Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah Wisata

Pantai Gatra, Permata Tersembunyi di Pesisir Jawa

Avatar photo
×

Pantai Gatra, Permata Tersembunyi di Pesisir Jawa

Share this article
Pantai Gatra, Permata Tersembunyi di Pesisir Jawa

Nikmati keindahan alam yang memukau di Pantai Gatra Malang, permata tersembunyi di pesisir Jawa. Dengan pasir putih yang lembut, ombak yang tenang, dan panorama alam yang menakjubkan.

Pantai Gatra, sebuah permata tersembunyi di pesisir Pulau Jawa. Dengan pasir putihnya yang lembut, deburan ombak yang tenang, serta lanskap alam yang memukau, menawarkan pesona yang mampu menyihir setiap pengunjung.

Promo Kredivo

Sore hari di pantai ini menjadi saksi matahari terbenam yang merona merah, menghiasi langit seakan-akan sebuah lukisan hidup yang tak tergantikan. Tempat ini bukan hanya sekadar pantai, melainkan simbol keindahan dan ketenangan yang membebaskan jiwa.

Daya Tarik Pantai Gatra

Daya Tarik Pantai Gatra
Foto: Google Maps/Hasyim Ashari

Pantai Gatra di Malang menawarkan pesona khusus yang memikat para pelancong. Tidak mengherankan jika banyak yang sengaja berkunjung ke sini untuk menikmati keindahannya atau hanya berendam di air. Berikut ini adalah keunikannya:

1. Karang-Karang Cantik Mirip Raja Ampat

Meskipun belum seterkenal beberapa pantai lain, Pantai Gatra kerap dijuluki sebagai saudara kembarnya Raja Ampat di Papua Barat.

Hal ini dikarenakan keberadaan pulau karang berwarna hijau yang menjadi daya tarik di sini. Pulau-pulau kecil ini berfungsi sebagai pemecah ombak, membuat perairan di pantai ini cenderung tenang.

Tidak hanya itu, keindahan pulau karang yang menyerupai Raja Ampat ini pun sering dijadikan latar belakang foto para pengunjung. Saat pasang surut, Anda mungkin dapat berjalan-jalan di antara pulau-pulau karang ini, menyaksikan aneka karang dan biota laut kecil yang menghuni sekitarnya.

2. Area Lindungi yang Terjaga

Salah satu hal yang menjadikan pantai ini khusus adalah statusnya sebagai area konservasi. Itu berarti pengunjung diharapkan untuk turut menjaga kebersihan dan kelestarian pantai. Di pintu masuk, barang bawaan pengunjung akan dicatat.

Barang-barang yang berpotensi menghasilkan sampah akan diperiksa saat pengunjung meninggalkan kawasan. Hal ini tentu menjadikan areanya tetap terjaga kebersihannya.

Baca Juga:  Taman Rekreasi Sengkaling, Perpaduan Sempurna Antara Keseruan & Keaslian Alam Malang

3. Perairan yang Damai dan Kristal

Ditopang oleh pulau-pulau karang yang mengelilinginya, perairan Pantai Gatra Malang menawarkan ketenangan khas. Ini merupakan salah satu pesona utama dari pantai tersebut. Anda dapat menyelami kedalamannya dengan aman tanpa khawatir akan arus kuat.

Selain itu, anda dapat menjelajahi keindahan bawah air dengan snorkeling. Tidak hanya itu, aktivitas menarik lainnya yang bisa dilakukan adalah mengayuh kano. Pantai ini menyediakan layanan penyewaan kano dengan tarif sebesar Rp 25.000. Dengan biaya tersebut, Anda dapat menikmati keseruan bermain kano sepuasnya.

4. Area Hutan Bakau yang Memukau

Salah satu kekayaan Pantai Gatra adalah keberadaan hutan bakau yang asri. Anda diberi kesempatan untuk mengeksplor hutan bakau ini hingga mencapai Pantai Clungup. Keaslian dan keindahan hutan ini benar-benar menakjubkan.

Namun, penting untuk diingat bahwa hutan bakau ini merupakan ekosistem yang dilindungi. Oleh karena itu, pastikan Anda turut serta menjaga kelestarian dan kebersihannya saat berkunjung.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Gatra

Pantai Gatra berada di Sendang Biru, Sitiarjo, Malang dan menggunakan akses yang sama dengan Pantai Clungup. Dari pusat kota, pantai ini berjarak sekitar 72 km dengan estimasi waktu tempuh sekitar 2.5 jam.

Untuk mencapai wisata pantai cantik, Anda dapat memanfaatkan aplikasi Google Maps yang akan memberikan petunjuk rute dari lokasi Anda saat ini. Selain itu, Anda juga dapat memilih untuk menggunakan layanan sopir dari rental innova reborn di Malang atau agen travel yang akan mengantar Anda langsung ke destinasi.

Jam Operasional dan Harga Tiket Pantai Gatra

Meski terbuka selama 24 jam bagi pengunjung yang menginap, namun untuk loket registrasi, operasionalnya dimulai pukul 07.00 WIB dan berakhir pada pukul 16.00 WIB. Penting untuk dicatat bahwa setiap hari Kamis, pantai ini tutup bagi pengunjung sebagai bentuk pemeliharaan dan pelestarian lingkungan.

