Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah Wisata

Pantai Ngliyep, Permata Tersembunyi di Balik Bukit Malang

Avatar photo
×

Pantai Ngliyep, Permata Tersembunyi di Balik Bukit Malang

Share this article
Pantai Ngliyep, Permata Tersembunyi di Balik Bukit Malang

Pantai Ngliyep di Malang, dengan menyajikan pemandangan menakjubkan dari balik bukit-bukit hijau yang memeluk pantai, menciptakan suasana damai dan harmonis.

Terkendala di balik bukit-bukit hijau di Malang, Pantai Ngliyep menjanjikan petualangan dan pesona yang sulit ditandingi. Lautan yang biru kontras dengan batu karang raksasa dan pasir hitam vulkanik, menciptakan panorama yang luar biasa.

Promo Kredivo

Bunyi deburan ombak yang memecah keheningan, angin laut yang membelai wajah, dan aroma garam yang menghanyutkan pikiran, semuanya mengajak pengunjung untuk tenggelam dalam keajaiban alam.

Sejarah Singkat Pantai Ngliyep

Meskipun Pantai Ngliyep telah ada sejak dekade 1980-an, kealamian dan keasriannya tetap terjaga dengan baik. Dengan udara segar dan diterpa angin sepoi-sepoi di bawah naungan pohon-pohon rindang, ditambah suara ombak yang mendayu, pantai ini memang layak dinamai Ngliyep.

Nama “Ngliyep” diambil dari kata “liyep-liyep”, yang berarti keadaan mengantuk atau tidur. Nama ini mencerminkan suasana pantai yang begitu damai dan menenangkan, sehingga pengunjung yang datang kerap merasa rileks dan ingin tidur.

Dikisahkan, pantai yang luasnya mencapai 10 Ha ini pertama kali ditemukan oleh Mbah Atun dari Yogyakarta pada tahun 1919. Setelah itu, pada tahun 1951, pantai yang berada di tepian Samudera Indonesia ini diresmikan dan mulai dibuka untuk publik.

Legenda Pantai Ngliyep

Legenda Pantai Ngliyep
Foto: Google Maps/Defri Rachmad

Meski pantai ini dikenal dengan keindahan alamnya yang memesona, ternyata wisata pantai ini juga menyimpan berbagai kisah misterius yang diwariskan dari generasi ke generasi. Meski tak semua cerita bisa diverifikasi kebenarannya, namun sebagai tamu, kita sebaiknya menghormati dan menghargai tradisi serta kepercayaan lokal.

1. Legenda Gunung Kombang

Gunung Kombang, sebuah pulau kecil yang berdiri gagah tak jauh dari pantai, menyimpan sejumlah misteri. Terdapat jembatan yang menghubungkan pantai dengan pulau tersebut.

Beberapa percaya bahwa Gunung Kombang adalah tempat keramat karena terdapat pura dimana ritual mistis diadakan sebagai penghormatan kepada Nyi Roro Kidul. Legenda mengatakan bahwa tempat ini pernah menjadi tempat pertapaan Nyi Roro Kidul sebelum dia menjadi penguasa pantai selatan.

Baca Juga:  25 Tempat Wisata di Batu Malang yang Lagi Hits dan Favorit

2. Tradisi Labuhan

Labuhan adalah ritual kuno yang telah berlangsung sejak zaman Mbah Atun. Setiap tanggal 14 bulan Rabiul Awwal, ritual ini diadakan dengan meriah. Prosesi ini melibatkan penyembelihan hewan seperti sapi atau kambing sebagai bagian dari upacara.

Beberapa dari hasil penyembelihan tersebut kemudian diarak menuju Gunung Kombang sambil diiringi tarian Jaranan dan dihanyutkan ke laut sebagai tanda penghormatan kepada Nyi Roro Kidul.

3. Bukit Cinta Kasih

Dengan pemandangan yang menawan, Bukit Cinta Kasih tak hanya dikenal karena keindahannya. Menurut cerita rakyat setempat, pasangan yang berhasil mendaki bukit ini bersama-sama diyakini akan bersatu dalam ikatan kasih. Ini bisa jadi pengalaman menarik untuk dicoba bersama pasangan!

4. Sendang Kamulyan

Di antara berbagai misteri yang melingkupi Pantai Ngliyep, terdapat cerita mengenai Sendang Kamulyan, sebuah sumber mata air suci. Dipercaya oleh masyarakat lokal, air dari sumber ini memiliki khasiat penyembuhan untuk beberapa penyakit. Karena hal ini, banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi dan mencoba keajaiban dari Sendang Kamulyan ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Bgliyep

Pantai Ngliyep berlokasi di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Bagaimana caranya ke sana?

  1. Dari Kota Malang: Mulai perjalanan Anda menuju arah Karang Kates atau Kepanjen. Teruskan perjalanan Anda mengikuti rute utama menuju Pagak. Setelah tiba di Pagak, arahkan diri Anda ke Donomulyo. Di sana, Anda akan menemukan penunjuk jalan yang mengarahkan ke pantai ini. Cukup ikuti petunjuk tersebut!
  2. Dari Sidoarjo, Surabaya, atau Pasuruan: Anda sebaiknya menuju Kota Malang terlebih dahulu. Setelah tiba di Kota Malang, silakan ikuti petunjuk sebagaimana di atas: Pasuruan – Surabaya Sidoarjo – Kota Malang – Karang Kates – Pagak – Donomulyo – pantai cantik ini.

