Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah Wisata

Pantai Tiga Warna, Permata Malang yang Menyimpan Rahasia Alam

Avatar photo
×

Pantai Tiga Warna, Permata Malang yang Menyimpan Rahasia Alam

Share this article
Pantai Tiga Warna, Permata Malang yang Menyimpan Rahasia Alam

Nikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling di Pantai Tiga Warna Malang, yang menawarkan pengalaman luar biasa melalui titik snorkeling yang memukau.

Di ujung selatan kota Malang, terhampar sebuah keajaiban alam yang menakjubkan; Pantai Tiga Warna. Pantai ini bukanlah pantai biasa, namun sebuah kanvas alam yang dilukis dengan tiga warna memikat: biru laut yang tenang, pasir putih yang lembut, dan hamparan hijau tumbuhan pesisir.

Promo Kredivo

Setiap pengunjung akan merasa seperti menjejaki surga tropis, di mana setiap detailnya menyimpan keindahan dan rahasia yang menanti untuk ditemukan.

Daya Tarik Wisata Pantai Tiga Warna

1. Tampilan Warna Laut yang Mengagumkan

Salah satu keistimewaan Pantai Tiga Warna adalah kehadiran tiga nuansa warna air laut yang berbeda. Perpaduan tiga warna ini menciptakan pemandangan yang luar biasa, menarik perhatian banyak wisatawan untuk datang dan menyaksikannya. Air laut yang bening memperlihatkan gradasi warna dengan begitu jelas.

2. Suasana yang Menenangkan

Pantai ini juga menjanjikan kedamaian dan kesejukan yang sempurna. Dengan suasana yang damai dan tenang, lokasi ini menjadi tempat yang ideal untuk relaksasi dan menghilangkan kelelahan.

3. Titik Snorkeling yang Luar Biasa

Untuk pencinta dunia bawah laut, Pantai ini menyuguhkan titik snorkeling yang luar biasa. Perlengkapan snorkeling dapat Anda sewa dengan tarif yang ramah di kantong, yaitu sekitar Rp. 15.000, yang sudah mencakup baju pelampung, kacamata, dan alat snorkel.

4. Pelestarian Hutan Mangrove

Walaupun populer sebagai destinasi wisata, kelestarian alam wisata bahari ini tetap terjaga. Area ini masuk dalam zona pelestarian mangrove dan dibuka bagi pengunjung dengan batasan tertentu. Dalam upaya menjaga kualitas pengalaman wisata, jumlah pengunjung dibatasi setiap harinya, menjadikan kunjungan lebih eksklusif dan lestari.

Alamat dan Rute Lokasi ke Pantai Tiga Warna

Alamat dan Rute Lokasi ke Pantai Tiga Warna
Foto: Google Maps/Sayyidah Allathifah

Pantai Tiga Warna terletak di Desa Tambak Rejo, wilayah konservasi Sendangbiru, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sebelum berkunjung, Anda perlu mendapatkan izin dari Clungup Mangrove Conservation, sebab pantai ini berada dalam kawasan konservasi.

Baca Juga:  Museum Angkut: Memadukan Seni, Sejarah, dan Teknologi Transportasi di Batu Malang

Berikut adalah panduan untuk mencapai wisata pantai eksotis ini:

  • Sebelum berkunjung, buatlah reservasi dengan mengontak petugas konservasi di nomor 0812-3333-9889.
  • Dari Malang, tujukan rute Anda ke Gadang, lalu lanjutkan ke Turen.
  • Selanjutnya, menuju Pantai Sendang Biru. Setelah perjalanan sekitar 2 jam, Anda akan sampai pada persimpangan yang mengarah ke Pantai Goa Cina dan Sendang Biru.
  • Pilih rute yang mengarah ke Pantai Goa Cina. Beberapa kilometer kemudian, sekitar 2 kilometer, Anda akan menemukan persimpangan lainnya.
  • Di persimpangan itu, belok ke kiri menuju Tempat Pelelangan Ikan (TPI).
  • Kemudian, masuk ke wilayah desa Warna dan ikuti arahan ke Clungup Mangrove Conservation, yang berada sebelum bangunan BRI.
  • Dari area Clungup Mangrove Conservation, jalannya akan menjadi lebih sempit dan hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua. Jika Anda menggunakan mobil, parkirlah di area yang disediakan sekitar 1 kilometer sebelum Clungup Mangrove Conservation dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat mencapai wisata ini dengan mudah dan menikmati keindahannya.

Harga Tiket Pantai Tiga Warna Malang

Pantai Tiga Warna di Malang ini, yang dikelola dengan penuh perhatian, menetapkan tarif masuk untuk para pengunjung yang ingin menikmati pesonanya. Dengan biaya sebesar Rp 10.000 per individu, Anda dapat menyaksikan pesona pantai ini.

Jika Anda membutuhkan pemandu wisata, biayanya adalah Rp 100.000 untuk satu kelompok yang terdiri dari 10 orang dengan durasi pemanduan sekitar 3-4 jam. Jika Anda berkunjung seorang diri, Anda akan ditempatkan dalam satu kelompok dengan pengunjung lain.

