Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah Wisata

Taman Rekreasi Tlogomas, Oase Hijau di Tengah Kota Malang

Avatar photo
×

Taman Rekreasi Tlogomas, Oase Hijau di Tengah Kota Malang

Share this article
Taman Rekreasi Tlogomas, Oase Hijau di Tengah Kota Malang

Terletak di Kota Malang, Jawa Timur, Taman Rekreasi Tlogomas adalah sebuah oasis perkotaan yang menawarkan kombinasi sempurna antara alam dan rekreasi.

Sebagai salah satu destinasi terpopuler bagi warga lokal maupun turis, taman ini menyajikan lanskap yang indah, dilengkapi dengan berbagai fasilitas rekreasi yang dirancang untuk semua usia.

Promo Kredivo

Di sini, pengunjung dapat merasakan harmoni antara kesenangan kota modern dan ketenangan alam.

Beragam Atraksi di Taman Rekreasi Tlogomas

Beragam Atraksi di Taman Rekreasi Tlogomas
Foto: Google Maps/Pascalis Dwi Putra

Taman Hiburan Tlogomas, yang berlokasi di Jalan Baiduri Pandan, Tlogomas, merupakan salah satu destinasi wisata klasik di Malang. Meskipun bernama sama dengan kelurahan tempatnya berada, Tlogomas, taman ini memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya tetap diminati oleh banyak pengunjung.

Bagi Anda yang datang dari arah Dinoyo, cukup mengikuti rute lurus. Anda akan menemukan gapura besar dengan tulisan “Tlogomas” di sisi kanan jalan. Ambil gang tersebut dan cukup ikuti petunjuk untuk tiba di lokasi.

Meski di tengah-tengah perkembangan wisata modern, Taman Hiburan ini tetap mempertahankan pesonanya. Keberadaannya sebagai taman hiburan yang telah lama berdiri tidak mengurangi minat masyarakat untuk mengunjunginya. Banyak keluarga yang memilih tempat ini sebagai destinasi liburan mereka.

Dengan nuansa alam yang asri, dikelilingi oleh pohon-pohon rimbun, udara di taman ini terasa begitu menyegarkan. Tentunya, atmosfer seperti ini akan membuat siapa saja merasa betah berlama-lama.

Taman ini menawarkan berbagai atraksi menarik. Mulai dari area foto dengan miniatur landmark dunia, kolam renang, taman bermain, hingga patung-patung cerita dongeng yang tentunya akan menjadi favorit anak-anak.

1. Kolam Ikan

Saat memasuki area taman, Anda akan disambut oleh kolam ikan yang indah, dikelilingi oleh bunga teratai yang tengah mekar. Kolam ini dihuni oleh berbagai spesies ikan yang berenang dengan bebas. Tak hanya itu, beberapa patung bebek menghiasi kolam, menambah keindahan dan suasana harmonis di sekitarnya.

Baca Juga:  Taman Rekreasi Sengkaling, Perpaduan Sempurna Antara Keseruan & Keaslian Alam Malang

2. Kesegaran Kolam Renang untuk Segala Usia

Satu hal yang tak pernah absen dari kunjungan ke Taman Rekreasi Tlogomas Malang adalah kesenangan berendam di kolam renang. Terdapat kolam khusus untuk anak-anak dan dewasa, memastikan keamanan dan kenyamanan bagi semua pengunjung. Kolam anak-anak dilengkapi dengan perosotan mini yang didesain khusus untuk keselamatan anak-anak.

Bagi mereka yang mencari sensasi lebih, kolam dewasa menyuguhkan perosotan berukuran lebih besar. Salah satu daya tarik utama adalah ember tumpah yang akan menyiram pengunjung di bawahnya, memberikan sensasi seru bagai terjebak di tengah hujan deras.

Bagi Anda yang ingin santai sambil memantau anggota keluarga berenang, terdapat beberapa gazebo di sekitar kolam yang dapat Anda gunakan sebagai tempat taman bersantai.

3. Miniatur Ikon Dunia

Setelah meresapi kesegaran air, Anda bisa melanjutkan petualangan dengan mengunjungi zona miniatur ikonik dari berbagai belahan dunia. Mulai dari kemegahan Piramida Mesir, keeleganan Menara Eiffel, hingga keindahan Borobudur.

Setiap miniatur dilengkapi dengan deskripsi singkat, memungkinkan pengunjung tidak hanya berfoto namun juga mendapatkan wawasan tambahan tentang masing-masing landmark.

4. Berjumpa dengan Tokoh-tokoh Dongeng

Lengkapi pengalaman Anda dengan berinteraksi dengan berbagai patung karakter dongeng. Salah satu yang menarik perhatian adalah patung koboi yang sedang berkuda. Area hijauan di sekitarnya menambah keaslian suasana, seakan-akan Anda sedang berada di tengah cerita dongeng.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Taman Rekreasi Tlogomas terletak strategis di pusat kota Malang. Alamatnya di Jalan Baiduri Pandan No.17, Tlogomas, Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.

