Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah Wisata

Pantai Balekambang, Surga Pantai dengan Keajaiban Alam dan Kebudayaan

Avatar photo
×

Pantai Balekambang, Surga Pantai dengan Keajaiban Alam dan Kebudayaan

Share this article
Pantai Balekambang, Surga Pantai dengan Keajaiban Alam dan Kebudayaan

Pantai Balekambang, sebuah tempat yang memukau di tepi Samudera Hindia, mengundang Anda untuk merasakan harmoni alam dan warisan kebudayaan.

Terletak di pesisir Jawa Timur yang indah, pantai ini tak hanya menampilkan keindahan alam laut yang menakjubkan, tetapi juga menghadirkan patung-patung yang menghubungkan kita dengan masa lalu yang kaya.

Promo Kredivo

Di sini, Anda akan menemukan simbiosis antara alam dan budaya yang menciptakan pengalaman yang tak terlupakan.

Mitos Pantai Balekambang

Pertama-tama, ada kepercayaan yang mengatakan bahwa sepasang kekasih yang belum sah menikah akan mengalami akhir dari hubungan mereka setelah menginjakkan kaki di Pantai Balekambang Malang. Meskipun kebenaran dari mitos ini masih menjadi tanda tanya, namun demikian, banyak warga setempat yang mempercayainya.

Kemudian, ada juga mitos yang menyebutkan bahwa air laut di pantai cantik ini memiliki khasiat untuk meremajakan kulit wajah. Meskipun terdengar tidak lazim, banyak wisatawan yang rela berbasah-basah dan berenang di pantai tersebut hanya untuk menguji kebenaran dari mitos tersebut.

Daya Tarik Pantai Balekambang

Daya Tarik Pantai Balekambang
Foto: Google Maps/Ria Maya Agista

Berikut beberapa hal menawan dari wisata pantai eksotis ini yang perlu kamu ketahui:

1. Ritual dan Tradisi Keagamaan

Satu hal yang membedakan pantai ini dari yang lain adalah kehadiran sebuah pura dan makam seorang ulama di sekitarnya. Terkadang, kamu bisa menjadi saksi bagi upacara-upacara keagamaan Hindu, serta para peziarah Muslim yang datang menghormati Syaikh Abdul Jalil, ulama yang diyakini berasal dari Yogyakarta, yang makamnya terletak di sini.

2. Wahana Flying Fox

Tidak hanya menikmati keindahan alam, Pantai Balekambang di Malang ini juga menawarkan pengalaman menantang dengan wahana Flying Fox. Rasakan sensasi meluncur dari ketinggian sambil menikmati panorama pantai yang memukau.

Bagi yang berjiwa petualang dan ingin tantangan sambil melihat keindahan pantai dari ketinggian, ada kesempatan untuk mencoba dengan biaya terjangkau. Ingat, wahana ini hanya buka saat hari libur, jadi rencanakan kedatanganmu saat hari Minggu atau hari libur lainnya.

Baca Juga:  Eco Green Park, Membangun Kesadaran Lingkungan Melalui Petualangan

3. Suguhan Matahari Terbit dan Tenggelam

Tak ada yang lebih mempesona dari menyaksikan matahari terbit dan tenggelam di Pantai Balekambang. Pada pagi hari, saksikanlah saat matahari muncul dari cakrawala timur dengan semburat warna yang memukau.

Kemudian di sore hari, lihatlah ketika matahari perlahan tenggelam, menciptakan pemandangan yang tak terlupakan. Bagi para fotografer atau pecinta alam, momen ini adalah salah satu yang tak boleh dilewatkan untuk mendapatkan gambar yang sempurna dengan latar biru laut dan pasir.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Balekambang

Banyak yang menyebut Pantai Balekambang sebagai versi “Tanah Lot” dari Jawa Timur karena pesonanya yang memukau. Jika kamu tertarik untuk melihatnya sendiri, berikut rincian lokasi dan cara menuju ke sana:

Pantai ini terletak di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang. Dari pusat kota Malang, pantai ini berjarak kurang lebih 60 kilometer ke selatan.

Tak perlu khawatir tentang kondisi jalan menuju pantai. Akses ke pantai ini sudah baik dengan jalan yang halus. Sepanjang perjalanan, kamu akan disajikan pemandangan hutan hijau dan menikmati udara segar dari pegunungan.

Namun, penting untuk tetap berhati-hati karena rute ini memiliki banyak tanjakan dan tikungan tajam. Jadi, pastikan kamu mengendarai dengan hati-hati dan menikmati setiap momen perjalananmu!