Menariknya, ada batasan jumlah pengunjung yang diperkenankan masuk setiap harinya. Jika kuota harian telah tercapai, Anda mungkin harus menunggu giliran hingga kelompok sebelumnya selesai menikmati pantai. Langkah ini diambil untuk memastikan kebersihan dan kelestarian pantai tetap terjaga.

Baca Juga:  Kampung Biru Arema, Di Mana Langit Bertemu dengan Bumi di Tengah Kota

Sebagai catatan, Anda disarankan membawa makanan dan minuman sendiri karena pantai ini tidak memiliki warung atau kios makanan. Dan yang paling penting, pastikan untuk menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan, karena ada potensi denda bagi pelanggar.

Kegiatan Menyenangkan di Pantai Tiga Warna

Kegiatan Menyenangkan di Pantai Tiga Warna
Foto: Google Maps/Kharina Utami

Pantai Tiga Warna, dengan keelokannya, menawarkan banyak kesempatan untuk beraktivitas. Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat Anda coba saat berkunjung:

1. Menikmati Lautan Bergradasi Warna

Meski berada di pesisir selatan Jawa, ombak di Pantai Tiga Warna cenderung tenang, menjadikannya tempat yang sempurna untuk berenang dan menikmati gradasi warna air laut.

2. Bersantai di Pasir Pantai Putih

Pasir berwarna putih yang lembut menambah keistimewaan pantai ini. Terlebih lagi, kebersihan pantai ini sangat terjaga berkat pengelolaan Clungup Mangrove Conservation.

3. Petualangan Banana Boat

Satu lagi aktivitas yang bisa Anda coba adalah naik banana boat. Mengelilingi pantai dengan banana boat bersama teman atau keluarga pasti akan menambah keseruan kunjungan Anda.

4. Eksplorasi dan Bermain di Tepian Pantai

Pasir halus Pantai Tiga Warna di Malang ini menjadi tempat yang pas untuk berkreasi, membuat kastil pasir, atau sekadar bermain voli pantai. Tak ada yang lebih menyenangkan daripada menikmati pantai dengan aktivitas yang menyenangkan di tengah pemandangan alam yang memukau.

5. Menyelam dan Mengagumi Keindahan Bawah Laut

Pantai ini juga menjanjikan pengalaman snorkeling yang luar biasa. Dengan terumbu karang yang cantik dan beragam spesies laut yang hidup di sekitarnya, snorkeling di sini pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Anda juga dapat menyewa perlengkapan snorkeling lengkap dan mendapatkan panduan dari petugas profesional untuk memastikan keselamatan selama beraktivitas.

Baca Juga:  Jika Ke Korea Maka Wajib Mengunjungi Pulau Jeju Yang Menyimpan Banyak Keindahan

6. Menyaksikan Keindahan Senja

Ketika matahari mulai tenggelam, Pantai Tiga Warna menyuguhkan pemandangan yang tak kalah memukau. Langit berubah warna, berpadu dengan nuansa jingga yang hangat, sementara permukaan laut pun ikut berubah seakan bermandikan sinar merah matahari. Menikmati momen senja di sini, dengan semilir angin yang menenangkan, menjadikan pengalaman ini begitu romantis dan tak terlupakan.

7. Mengagumi Lanskap Pantai yang Alami

Dengan pemandangan bukit berlapis hutan mangrove, Pantai Tiga Warna di Malang ini menawarkan ketenangan dan keasrian alam. Bukit yang tertutup hijauan kontras dengan biru laut, memberikan nuansa yang sejuk meskipun terik matahari sedang menyengat.

Salah satu keunikan pantai ini adalah gradasi warna air lautnya, yang bervariasi mulai dari coklat kemerahan di dekat pantai, hijau di perairan dangkal, hingga biru tua di perairan yang lebih dalam.

8. Seseruan Berfoto

Dengan latar belakang yang luar biasa, Pantai Tiga Warna tentu saja menjadi lokasi yang sempurna untuk berfoto. Ada banyak titik foto yang Instagramable, di mana latar belakang laut dengan gradasi warnanya memberikan sentuhan estetika pada setiap jepretan. Pastikan Anda tidak melewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen di pantai cantik ini.

Setelah menghabiskan waktu di Pantai Tiga Warna Malang, hati setiap pengunjung pasti berat untuk berpisah. Keunikan tiga warna yang berpadu sempurna menciptakan pengalaman yang tak terlupakan, mengingatkan kita pada harmoni alam dan keajaiban yang dapat diberikannya.

Pantai ini, dengan segala pesonanya, adalah bukti nyata bahwa keindahan terbesar seringkali ditemukan di tempat-tempat yang paling tidak terduga. Sebuah perjalanan ke pantai ini bukan hanya sekedar kunjungan, namun sebuah pengalaman yang akan terukir abadi di memori.