Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah Wisata

Pantai Plengkung, Ombak Eksotis bagi Pecinta Selancar di Banyuwangi

Avatar photo
×

Pantai Plengkung, Ombak Eksotis bagi Pecinta Selancar di Banyuwangi

Share this article
Pantai Plengkung, Ombak Eksotis bagi Pecinta Selancar di Banyuwangi

Nikmati keindahan Pantai Plengkung di Banyuwangi, surga tersembunyi dengan ombak sempurna untuk pengalaman berselancar yang tak terlupakan.

Pantai Plengkung yang terletak di Banyuwangi selalu menjadi incaran para peselancar. Dikenal dengan nama G-land, pantai ini mempunyai ombak besar dengan pemandangan alam yang mengagumkan.

Promo Kredivo

Tidak heran jika banyak pengunjung yang penasaran akan keindahan pantai cantik ini. Untuk mengetahui apa saja hal-hal menarik yang dimilikinya, simak ulasan di bawah ini.

Daya Tarik Wisata Pantai Plengkung

Daya Tarik Wisata Pantai Plengkung
Foto: Google Maps/Gia Gita Darana

1. Pemandangan Sunset yang Menghangatkan Hati

Salah satu hal menarik dari pantai indah ini yaitu pemandangan sunsetnya yang sangat romantis. Anda bisa merasakannya saat langit biru berubah warna menjadi jingga.

Pemandangan ini menjadi incaran para pengunjung saat sore hari untuk melihat terbenamnya matahari.

2. Satwa Liar yang Unik

Perlu diketahui bahwa pantai ini berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Hal inilah yang menyebabkan pantai ini sering ditemukannya hewan-hewan liar di pinggiran pantai.

Keberadaan hewan liar inilah yang selalu menjadi daya tarik pada pengunjung. Adapun hewan-hewan tersebut yaitu monyet, rusa, dan masih banyak lagi.

3. Ombak Cantik

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa wisata pantai ini terkenal akan spot surfing pilihan kebanyakan peselancar di dunia.

Bahkan, ombaknya pun terkenal sebagai salah satu ombak terbaik di dunia. Dengan begitu, keindahannya menarik banyak wisatawan lokal maupun mancanegara.

Menariknya, ombak indah dan besar ini timbul karena arus laut Antartika yang terbawa ke perairan Pantai Plengkung. Sehingga, ombak yang dihasilkan sangatlah besar dan indah.

Baca Juga:  Pantai Muara Gembong, Pantai Indah dengan Panorama Mangrove yang menawan di Bekasi

Pantai terkenal ini juga pernah dijadikan sebagai tempat lomba berselancar Internasional pada 2003. Sejak saat itulah, Pantai G-Land menjadi surganya para peselancar.

4. Penangkaran Penyu yang Seru

Pantai G-Land juga menyediakan penangkaran penyu di sekitarnya sebagai pilihan tempat berlibur yang seru.

Hal ini untuk memberikan edukasi kepada para pengunjung yang berdatangan dari berbagai wilayah maupun negara. Bentuk edukasi yang dilakukan yaitu dengan menjaga dan merawat lingkungan.

Alamat dan Rute Mudah Menuju Lokasi

Dengan sederet daya tarik dari Pantai G-Land, tentu anda tertarik mengunjunginya segera. Sebelum itu, anda perlu mengetahui lokasi dan alamat pantai agar tidak  salah alamat.

Lokasi pantai menawan ini terletak di Banyuwangi, Kaliapit, Jawa Timur. Anda dapat menggunakan dua jalur untuk menuju pantai.

Kedua jalur yang bisa dilewati yaitu dari jalur darat dan jalur laut. Untuk jalur laut, anda akan disuguhi oleh keindahan tengah laut yang mempesona di atas speed boat dari pelabuhan Grajagan.

Lalu, anda menyeberangi teluk Grajagan ke pantai. Memang jalur ini masih belum banyak yang mencobanya karena menghabiskan waktu yang cukup lama.

Untuk jalur darat, anda dapat mengendarai atau menyewa mobil melewati Taman Nasional Alas Purwo. Dari pusat kota Banyuwangi, pantai indah ini berjarak 86 km.