Bagi Anda yang datang dari pusat Kota Malang atau dari Terminal Arjosari, Anda dapat mengambil angkutan umum dengan jurusan LG, GL, AL, atau ADL. Dengan tarif sekitar Rp 2.500, Anda bisa turun di Terminal Landungsari.

Baca Juga:  Candi Badut, Candi Bersejarah di Malang dengan Arsitektur Unik

Dari sana, taman rekreasi ini hanya berjarak beberapa langkah kaki. Selain itu, tempat ini juga berdekatan dengan Taman Rekreasi Sengkaling, yang hanya berjarak sekitar 500 meter ke utara.

Untuk menikmati berbagai fasilitas dan keindahan Taman Rekreasi Tlogomas, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 35.000 per orang. Perlu dicatat, anak-anak yang berusia di atas 1 tahun juga dikenakan tarif yang sama.

Fasilitas Pendukung di Taman Rekreasi Tlogomas

Kenyamanan pengunjung menjadi prioritas di Taman Rekreasi Tlogomas Malang. Untuk memenuhi berbagai kebutuhan selama berkunjung, berikut fasilitas-fasilitas yang tersedia:

  1. Mushola: Bagi Anda yang ingin menunaikan ibadah shalat, tersedia mushola yang nyaman.
  2. Area Parkir: Membawa kendaraan? Tidak perlu khawatir. Area parkir yang luas telah tersedia untuk menampung baik motor maupun mobil.
  3. Warung dan Kedai Makanan: Jika Anda lapar atau haus, banyak penjual kaki lima yang menawarkan aneka makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau tanpa mengesampingkan rasa.
  4. Playground Anak: Anak-anak dapat bermain dengan bebas dan aman di area bermain khusus yang telah disediakan.
  5. Gazebo dan Area Duduk: Anda bisa bersantai di gazebo atau duduk-duduk di bangku yang tersebar di berbagai sudut taman, sambil menikmati keindahan sekitarnya.
  6. Kolam Renang: Ada kolam renang yang bisa dijadikan tempat berenang atau hanya bermain-main air. Kolam renangnya pun terbagi menjadi kolam untuk dewasa dan kolam dangkal khusus anak-anak.

Dengan berbagai fasilitas yang lengkap, taman menarik ini menjamin pengalaman berkunjung yang menyenangkan bagi setiap pengunjung.

Tips Berkunjung ke Taman Rekreasi Tlogomas

Tips Berkunjung ke Taman Rekreasi Tlogomas
Foto: Google Maps/Massool

Berencana mengunjungi Taman Rekreasi Tlogomas di Malang? Berikut beberapa saran yang bisa membantu Anda agar pengalaman Anda semakin menyenangkan:

  1. Periksa Cuaca: Malang terkadang memiliki cuaca yang tidak terduga. Sebelum berangkat, lihatlah ramalan cuacanya dan persiapkan perlengkapan seperti payung atau jas hujan.
  2. Kenakan Pakaian Sehari-hari: Pilih pakaian yang nyaman dan kasual. Jika berencana berenang, bawa perlengkapan renang Anda.
  3. Makan Sebelumnya: Meski di taman tersedia warung, lebih baik Anda sudah makan terlebih dahulu agar energi Anda terjaga. Bawa juga botol air minum.
  4. Siapkan Perlengkapan Mandi: Selalu baik membawa perlengkapan mandi dan baju ganti jika Anda berniat mencoba kolam renang.
  5. Budayakan Kebersihan: Ingatlah untuk selalu membuang sampah pada tempatnya dan menjaga lingkungan taman tetap bersih.
  6. Gunakan Fasilitas dengan Bijak: Pastikan Anda dan anak-anak Anda menggunakan fasilitas sesuai dengan aturannya, khususnya di area bermain dan kolam renang.
  7. Rencanakan Kunjungan Anda: Untuk memastikan Anda dapat menikmati semua atraksi, buat daftar kegiatan yang ingin Anda lakukan.
  8. Taati Aturan Keselamatan: Keselamatan harus selalu diutamakan. Jika Anda mencoba wahana atau aktivitas tertentu, pastikan Anda memahami dan mengikuti semua petunjuk keselamatan.
  9. Pilih Waktu Kunjungan dengan Bijak: Jika ingin menghindari keramaian, kunjungilah taman pada pagi atau sore hari.
  10. Saksikan Keindahan Senja: Taman Rekreasi Tlogomas menawarkan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Jadi, jangan lupa untuk mempersiapkan kamera Anda dan menangkap momen tersebut.
Baca Juga:  Liburan Long Weekend, Kunjungi 5 Destinasi di Jogja Ini

Sebagai hari beranjak petang dan langit di atas Taman Rekreasi Tlogomas mulai berubah warna, refleksi keindahan taman ini semakin mendalam di hati setiap pengunjung.

Dari suara anak-anak yang bermain, aroma makanan lezat dari kios-kios di sekitar, hingga suasana damai yang diberikan oleh pepohonan rimbun, Taman Rekreasi Tlogomas di Malang ini memang layak menjadi destinasi favorit.

Tempat ini bukan hanya sekadar taman, tetapi juga ruang bernafas di tengah kesibukan kota Malang. Sebuah pengingat bahwa alam dan rekreasi dapat bersatu dengan sempurna.