. Selain itu, fasilitas lain juga mendukung. Penginapan yang unik dan menarik juga bisa dicoba untuk menghabiskan malam di tempat yang luar biasa ini.