Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah Wisata

Sumber Jenon, Destinasi Wisata Alam Tersembunyi yang Sarat Legenda di Malang

Avatar photo
×

Sumber Jenon, Destinasi Wisata Alam Tersembunyi yang Sarat Legenda di Malang

Share this article
Sumber Jenon, Destinasi Wisata Alam Tersembunyi yang Sarat Legenda di Malang

Temukan keajaiban Sumber Jenon, sebuah destinasi wisata alam tersembunyi di Malang, yang sarat dengan legenda dan menawarkan pengalaman alam yang tenang dan menyegarkan.

Di lembah hijau nan tenang di Malang, tersembunyi sebuah permata alam yang bernama Sumber Jenon. Tempat ini bukan sekadar mata air, melainkan sebuah oasis yang menawarkan ketenangan dan keindahan alam yang mempesona.

Promo Kredivo

Sumber Jenon adalah destinasi sempurna bagi mereka yang mencari kedamaian serta keharmonisan alam, mengundang setiap pengunjung untuk menyelami dan menikmati kesegaran serta keajaiban alam yang tak terlupakan.

Daya Tarik yang Dimiliki Sumber Jenon

Daya Tarik yang Dimiliki Sumber Jenong
Foto: Google Maps/Edi Santoso

Sumber Jenon, lebih dari sekedar kolam air alami, adalah sebuah permata tersembunyi di Malang yang menawarkan pengalaman liburan yang kaya akan keindahan alam dan cerita. Di tempat ini, Anda akan menemukan serangkaian keajaiban alam yang siap memanjakan mata dan jiwa Anda.

Kehijauan Alam yang Menenangkan

Berlokasi di tengah hutan yang asri, Sumber Jenon dikelilingi oleh pepohonan rindang yang menciptakan suasana yang tenang dan damai.

Pohon beringin yang menjulang tinggi menjaga sebagian besar area kolam, menyediakan naungan yang ideal bagi Anda saat berenang atau sekadar bersantai sambil mengagumi pesona alam sekitar.

Bayangkan berada di kolam berair biru jernih yang dikelilingi oleh hijau pepohonan, sebuah pemandangan yang pasti akan membuat Anda lupa sejenak akan kesibukan sehari-hari.

Santai di Atas Rakit

Bukan hanya kesempatan untuk berenang, di Sumber Jenon Anda juga dapat menyerap keindahan alam tanpa terkena air.

Pengelola telah menyiapkan rakit yang telah dilengkapi dengan kursi nyaman, ideal untuk mereka yang ingin menikmati ketenangan sambil memandangi keelokan alam di sekitar dengan santai.

Baca Juga:  Nikmatnya Bersantai di Laguna Pantai Wediombo Gunung Kidul Jogja

Ada pula jembatan kayu yang menjadi tempat favorit wisatawan untuk berfoto, menambah koleksi foto liburan Anda dengan latar belakang alam yang menakjubkan.

Spot Wisata yang Memanjakan Mata

Di Sumber Jenon, setiap sudut adalah spot wisata yang menawarkan kesegaran dan keindahan. Nikmati kesempatan bermandi atau menyelam, merasakan dinginnya air alami yang menyegarkan.

Bagi Anda yang suka fotografi, banyak sudut instagenic yang menawarkan peluang untuk mendapatkan gambar-gambar unik dan menarik.

Kisah Legenda yang Menyelimuti

Seperti banyak sumber air yang lain, Sumber Jenon juga memiliki cerita rakyat yang khas. Cerita ini mengisahkan tentang Rantung Grati dan istrinya Irogat yang kabur dari Kerajaan Mataram, memulai sebuah petualangan baru. Mereka tinggal di hutan dan mengalami kesulitan air saat musim kemarau.

Rantung Grati bertapa di Gunung Harimau dan saat angin kencang tiba, pohon jenu roboh dan dari situlah muncul sumber air yang kini dikenal sebagai Sumber Jenon.

Keajaiban Air Sumber Jenon

Kolam Sumber Jenon, dengan panjang 50 meter dan lebar 30 meter serta kedalaman sekitar 5 meter, bukan hanya tentang keindahan fisiknya.

Aliran air tawar di kolam ini dikenal memiliki kekuatan penyembuhan dan misteri yang menarik perhatian para pengunjung. Sumber Jenon tidak hanya tempat wisata, tetapi juga sumber cerita dan misteri yang mengundang rasa penasaran.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Wisata

Sumber Jenon, terletak di Gunungronggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, adalah sebuah destinasi yang mudah dijangkau.

