Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah Wisata

Hutan Kota Malabar, Menggabungkan Konservasi Alam dengan Rekreasi Keluarga

Avatar photo
×

Hutan Kota Malabar, Menggabungkan Konservasi Alam dengan Rekreasi Keluarga

Share this article
Hutan Kota Malabar, Menggabungkan Konservasi Alam dengan Rekreasi Keluarga

Terletak di tengah kota, Hutan Kota Malabar adalah oasis hijau yang menggabungkan konservasi alam dengan beragam aktivitas rekreasi keluarga, memberikan pengalaman alam yang menenangkan di tengah kesibukan kota.

Hutan Kota Malabar, sebuah permata hijau yang tersembunyi di tengah-tengah hiruk-pikuk Kota Malang, menawarkan ruang kedamaian dan penyegaran bagi jiwa-jiwa yang rindu akan sentuhan alam.

Promo Kredivo

Meski dikelilingi oleh kebisingan perkotaan, hutan ini tetap mempertahankan keaslian dan kesegarannya, menjadi saksi bisu dari harmoni antara manusia dan alam. Setiap pohon, semak, dan suara burung yang berkicau menandakan bahwa alam selalu hadir memberikan ketenangan di tengah kesibukan kota.

Asal Usul Hutan Kota Malabar di Malang

Asal Usul Hutan Kota Malabar di Malang
Foto: Google Maps/Kumbarakarta Kharisma

Dulu dikenal dengan nama Bon Rodjo atau Kebon Rodjo, Hutan Kota Malabar di Malang ini, telah mengalami transformasi hebat sejak diresmikan oleh pemerintah daerah pada 4 April 2016. Ruang terbuka hijau ini, kaya akan oksigen, tidak hanya menjadi sarana rekreasi namun juga wahana edukasi lingkungan dan kesehatan bagi masyarakat.

Dulu, ketika surat rekomendasi dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang diterbitkan, Bupati Malang saat itu, Bapak Mochamad Anton, mengambil inisiatif untuk mengalokasikan dana revitalisasi sebesar 2,5 Milyar rupiah untuk hutan kota menawan ini. Rapat yang melibatkan para ahli dan didukung oleh Universitas Brawijaya, menyusun langkah-langkah terbaik untuk proyek ini.

Dalam perjalanan proyek ini, PT Amerta Indah Otsuka, sebagai salah satu investor potensial, juga diundang untuk memberikan masukan dan dukungan. Bapak Walikota Malang saat itu mengemukakan harapannya, “Kami ingin PT Otsuka hadir, mendengar, dan memberikan masukan dari perspektif akademis mengenai Hutan Kota Malabar Malang.”

Baca Juga:  Pantai Balekambang, Surga Pantai dengan Keajaiban Alam dan Kebudayaan

Setelah mendapat banyak masukan dari para ahli dan akademisi, serta dukungan masyarakat yang peduli terhadap kelestarian hutan, pemerintah kota Malang akhirnya memutuskan untuk meneruskan proyek revitalisasi ini sesuai hasil kesepakatan bersama.

Sekarang, mengunjungi Hutan Malabar adalah pengalaman yang menenangkan. Jalan paving yang rapi mengelilingi hutan, memberikan kemudahan bagi pengunjung untuk menikmati keindahan alam.

Udara yang sejuk khas Kota Malang, menjadi semakin segar di tengah-tengah hutan kota ini. Sambil berjalan menyusuri jalan setapak, pengunjung seolah dibawa ke dalam hutan alami. Kicauan burung berpadu dengan suara serangga, menciptakan harmoni alam yang sempurna.

Alamat dan Rute Menuju Hutan Kota Malabar

Terletak di Jalan Malabar, Hutan Kota Malabar berdekatan dengan Taman Merbabu dan Gereja Ijen, menawarkan berbagai fasilitas rekreasi dan edukasi bagi pengunjungnya.

Akses ke Hutan Kota ini sangat mudah dan strategis. Jika Anda memulai perjalanan dari Alun-Alun Kota Malang, arahkan kendaraan Anda ke arah utara. Selanjutnya, belok ke kiri saat Anda tiba di Jalan Semeru.

