Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah Wisata

Jababeka Botanical Garden, Destinasi Wisata Hits & Sarana Edukasi Favorit di Bekasi

Avatar photo
×

Jababeka Botanical Garden, Destinasi Wisata Hits & Sarana Edukasi Favorit di Bekasi

Share this article
Jababeka Botanical Garden, Destinasi Wisata Hits & Sarana Edukasi Favorit di Bekas

Jababeka Botanical Garden, Bekasi, adalah destinasi alam yang menakjubkan dengan beragam tanaman eksotis, tempat sempurna untuk bersantai.

Di kawasan kota padat penduduk, keberadaan taman terbuka hijau memang sangat dibutuhkan. Selain sebagai pemasok udara bersih, taman semacam ini juga bisa dijadikan sebagai tempat wisata.

Promo Kredivo

Salah satu yang ikonik adalah Jababeka Botanical Garden yang merupakan taman terbuka hijau dengan tanaman botanik yang cantik dan asri.

Taman ini banyak dikunjungi sebagai tempat untuk sekedar jalan-jalan melepas penat atau juga sebagai tempat untuk berolahraga.

Udara dan suasana sejuk yang ada di taman ini didukung oleh pepohonan rindang dan area terbuka hijau yang asri. Pengunjung bisa menikmati sejuknya udara dan cantiknya pemandangan hijau yang ada di taman ini dengan bebas.

Daya Tarik Wisata Jababeka Botanical Garden

Daya Tarik Wisata Jababeka Botanical Garden
Foto: Google Maps/Nurul Uzamah

1. Taman Hijau dan Asri

Saat mengunjungi taman ini, tentu saja pemandangan hijau dan asri akan menyambut anda. Dimana banyak ragam tanaman yang ditanam di seluruh area taman ini, membuat taman memiliki pemandangan indah dan udara yang sejuk.

Sehingga banyak orang yang kemudian mengunjungi tempat ini untuk menghabiskan waktu untuk berolahraga atau berjalan-jalan.

Selain itu, jalan dan fasilitas yang ada di taman ini diatur sedemikian rupa, menambah kesan rapi dan estetik dari tempat ini. Banyak pula kegiatan seperti jalan sehat atau olahraga bersama yang dilakukan di sini.

Pemandangan pepohonan dan area terbuka yang asri menjadi latar belakang yang cantik, tidak hanya untuk kegiatan namun juga foto-foto yang estetik.

Baca Juga:  Flora Wisata Santerra - Tempat di Mana Hijau, Ilmu, dan Kesenangan Bertemu

2. Wisata Edukasi Menanam Pohon

Selain banyak pepohonan dan area terbuka hijau, di taman ini juga terdapat wisata edukasi yang cocok untuk anak-anak.

Dengan panduan guide wisata, mereka akan diajak untuk mengenal tanaman-tanaman yang ada di taman ini sekaligus belajar untuk menanam pohon. Wisata ini cocok untuk menambah pengetahuan mereka dengan kegiatan yang menyenangkan.

Di wisata edukasi Jababeka Botanical Garden ini, anak-anak akan diajak untuk mengenal banyak jenis tanaman dan manfaatnya. Bukan hanya pohon-pohon saja, namun juga ada beberapa tanaman yang bisa dipanen seperti buah atau sayur di dalam taman ini.

Lalu, puncaknya mereka akan belajar untuk menanam bibit pohon bersama-sama.  Mulai dari menyiapkan media tanam seperti tanah, pupuk, dan bibit tanaman hingga proses menanam bibit tersebut selesai.

Dengan begitu, mereka akan mengetahui cara menanm bibit yang baik. Juga bisa menanamkan jiwa mencintai tanaman dan menjaga lingkungan sejak dini. Untuk itu, kegiatan wisata edukasi seperti ini dinilai sangat bermanfaat.