Harga Tiket Masuk Pantai Balekambang

Apakah Anda ingin merasakan kecantikan Pantai Balekambang di Malang? Pastikan kamu mengetahui informasi tarifnya agar persiapan kunjunganmu lebih matang. Berikut rinciannya:

  • Biaya Masuk: Hanya sekitar Rp10.000 sampai Rp15.000 per orang. Dengan tarif yang terjangkau ini, kamu sudah bisa mengeksplor keindahan pantai cantik ini.
  • Akomodasi Sekitar Pantai: Jika ingin menghabiskan waktu lebih lama dan menikmati suasana malam di pantai, ada banyak pilihan penginapan dengan tarif sekitar Rp150.000 hingga Rp250.000 per malam.
Baca Juga:  Taman Rekreasi Sengkaling, Perpaduan Sempurna Antara Keseruan & Keaslian Alam Malang

Dengan harga yang ramah kantong, pantai cantik ini menjadi destinasi wisata yang tidak hanya indah tapi juga ekonomis. Jadi, kamu bisa menikmati keindahan alam tanpa harus merogoh kantong terlalu dalam!

Kegiatan Menarik di Pantai Balekambang

Kegiatan Menarik di Pantai Balekambang
Foto: Google Maps/Riza Yunan

Pantai ini menawarkan berbagai aktivitas menarik bagi para pengunjungnya. Selain menikmati indahnya pantai, ada banyak hal lain yang bisa dilakukan. Simak beberapa kegiatannya:

1. Kemah di Tepi Pantai

Kamu bisa memasang tenda dan menghabiskan malam di tepi pantai. Namun, perlu memastikan lokasi kemah jauh dari garis pantai untuk menghindari risiko ombak. Meski tenda tidak disediakan oleh pihak pantai, suasana kemah dengan api unggun, lagu-lagu, dan deburan ombak pasti akan memberi pengalaman tak terlupakan.

2. Berenang dan Bermain di Pantai

Aktivitas wajib saat berada di pantai tentu saja berenang. Namun, selalu utamakan keselamatan dan perhatikan batas area berenang yang ditentukan. Pantai Balekambang Malang memiliki petugas yang siap memantau keselamatan pengunjung, termasuk dengan perahu karet yang siaga. Setelah berenang, kamu bisa mandi dan berganti pakaian di fasilitas toilet yang tersedia.

3. Eksplorasi Pulau Sekitar

Pantai Balekambang dikelilingi oleh tiga pulau menarik, yaitu Pulau Ismoyo, Anoman, dan Wisanggeni. Pulau Ismoyo terutama dikenal sebagai “Tanah Lot” Jawa Timur karena kemiripannya.

Di sana, kamu bisa mengunjungi Pura Amarta Jati yang terletak di pulau tersebut. Hanya dengan menyeberangi jembatan, kamu bisa sampai ke pulau dan pura. Jika berkunjung saat hari raya Nyepi, kamu bisa menyaksikan upacara keagamaan Hindu. Namun, ingatlah untuk selalu menghormati adat dan norma setempat saat mengunjungi tempat suci.

Baca Juga:  Rasakan Sensasi Negeri Atas Awan di Puncak 4G, Spot Terbaru Berburu Selfie di Gunungkidul

4. Memancing

Bagi para pemancing, Pantai cantik ini menawarkan spot menarik untuk memancing. Bawalah perlengkapan pancingmu dan nikmati kesenangan mendapatkan ikan segar yang bisa kamu masak saat berkemah.

5. Pengalaman Flying Fox

Tambahkan adrenalinmu dengan mencoba flying fox yang ada di Pantai Balekambang Malang. Dengan rute yang melintasi tepian pantai, kamu bisa menikmati pemandangan pantai dari ketinggian. Ingatlah bahwa wahana ini hanya beroperasi di akhir pekan.

6. Main Aman di Sungai Kecil

Khusus bagi anak-anak yang mencari kegiatan yang lebih aman, terdapat sungai kecil di Pantai Balekambang. Jika ingin menambah kesenangan, ada juga penyewaan ban yang bisa dimanfaatkan untuk bermain di sungai.

7. Relaksasi di Tepian Pantai

Bagi yang ingin menenangkan diri, duduk atau berbaring santai di pinggir pantai bisa menjadi pilihan. Beberapa warung setempat menyewakan tikar untuk kamu yang ingin bersantai tanpa khawatir kotor atau basah.

Saat cahaya senja perlahan menyingsing di cakrawala, Anda merenungkan tentang keindahan yang telah Anda saksikan di wisata bahari ini. Suara ombak yang mendayu dan angin yang lembut telah mengisi hati Anda dengan kedamaian yang mendalam.

Di sini, Anda merasakan bahwa alam dan budaya tidaklah terpisahkan, tetapi mengalir dalam harmoni yang mempesona. Saat Anda meninggalkan Pantai Balekambang di Malang ini, Anda membawa pulang lebih dari sekadar kenangan visual – Anda membawa pulang rasa hormat kepada alam dan budaya, serta pengalaman berharga yang akan selalu ada dalam ingatan Anda.