Akses ke lokasi ini sudah sangat baik, memungkinkan wisatawan dari berbagai penjuru untuk mengunjungi tempat piknik ini dengan kendaraan pribadi atau sewaan.

Baca Juga:  Eco Green Park, Membangun Kesadaran Lingkungan Melalui Petualangan

Ini adalah tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari keramaian kota, menyelam ke dalam kedamaian alam sambil merasakan kejernihan airnya yang segar.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Menjelajahi keajaiban Sumber Jenon tidak perlu menguras kantong. Dengan tarif masuk yang ramah di kantong, hanya Rp.3.000 per orang, Sumber Jenon membuka pintunya untuk Anda mengeksplorasi keajaiban alaminya tanpa beban.

Biaya parkir kendaraan yang nominal merupakan aspek kecil namun penting dari pengalaman menyeluruh di tempat ini, memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi Anda yang berkunjung menggunakan kendaraan pribadi. Sumber Jenon menyambut pengunjung setiap hari, mulai dari pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

Waktu operasional ini memberikan fleksibilitas bagi pengunjung untuk merencanakan kunjungan mereka, baik untuk menikmati matahari terbit yang menawan atau relaksasi sore hari di tengah suasana alam yang menyejukkan.

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan

Sumber Jenon, lebih dari sekadar lokasi wisata, adalah sebuah panggung alam di mana Anda dapat menikmati serangkaian aktivitas yang menyegarkan dan menyenangkan. Tempat ini mengajak Anda untuk terjun langsung ke dalam pesona alamnya yang memikat dan menenangkan.

Berenang di Air Pegunungan yang Jernih

Salah satu kegiatan yang tak boleh dilewatkan di Sumber Jenon adalah berenang. Bayangkan sensasi menyelam ke dalam kolam air yang jernih dan segar, menggoda Anda untuk menceburkan diri dan merasakan kesegaran alami.

Kolam air yang luas ini merupakan surga bagi pengunjung yang ingin berenang bebas, menyatu dengan kejernihan alam.

Berenang di sepanjang jembatan kayu dan melewati rakit menawarkan pengalaman yang memukau dan tak terlupakan, sedangkan kehadiran ikan dewa yang bergerak lembut di sekeliling Anda menambahkan sentuhan eksotisme dan kedamaian yang unik.

Baca Juga:  Hutan Kota Malabar, Menggabungkan Konservasi Alam dengan Rekreasi Keluarga

Bagi Anda yang ingin bersantai atau belum mahir berenang, tersedia ban pelampung yang bisa disewa. Dengan ban ini, Anda dapat mengapung di atas air sambil menikmati pemandangan yang menakjubkan, merasakan sejuknya udara dan keindahan alam Sumber Jenon.

Kuliner yang Menggugah Selera

Kuliner yang Menggugah Selera
Foto: Google Maps/Sam Wara

Setelah puas berenang, Anda bisa menjelajahi berbagai pilihan kuliner yang ditawarkan di cafe dan tempat makan di tepi kolam.

Dengan menu yang sederhana namun menggugah selera, seperti mendoan, nasi pecel, mi goreng, dan aneka minuman hangat dan dingin, Anda dapat melepas lelah sambil menikmati hidangan lezat khas Malang.

Tempat ini juga sempurna untuk bersantai, duduk di kursi yang menghadap kolam sambil menikmati keindahan sekitar.

Anda memiliki pilihan untuk membawa makanan sendiri dan menikmatinya bersama teman atau keluarga di Sumber Jenon, mengubah kunjungan Anda menjadi sebuah piknik yang menggembirakan dan sekaligus memperluas pengalaman kuliner Anda.

Setelah menghabiskan waktu di Sumber Jenon, Anda tidak hanya membawa pulang kenangan tentang air yang jernih dan pemandangan alam yang indah, tetapi juga tentang kedamaian dan ketenangan yang dirasakan.

Tempat ini bukan hanya tentang berenang dan menikmati kuliner, melainkan tentang menyatukan diri dengan alam dan merasakan ketenangan yang mendalam.

Sumber Jenon di Malang, dengan semua keajaibannya, adalah pengingat akan keindahan sederhana yang ditawarkan alam, serta undangan untuk kembali dan menyelami pesonanya lagi dan lagi.