3. Membeli Hasil Panen

Selain pohon-pohon hijau dan tanaman hias, di taman ini juga ada tanaman yang bisa dipanen seperti buah dan sayur. Hasil panen tersebut kemudian akan dijual dengan harga yang lebih murah.

Untuk itu, pengunjung bisa dengan bebas membeli hasil panen tersebut. Selain harganya yang menarik, hasil panen yang dijual juga asli diambil dari tanaman yang ada di taman ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Taman ini menempati lahan di daerah Cikarang Timur, Bekasi, Jawa Barat. Tepatnya di Jl. Cikarang Baru. Untuk menuju taman ini, pengunjung bisa menempuh perjalanan sekitar 15 menit saja dari Alun-Alun Cikarang Timur.

Baca Juga:  Cantiknya Coban Rondo, Eksplorasi Alam dan Legenda di Pegunungan Malang

Nantinya akan melewati rute Jl. Garden Ville ke arah Jl. H. Usmar Ismail sampai ke titik lokasi taman ini.  Jababeka Botanical Garden bebas dikunjungi setiap hari. Taman ini dibuka untuk umum dari Hari Senin – Minggu, dengan jam buka mulai dari pukul 07.00 – 16.00 WIB.

Untuk harga tiket masuk sendiri tidak dipungut biaya apapun, sehingga pengunjung bisa dengan bebas keluar masuk taman ini. Tetapi perlu diperhatikan.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas Wisata yang Tersedia
Foto: Google Maps/Selvi Wulandari

1. Toilet dan Mushola

Fasilitas umum seperti toilet dan mushola juga tersedia di taman ini. Pengunjung tidak perlu khawatir jika ingin pergi ke toilet, karena kondisi dan kebersihan selalu terjaga.

Lalu, ada pula mushola yang bisa digunakan untuk para pengunjung yang ingin sholat. Jadi mereka tidak perlu lagi pergi keluar area taman jika ingin ke toilet atau mushola.

2. Gazebo

Menikmati pemandangan hijau yang asri sambil duduk dan berbincang memang menyenangkan. Untuk itu, taman ini juga dilengkapi dengan gazebo yang serbaguna.

Pengunjung Jababeka Botanical Garden bisa duduk-duduk sambil berbincang, atau juga beristirahat setelah mengitari taman yang luas. Pemandangan asri taman menjadi pelengkap suasana yang sempurna.

3. Guide Wisata

Bagi pengunjung yang menginginkan wisata edukasi di taman ini, ada guide wisata khusus yang bisa menemani. Dimana pengunjung akan diajak untuk mengenal berbagai macam tanaman yang ada di taman ini kemudian mencoba untuk menanam sesuatu bersama-sama. Wisata edukasi semacam ini biasanya banyak diminati anak-anak.

Baca Juga:  Omah Kayu Malang, Menyaksikan Keindahan Kota Batu Dari Ketingian

4. Spot Foto

Banyak lokasi di taman ini yang bisa dijadikan spot foto estetik. Dengan penataan yang apik, taman ini memiliki pemandangan bagus serta fasilitas yang mendukung.

Pengunjung bisa dengan bebas berfoto dimanapun dengan catatan tidak merusak tanaman dan fasilitas yang ada di dalamnya. Jadikan foto lebih menarik dengan latar belakang asri di taman ini.

5. Warung Makan

Yang terpenting dari satu tempat wisata seperti taman ini adalah warung makan yang menyediakan berbagai macam kuliner bagi pengunjung yang datang.

Mereka tidak perlu lagi khawatir jika kelaparan di tengah kunjungan ke taman ini, karena ada banyak warung makan yang bisa dijumpai di sini. Tidak perlu pergi keluar hanya untuk mencari makanan.

Pengunjung hanya perlu menyiapkan uang khusus untuk wisata edukasi dan membeli hasil panen jika ingin. Mengingat bahwa tidak ada harga tiket masuk, tempat ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu.

Nikmati keindahan pemandangan dengan udara yang sejuk di taman ini, sejenak melarikan diri dari kawasan perkotaan yang padat.