Dari titik inilah, anda dapat berkendara menuju Kalipait ke Pasar Anyar. Lalu, anda menuju Triangulasi dan melanjutkan perjalanan ke arah Pancur. Dengan begitu, anda sudah sampai di pantai.

Saat  melewati Taman Nasional Alas Purwo, anda perlu melewati daerah yang cukup terpencil dan jalannya masih belum terlalu sempurna.

Baca Juga:  Teluk Cinta, Wisata Romantis Untuk Menyatakan Cinta

Namun, hal inilah yang menjadi daya tarik akan kondisi jalannya karena menyajikan pemandangan alam yang menyegarkan mata khususnya bagi turis mancanegara.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

1. Berkeliling Naik Sepeda di Pantai Plengkung

Kegiatan menarik selama berada di pantai cantik ini yaitu dengan bersepeda mengelilingi pantai. Tentunya, anda akan ditemani oleh pemandangan dan suasana yang istimewa.

Kegiatan ini bisa saja akan menjadi kegiatan paling seru selama berlibur. Apalagi, anda bisa menambah pengalaman baru dengan mengunjungi Taman Nasional Alas Purwo.

2. Berburu Foto Instagrammable

Dekat dengan Taman Nasional Alas Purwo, keindahan alam pantai ini selalu menjadi incaran banyak wisatawan dalam hal berfoto. Ada banyak spot estetik sekitar pantai maupun taman nasional yang bisa dijadikan sebagai latar belakang foto.

Jadi, jangan sampai anda kehilangan momen spesial ini dengan berfoto bersama orang-orang yang tengah asyik berselancar.

3. Berselancar di Ombak Tertinggi

LIga Dunia 2021 telah memilih Pantai G-Land sebagai pantai dengan ombak yang tinggi dank eras sehingga cocok digunakan sebagai tempat berselancar.

Ada tiga jenis ombak di pantai ini yaitu Kong Waves dengan tinggi 6 hingga 8 meter, Speedy Waves dengan ketinggian 5 meter, dan Track Waves dengan tinggi 2 hingga 4 meter yang aman bagi peselancar pemula.

4. Snorkeling dan Diving Ditemani Pemandangan Bawah Laut

Tidak hanya berselancar, anda juga berkesempatan mencoba diving dan snorkeling di sekitar pantai untuk menyaksikan pemandangan indah di bawah laut.

Tentunya, pemandangan ini tidak kalah indah dibandingkan dengan pemandangan alam sekitar pantai. Jika tidak membawa peralatan diving dan snorkeling, anda bisa menyewa di jasa penyewaan.

Baca Juga:  Sumber Jenon, Destinasi Wisata Alam Tersembunyi yang Sarat Legenda di Malang

Fasilitas yang Ditawarkan Pantai Plengkung

Fasilitas yang Ditawarkan Pantai Plengkung
Foto: Google Maps/Long Priyono

Dalam menjamin kenyamanan para pengunjung, pihak pengelola wisata menyediakan sejumlah fasilitas dan layanan agar dapat dinikmati. Salah satunya yaitu tempat penginapan G-Land Surf and Resort dekat dengan area Taman Nasional Alas Purwo.

Penginapan ini cocok bagi anda yang tengah bermalam di pantai ini. Tentunya, tempat penginapan ini menawarkan sejumlah fasilitas lengkap untuk tamu.

Selain penginapan, para pengunjung juga dapat menikmati beberapa fasilitas di pantai ini. Sejumlah fasilitas tersebut yakni kamar mandi, tempat penyewaan alat renang dan tempat parkir.

empat penyewaan alat renang ini menawarkan sejumlah alat yang cukup lengkap mulai dari papan selancar, baju renang, hingga area parkir.

Demikian informasi mengenai Pantai Plengkung mulai dari daya tarik, alamat, kegiatan menarik, hingga fasilitas yang tersedia.

Bisa disimpulkan bahwa pantai indah ini menyajikan berbagai hal yang asyik, seru, dan menarik. Tidak heran jika pantai ini menarik banyak para wisatawan maupun peselancar di seluruh dunia.