Menggunakan kendaraan pribadi tentunya lebih praktis. Namun, bagi Anda yang datang dari luar kota atau berpetualang sendiri, ada pilihan menyewa kendaraan di Kota Malang. Bagi Anda yang memilih angkutan umum, bisa memulai dari Stasiun Kepanjen, lalu naik angkutan jalur GN 1 atau GN 2.

Baca Juga:  Pantai Gatra, Permata Tersembunyi di Pesisir Jawa

Untuk dapat mengeksplor keindahan pantai ini, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 15.000 per orang. Adapun biaya parkir adalah Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Harga ini berlaku untuk parkir harian; jika melebihi waktu tersebut, biaya tambahan mungkin dikenakan. Ingat, biaya lain seperti penginapan dan fasilitas umum mungkin dikenakan terpisah.

Kegiatan Menarik di Pantai Ngliyep

Kegiatan Menarik di Pantai Ngliyep
Foto: Google Maps/Agmazafihi Putri

Pantai Ngliyep dengan daya tarik alamnya menjanjikan berbagai pengalaman berkesan bagi setiap pengunjung. Dengan suasana pantainya yang mempesona, berikut adalah aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan:

1. Bersantai di Tepi Pantai

Pasir putih yang halus menjadi daya tarik khusus Pantai Ngliyep Malang. Anda dapat berbaring santai, bermain pasir, atau bahkan membuat kreasi istana pasir bersama anak-anak.

Dengan ombak yang tidak terlalu besar, Anda dan keluarga dapat bermain air dengan aman. Daerah sekitar pantai dinaungi pohon-pohon rindang, menjadikannya tempat yang sempurna untuk bersantai sambil menikmati pemandangan.

2. Menikmati Keindahan Sunset

Salah satu momen terbaik di pantai ini adalah saat matahari mulai tenggelam, menciptakan lanskap yang penuh warna dan romantis. Pantulan cahaya emas yang berpendar dari permukaan air menciptakan suasana yang sempurna untuk bersantai atau berfoto.

Anda bisa duduk di tepi pantai, menikmati keindahan sunset sambil berbincang dengan teman atau keluarga. Spot-spot tertentu di sekitar pantai, seperti ayunan atau bukit kecil, menawarkan pandangan yang lebih memukau dari matahari yang tenggelam, menjadikannya latar yang sempurna untuk foto kenangan Anda.

3. Jelajahi Keindahan Sekitar

Pantai Ngliyep tidak hanya menawarkan keindahan pasir putih dan lautnya. Area sekitarnya, termasuk bukit dan vegetasi, menawarkan pemandangan alam yang mempesona dan bisa Anda jelajahi. Baik itu berjalan kaki menyusuri pantai, mendaki bukit, atau sekadar duduk menikmati keindahan alam, Pantai ini pasti akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Baca Juga:  Ini Dia Rumah Hobbit yang Paling Baru Di Jogja

4. Menginap di Tepi Pantai

Salah satu aktivitas yang disukai wisatawan saat berkunjung ke Pantai Ngliyep di Malang ini adalah berkemah. Lokasi yang dinaungi pepohonan rindang dan ditaburi pasir lembut menjadikan pengalaman berkemah semakin spesial.

Anda bisa mendirikan tenda, menyalakan api unggun, dan menikmati pemandangan bintang yang berkelip di langit malam. Fasilitas penyewaan tenda yang disediakan pengelola membuat wisatawan tidak perlu repot membawa perlengkapan dari rumah. Selain itu, beragam makanan khas Malang tersedia di warung-warung setempat.

5. Eksplorasi Teluk Putri

Sebuah teluk cantik bernama Teluk Putri menjadi salah satu spot menarik di Pantai Ngliyep. Meski teluk ini tergolong kecil, namun keindahan pasir putih dan pemandangannya layak untuk dijelajahi.

Meski Anda bisa mendirikan tenda di sekitarnya, hati-hati saat air pasang. Sementara ombaknya mungkin lebih besar karena ukuran teluk yang kecil, keindahan Teluk Putri tetaplah sebuah keajaiban alam yang patut dinikmati.

6. Menjadi Bagian dari Ritual Larungan

Pantai Ngliyep Malang tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga kekayaan budaya. Salah satunya terlihat dari upacara Larungan yang biasanya digelar di Gunung Kombang. Tradisi ini dilakukan dengan menyembelih hewan, kemudian sesaji dibawa ke tengah laut sebagai simbol penghormatan dan rasa syukur.

Disertai musik tradisional dan nuansa sakral, upacara ini menarik banyak wisatawan untuk ikut serta atau sekadar menyaksikan, memberikan pengalaman kultural yang mendalam saat berkunjung ke pantai menawan ini.

Sebagai hari mulai meredup di Pantai Ngliyep, refleksi matahari terbenam menari di atas gelombang, memberikan perasaan kedamaian dan rasa syukur yang mendalam. Pantai ini, dengan keindahannya yang mentah dan alami, mengingatkan kita tentang kebesaran alam dan betapa pentingnya menjaga dan menghargai setiap sudut dari dunia kita.

Mengunjungi Pantai Ngliyep di Malang ini bukan hanya tentang menikmati pemandangan, tetapi juga tentang merenung dan kembali berhubungan dengan alam.