Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah Wisata

Museum Angkut: Memadukan Seni, Sejarah, dan Teknologi Transportasi di Batu Malang

Avatar photo
×

Museum Angkut: Memadukan Seni, Sejarah, dan Teknologi Transportasi di Batu Malang

Share this article
Harga Tiket: Rp 120.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Terusan Sultan Agung, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

Ditengah hembusan angin sejuk Malang, berdiri megah sebuah tempat yang mengajak kita melintasi zaman Museum Angkut. Lebih dari sekedar museum, tempat ini merupakan jendela ke masa lalu, menampilkan perjalanan evolusi transportasi yang telah menemani peradaban manusia. Dari kereta kuda klasik hingga mobil sport modern, setiap sudut menyimpan cerita dan memori dari era berbeda.

Sejarah Museum Angkut

Mengintip keajaiban di balik pintu Museum Angkut, kita akan terpikat oleh sebuah dunia kendaraan ajaib, bagian dari Jatim Park Group yang megah. Berdiri mempesona sejak 2014, museum ini dengan cepat mencuri pandangan dan membuat hati berdebar.

Promo Kredivo

Menyebar luas di tanah seluas 3.8 hektar, Museum Angkut bukanlah sekadar ruang pameran. Ia adalah sebuah tapestry dari zona-zona menawan dengan lebih dari 300 koleksi kendaraan dari berbagai penjuru dunia. Bayangkan, dari mobil klasik, kapal mewah, pesawat yang menakjubkan, motor keren, hingga helikopter yang megah, semuanya berbaris rapi menyajikan kronologi evolusi transportasi.

Museum Angkut bukan hanya tentang logam dan mesin; ia adalah kanvas yang menggambarkan harmoni antara edukasi, seni budaya, dan hiburan. Dengan keunikannya yang tak tertandingi, ia berbangga sebagai pionir museum transportasi di Asia.

Saat Anda menginjakkan kaki di sini, Anda bukan hanya mendapatkan ilmu, tetapi juga petualangan dan kegembiraan yang memikat hati. Mengajak keluarga atau teman untuk menikmati keajaiban musem ini saat berwisata ke Malang adalah keputusan yang sempurna.

Wahana dan Atraksi di Museum Angkut

Wahana dan Atraksi di Museum Angkut
Foto: Google Maps/Sulhany Prakoso

Dengan lebih dari 300 koleksi moda angkutan yang mencakup rentang waktu dari zaman tradisional hingga era kontemporer, Museum Angkut menjadi jendela menarik untuk memandang peradaban dari benua Eropa hingga Amerika.

Letakkan mata Anda pada gedung-gedung mewah dan eksotis dari berbagai penjuru dunia, dan persiapkan diri Anda untuk petualangan seru berikutnya!

1. Zona Hollywood

Mimpi menjelajahi Hollywood kini tak lagi harus merogoh kocek dalam-dalam untuk terbang ke Amerika. Cukup melangkahkan kaki ke Museum Angkut Malang, dan Anda akan berada di jantung Hollywood!

Di sini, Anda bisa berpose keren bersama replika kendaraan ikonik dari film-film blockbuster seperti Batmobile milik Batman atau mobil klasik Scooby Doo. Oh, dan jangan lupa bertegur sapa dengan Hulk – raksasa hijau yang siap mengabadikan momen Anda!

Baca Juga:  Candi Badut, Candi Bersejarah di Malang dengan Arsitektur Unik

2. Zona Sunda Kelapa & Batavia

Selamat datang di masa lalu! Zona ini mengajak Anda menyusuri jejak pelabuhan Sunda Kelapa zaman yore. Dengan desain yang detail dan autentik, Anda akan terpesona seakan berada di era tersebut.

Dermaga yang dipenuhi miniatur kapal-kapal berlabuh, toko-toko dengan ejaan Belanda kuno, semuanya mengajak Anda menikmati perjalanan sejarah Sunda Kelapa dan Batavia.

3. Zona Flight Training

Tak hanya mobil dan kapal, Museum Angkut juga menghadirkan kesempatan emas bagi Anda yang penasaran dengan dunia aviasi. Di Flight Training, Anda diajak merasakan sensasi menjadi pilot.