Ikuti jalan tersebut hingga Anda menemui perempatan di ujung Jalan Semeru, kemudian ambil belokan kanan ke Jalan Merapi. Lanjutkan perjalanan Anda dan dalam waktu singkat, Anda akan tiba di destinasi wisata hutan kota ini.

Harga Tiket Masuk Hutan Kota Malabar

Meskipun Hutan Kota Malabar di Malang ini terbuka untuk umum dan tidak mengenakan biaya tiket masuk, Anda mungkin perlu membayar untuk parkir. Tarif parkir untuk sepeda motor adalah Rp 2.000, sedangkan untuk mobil dikenakan tarif sebesar Rp 5.000.

Baca Juga:  Kampung Cibunut, Destinasi Instagramable ditengah Pemukiman Kota Bandung

Hutan tersebut buka setiap hari, termasuk hari libur dan hari raya. Anda dapat mengunjunginya mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Nikmati suasana alam yang asri dan sejuk di tengah kesibukan kota Malang.

Sesi Fotografi di Hutan Kota Malabar

Hutan Kota Malabar Malang  ini menawarkan latar belakang yang sempurna untuk para pecinta fotografi. Dengan lanskap alami yang hijau dan asri, tempat ini menyuguhkan panorama yang memikat setiap lensa kamera.

Jalur berpaving yang membelah hutan menjadi pilihan favorit bagi mereka yang ingin mengambil foto dengan latar yang unik.

Selain itu, kolam reservoir di lokasi ini menambah keindahan yang bisa dijadikan fokus dalam setiap jepretan. Sementara air terjun memberikan sentuhan alami yang menyegarkan.

Tak jarang banyak pengunjung yang sengaja datang ke sini untuk mengambil gambar atau selfie dan selanjutnya membagikannya di media sosial. Jadi, bagi Anda yang memiliki passion dalam fotografi, wisata alam ini adalah tempat yang harus Anda kunjungi.

Fasilitas yang Tersedia di Hutan Kota Malabar

Fasilitas yang Tersedia di Hutan Kota Malabar
Foto: Google Maps/Achmad Dill

Di tengah hutan kota yang hijau dan sejuk, Hutan Kota Malabar telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk memastikan kenyamanan para pengunjung. Berikut ini beberapa fasilitas yang bisa Anda temukan di lokasi:

  1. Tempat Parkir: Tersedia area parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan para pengunjung, baik roda dua maupun roda empat dengan biaya yang terjangkau.
  2. Toilet Publik: Meskipun jumlahnya terbatas, toilet ini cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar pengunjung.
  3. Gazebo: Sebagai tempat bersantai, gazebo-gazebo yang tersebar di area hutan menjadi tempat ideal untuk beristirahat, piknik, atau sekadar menikmati keindahan alam.
  4. Jalur Berpaving: Jalur berpaving yang ditanam melalui hutan memungkinkan pengunjung untuk berjalan-jalan dengan nyaman tanpa merusak vegetasi. Banyak juga yang memanfaatkan jalur ini untuk berolahraga, seperti jogging.
  5. Warung dan Kedai Makan: Di sekitar pintu keluar hutan kota ini, banyak tersedia warung-warung kecil yang menawarkan aneka kuliner lokal dengan harga yang ramah di kantong.
  6. Zona Bermain Anak: Agar anak-anak juga dapat menikmati kunjungan mereka, telah disediakan area bermain yang aman dan menyenangkan bagi mereka.
Baca Juga:  Pantai Tiga Warna, Permata Malang yang Menyimpan Rahasia Alam

Dengan fasilitas-fasilitas ini, pengunjung dijamin akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan selama berada di Hutan Kota Malabar Malang ini.

Seiring matahari mulai tenggelam, sinarnya menembus dedaunan Hutan Kota Malabar, menciptakan pemandangan yang begitu mempesona. Setelah menghabiskan waktu di sini, kita disadarkan betapa pentingnya menjaga dan merawat ruang-ruang hijau di tengah perkotaan.

Hutan Kota Malabar di Malang ini bukan hanya ruang rekreasi, tetapi juga pengingat bahwa keberlanjutan dan keseimbangan dengan alam adalah kunci bagi masa depan yang lebih baik. Di tengah kecepatan zaman, tempat seperti ini menjadi obat bagi jiwa dan inspirasi bagi generasi mendatang.