Baca Juga:  Pantai Plengkung, Ombak Eksotis bagi Pecinta Selancar di Banyuwangi

Disarankan untuk datang pada musim kemarau agar Anda terhindar dari hujan. Kunjungan ideal dilakukan saat pagi atau sore hari untuk menghindari sengatan matahari yang terlalu terik.

Dalam hal biaya, Pantai Gatra di Malang menawarkan tarif yang cukup terjangkau dengan berbagai fasilitas yang disediakan:

  • Biaya Masuk: Rp 10.000
  • Rental Kano: Rp 25.000
  • Rental Kano Besar: Rp 50.000
  • Penyewaan Tenda: Rp 25.000
  • Area Penyewaan Tenda: Rp 25.000
  • Penyewaan 2 Kursi Pantai: Rp 50.000
  • Penyewaan Perahu Karet: Rp 50.000
  • Pemandu Wisata: Rp 50.000 – Rp 100.000
  • Denda Kebersihan: Rp 100.000 untuk setiap item sampah
  • Tarif Parkir Sepeda Motor: Rp 5.000
  • Tarif Parkir Mobil: Rp 10.000

Mohon diperhatikan bahwa harga-harga ini dapat mengalami perubahan sesuai dengan kebijakan pihak pengelola. Namun, informasi di atas dapat Anda gunakan sebagai referensi dalam merencanakan kunjungan Anda ke sini.

Aktivitas Seru di Pantai Gatra

Aktivitas Seru di Pantai Gatra
Foto: Google Maps/Dimas Prabowo

Pantai Gatra menawarkan berbagai sudut dan wahana yang menarik untuk dinikmati. Ada beragam kegiatan yang bisa dilakukan di sini, mulai dari bersantai hingga mencoba berbagai wahana yang tersedia.

Lokasinya yang agak tersembunyi membuat pengunjung harus berjalan sejenak untuk mencapai tepi pantainya. Namun, selama perjalanan, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam pantai yang memukau serta kehijauan pohon-pohon yang tumbuh di sepanjang jalan.

1. Bersantai di Tepi Pantai

Tepi pantai di sini cukup luas dan nyaman untuk bersantai. Dengan ombak yang relatif tenang, Anda bisa menikmati waktu di pantai tanpa khawatir. Pasir halus berwarna putih di pantai ini semakin memperindah pemandangannya.

Anak-anak pun bisa bermain dengan aman sambil mengeksplorasi pasir pantai. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda coba, seperti bermain bola pantai, voli, atau bahkan berkreasi dengan membentuk berbagai bentuk dari pasir pantai. Suasana ini sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga atau teman.

2. Mengayuh Kano

Selain menikmati indahnya pantai, Anda juga bisa mencoba pengalaman seru dengan kano. Anda bisa menyewa kano dan menjelajahi perairan sekitarnya. Dengan kano, Anda bisa menikmati pemandangan pantai dari sudut yang berbeda. Ini adalah kegiatan yang cukup populer di kalangan pengunjung Pantai Gatra di Malang ini tentunya menambah keseruan kunjungan Anda.

Baca Juga:  15 Tempat Wisata Alam Malang yang Indah dan Lagi Hits

3. Bersenda Gurau di Tepian Laut

Air lautnya yang berwarna biru muda dan berkilauan menawarkan kesegaran yang tiada tara. Tak mengherankan banyak wisatawan yang tergoda untuk bermain-main di air atau bahkan berenang menikmati kejernihan laut.

4. Menyaksikan Keindahan Sunset

Salah satu momen tak terlupakan di Pantai Gatra Malang adalah saat matahari mulai tenggelam. Untuk mengalami keajaiban ini, datanglah saat sore menjelang untuk menyaksikan perpaduan warna-warni langit saat matahari terbenam yang begitu memikat hati.

5. Bermalam di Pantai

Menambah petualangan Anda, mengapa tidak mencoba berkemah di tepi pantai? Rasakan sensasi tidur dengan iringan gemericik ombak dan kelap-kelip bintang di langit malam. Berkemah di sini seringkali menjadi agenda para komunitas atau kelompok wisatawan, di mana mereka dapat menikmati kebersamaan di sekitar api unggun, bercerita atau bernyanyi bersama.

Bagi Anda yang belum memiliki peralatan kemah, jangan khawatir. Pengelola pantai telah menyediakan fasilitas sewa peralatan berkemah dengan tarif yang bersahabat. Sehingga Anda tetap dapat menikmati pengalaman bermalam di tepi pantai tanpa harus repot membawa perlengkapan dari rumah.

Setelah menghabiskan waktu di Pantai ini, sulit untuk tidak merasa terpikat. Suasana damai, keindahan alam, dan harmoni antara manusia dengan alam terjalin dengan sempurna di sini.

Menjadi saksi keagungan alam di Pantai Gatra mengingatkan kita pada keindahan sederhana yang sering terlupakan dalam kesibukan kehidupan modern. Pantai ini, dengan segala pesonanya, mengajak kita untuk selalu menghargai keajaiban alam dan menjaga kelestariannya untuk generasi yang akan datang.