Meski hanya simulasi, adanya kokpit pesawat membuat pengalaman Anda semakin otentik. Siapkan diri untuk petualangan udara yang memukau!

4. Zona Edukasi

Bagi Anda yang berwisata bersama keluarga, jangan lewatkan Zona Edukasi. Zona ini dihiasi dengan warna-warna ceria dan pencahayaan yang memikat. Informasi disampaikan dengan cara yang seru dan menarik, sehingga tidak hanya anak-anak, bahkan orang dewasa pun akan terpikat dan teredukasi di sini. Selamat belajar sambil bermain!

5. Zona Uni Eropa

Embarkasi ke empat titik ikonik Eropa dalam satu tempat: Inggris, Jerman, Perancis, dan Italia! Zona Uni Eropa menjadi saksi koleksi mobil antik Inggris yang penuh kelas, termasuk Land Rover legendaris yang pernah menemani parade Ratu Elizabeth II di Australia.

Tidak hanya itu, bagi Anda yang ingin merasakan kemegahan Istana Buckingham, sebuah miniatur istana megah siap menjadi latar foto Anda.

6. Zona Ruangan Utama

Zona Ruangan Utama
Foto: Twitter/Yeni Ricardo

Langkah pertama Anda di Museum Angkut Malang akan disambut oleh Zona Ruangan Utama. Sebuah tampilan elegan dari sarana transportasi era demi era, dari sepeda klasik hingga mobil-mobil ikonik dari berbagai penjuru dunia. Setiap koleksi terpajang megah, menjanjikan pesona yang memikat di setiap sudut ruangan.

7. Zona Las Vegas

Bermimpi menghirup udara Las Vegas tanpa perlu terbang ke Amerika? Di Museum Angkut Malang, mimpi itu menjadi kenyataan. Zona Las Vegas mengajak Anda berjalan di bawah gerbang ‘Selamat Datang di Las Vegas’ yang ikonik, dan menikmati gemerlap kota yang tak pernah tidur.

8. Zona Gangster and Broadway

Berpetualanglah ke Chicago tahun 1920, ketika gangster legendaris, Al Capone, menguasai jalanan. Di Zona Gangster and Broadway, Anda akan diajak merasakan suasana Chicago di era Capone, dari gelapnya dunia kejahatan hingga gemerlap lampu Broadway. Sebuah perjalanan waktu ke masa ketika Chicago menjadi panggung drama dunia nyata.

Baca Juga:  Eco Green Park, Membangun Kesadaran Lingkungan Melalui Petualangan

9. Zona Pasar Apung Nusantara

Menapaktilasi Pasar Terapung Tradisional dengan Sentuhan Kuliner Nusantara! Di sini, kenikmatan rasa khas Indonesia tersaji, mulai dari bakso yang nikmat, gado-gado yang menyegarkan, nasi timbel yang hangat, hingga rujak cingur yang pedas.

Dan jika Anda seorang penggemar suvenir, pasar ini adalah surga! Banyak pengrajin tangan dengan keterampilan luar biasa menawarkan kerajinan khas yang menarik untuk Anda bawa pulang. Semua ini, di atas perahu, mengingatkan kita pada nostalgia pasar air kota Balikpapan.

10. Indonesian Heritage Museum

Sebuah Koleksi Berharga dari Nusantara! Di ruangan ini, Anda akan dibawa melintasi waktu dengan ribuan koleksi unik yang menceritakan kisah Indonesia. Alat-alat antik penuh makna sejarah tersaji untuk mengajak Anda mengenali lebih dalam tentang seni dan budaya Nusantara.

Dan sebuah kejutan, di zona yang dikenal dengan Museum d’Topeng, Anda juga bisa melihat koleksi senjata tradisional dari berbagai negara! Jangan lewatkan zona ini saat Anda mengunjungi Museum Angkut Malang.

Tentu saja, Museum Angkut tidak berhenti hanya di sini. Ada banyak zona lain yang menunggu untuk dieksplorasi! Mungkin Anda ingin melihat Menara Eiffel di Paris, atau merasakan angin sepoi-sepoi di Beefeater Inggris? Atau mungkin ingin merasakan sensasi terbang dengan helikopter RI? Semua itu dan banyak lagi dapat Anda temukan di sini. Jadi, tunggu apalagi? Segera jelajahi dan nikmati setiap sudut museum di Malang ini!

