Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah Wisata

Menyelami Kolam Sebening Kristal di Goa Kupang Barat

Avatar photo
×

Menyelami Kolam Sebening Kristal di Goa Kupang Barat

Share this article
Menyelami Kolam Sebening Kristal di Goa Kupang Barat

Berkunjung ke goa? Mungkin yang terbayang adalah suasana sesak, gelap dan mencekam. Tetapi, bagaimana jika masuk goa tersebut kalian akan menemukan kristal? Wah! Pasti kalian bakal semangat banget, kan? Kalian jangan dulu membayangkan sebuah bongkahan kristal, karena kristal yang satu ini unik! Ditambah lagi, kalian bisa menyelam ke dalam kristal ini. Penasaran? Yuk, kita intip!

Bagaimana tidak disebut ‘kristal’, kali ini kalian akan diajak untuk menyusuri goa dimana terdapat sebuah mata air yang sebening kristal! Kemilau air yang terbiaskan cahaya matahari membuat kolam mata air ini terlihat cantik berkilauan bak kristal. Maka dari itu, goa ini dinamakan Goa Kristal.

Promo Kredivo

Goa yang bisa dicapai dengan berkendara selama kurang lebih 45 menit dari pusat kota Kupang ini ternyata dianggap masih angker oleh warga sekitar. Untuk menuju ke Goa Kristal, kalian tinggal mengarahkan kendaraan ke arah Pelabuhan Bolok dengan jarak tempuh sekitar 13 km. Sesampainya di pertigaan, ambillah jalan lurus ke arah Kantor Polisi Perairan (Polair) Bolok yang jaraknya sekitar 1 km dari Pelabuhan Bolok.

Goa Kristal ini berada tepatnya di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Desa ini memang tak jauh dari Pelabuhan Bolok, yakni pelabuhan penyeberangan ke berbagai pulau di wilayah Provinsi NTT.

Sesampainya disana, jangan heran apabila kalian tidak menemukan petunjuk apapun seperti plang atau yang lainnya. So, manfaatkanlah info dari penduduk sekitar. Jangan malu untuk bertanya atau meminta petunjuk jalan agar tidak tersesat nantinya. Kendaraan bisa kalian parkirkan sekitaran Polair dan nanti kalian harus menempuh jalanan sekitar 100 m. Tanah, batuan dan pepohonan gersang akan mendominasi jalanan setapak menuju Goa Kristal.

Baca Juga:  Batu Love Garden, Mengenal Destinasi Wisata dengan Sejuta Pesona di Malang

Kalian akan menemukan mulut goa yang cukup lebar setelah berjalan sekitar 5 menit lamanya. Goa yang terlihat tersembunyi ini tak ubahnya seperti goa lain, suasana gelap dan puluhan kelelawar tetap akan menemani penelusuran kalian.

Ketika memasuki mulut goa, kalian akan menjumpai stalaktit yang berderet sepanjang trek. Dihimbau untuk selalu berhati-hati, merayaplah perlahan karena bebatuan goa yang kalian pijak cukup licin. Di awal penelusuran kalian akan menemukan trek horizontal (mendatar), kemudian setelahnya akan ada trek menurun yang cukup terjal. Itu tandanya lokasi kolam semakin dekat, bahkan beningnya air sudah bisa terlihat dari titik tersebut.

Cahaya matahari yang menerobos di celah goa membuat efek kemilauan di air kolam layaknya kristal. Tak kalah, warna biru yang mempesona juga terlihat menarik terlebih bagi para penggila free diving. Rasanya langsung ingin menceburkan diri ke dalam kolam indah ini.

Kolam air yang di kelilingi kegelapan goa ini memiliki air yang sejuk dan ternyata berasa sedikit asin, loh! Tak heran, lokasi goa ini memang tidak jauh dari pantai. Bisa dibilang, ini merupakan pertemuan dua jenis air yang menyembul di dalam goa. Air kolam nan jernih ini sangatlah dalam, bahkan jika dilihat memang seperti tak memiliki dasar.

Bagaimana, guys? Tertarik merasakan sensasi menyelam di dalam Goa Kristal ini? Yuk, kesini aja!