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Kapan Waktu Terbaik untuk Berkunjung?

Buat teman-teman yang ingin menyelami sejarah transportasi dunia di Museum Angkut, catat waktunya: setiap hari mulai pukul 12:00 hingga 20:00 WIB, baik itu hari kerja atau akhir pekan. Bagi Anda yang suka suasana siang hingga sore, pas banget untuk datang ke sini!

Kenapa Buka Jam 12 Siang?

Bukan tanpa alasan, jam buka Museum Angkut dimulai tengah hari. Ini demi memastikan bahwa semua properti sudah diperiksa dan kebersihannya terjaga dengan baik oleh petugas.

Penasaran dengan Harga Tiketnya?

  • Hari Senin sampai Kamis: Rp. 70.000
  • Hari Jumat sampai Minggu & Hari Libur: Rp. 100.000
  • Mau Lebih Hemat dan Puas? Coba Paket Spesial Ini! Tiket Sakti (2 hari): Rp 375.000
  • Tiket Super Sakti (4 hari): Rp 450.000
Baca Juga:  Kampung Warna Warni Jodipan, Pelukisan Alam dalam Sebuah Permukiman

Dengan tiket ini, Anda dapat mengakses 8 lokasi wisata menarik, termasuk Jatimpark 1 & 2, Eco Green Park, BNS, dan tentu saja, Museum Angkut!

Sebuah Catatan Penting untuk Fotografer

Buat kamu yang ingin mengabadikan momen spesial dengan kamera profesional seperti DSLR, Polaroid, atau Handycam, siapkan tambahan Rp. 30.000 untuk tiap kamera. Ini adalah investasi kecil untuk menghasilkan kenangan tak terlupakan dari museum ini.

Jadi, tunggu apalagi? Atur jadwalmu dan mari nikmati petualangan seru di Museum Angkut!

Fasilitas di Museum Angkut

Fasilitas di Museum Angkut
Foto: Google Maps/Pratomowindu

1. Lokasi Parkir yang Super Luas

Datang dengan kendaraan pribadi? Jangan khawatir! Area parkir yang super luas sudah menunggu di depan pintu masuk.

2. Kuliner yang Menggugah Selera

Ketika perut mulai meronta, zona Pasar Apung atau Food Court menyajikan pilihan makanan yang siap menggoyang lidahmu.

3. Fasilitas yang Mengakomodasi

ATM Center, loker, toilet, hingga lift, semuanya ada untuk kenyamananmu! Dan buat kamu yang perlu boost energi ponsel, Charging Station gratis siap menolong. Ingin berkeliling dengan nyaman tanpa lelah? Shuttle Car siap membawamu menjelajahi keunikan museum.

4. Ruang Ibadah yang Nyaman

Musholla Ar-Rizky yang tenang dan bersih siap menemani momen ibadahmu di tengah-tengah petualangan seru.

5. Sebuah Refleksi Tentang Museum Angkut

Melewati pintu gerbang museum, kita tak sekadar membawa foto atau kenangan, tapi juga pelajaran berharga. Museum ini adalah saksi di mana masa lalu bersua dengan hari ini, mengajarkan kita untuk menghargai setiap jejak perjalanan hidup.

Salam hangat, Museum Angkut. Terima kasih telah menjadi jembatan antara kemarin dan hari ini. Sampai jumpa lagi!

Seiring langkah kaki meninggalkan gerbang museum ini, kita membawa pulang lebih dari sekedar kenangan. Kita membawa sejarah, inspirasi, dan rasa syukur atas inovasi yang telah mempermudah perjalanan kita.

Museum ini bukan hanya sekedar tempat menampilkan benda-benda lama, melainkan tempat di mana masa lalu bertemu dengan masa kini, mengajarkan kita pentingnya menghargai setiap langkah perjalanan. Sampai jumpa di lain waktu, Museum Angkut, dan terima kasih atas pelajaran berharga yang kau berikan.