Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah Wisata

Taman Wisata Pulau Situ Gintung, Taman Rekreasi Favorit Liburan Keluarga di Tangerang

Avatar photo
×

Taman Wisata Pulau Situ Gintung, Taman Rekreasi Favorit Liburan Keluarga di Tangerang

Share this article
Taman Wisata Pulau Situ Gintung, Taman Rekreasi Favorit Liburan Keluarga di Tangerang

Kunjungi Taman Wisata Pulau Situ Gintung di Tangerang, sebuah destinasi liburan keluarga favorit yang menawarkan keindahan alam yang asri dengan berbagai kegiatan rekreasi.

Padatnya aktivitas, kemacetan dan keramaian kota menjadi suatu hal yang menimbulkan rasa penat. Dengan begitu maka anda perlu melakukan sesuatu sebagai penyeimbang untuk mengembalikan pikiran fresh.

Promo Kredivo

Memilih berlibur ke kawasan Taman Wisata Pulau Situ Gintung dirasa menjadi salah satu alternatif yang sangat menyenangkan dan juga menjanjikan bagi para wisatawan

Daya Tarik Taman Wisata Pulau Situ Gintung

Daya Tarik Taman Wisata Pulau Situ Gintung
Foto: Google Maps/Farhah Chefa Qonita

1. Taman Indah di Situ Gintung

Tema wisata danau di Ciputat ini adalah taman wisata alam yang dipadukan dengan taman hiburan keluarga. Jadi ketika anda memasuki kawasan wisata ini tidak hanya akan menemukan pemandangan danau saja.

Terdapat banyak permainan khas yang bisa ditemukan di kawasan taman hiburan. Misalnya taman air, kolam renang dan fasilitas tambahan lain.

Hal tersebut akhirnya membuat wisata ini menjadi lebih terkenal dan viral. Di kawasan wisata alam ini terdapat kawasan taman rekreasi sejenis taman air bernama Taman Wisata Pulau Situ Gintung Ciputat. Ada banyak opsi aktivitas di sini untuk dimainkan.

Kolam renang tersebut diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan berenang dengan nyaman

Masih dalam aktivitas yang bisa dilakukan seperti pengunjung juga berkesempatan menghabiskan waktu di area outdoor sekitar danau.

Bagi pecinta kuliner, banyak warung makan di tepi danau yang menjual berbagai menu masakan khas Indonesia. Beberapa di antaranya merupakan menu khas Kota Tangerang Selatan yang sedang hits saat ini.

Baca Juga:  35 Tempat Wisata di Malang yang Lagi Hits dan Populer

2. Area Taman Wisata Pulau

Bukan hanya wisata air berupa kolam renang dan taman air mini yang bisa diperoleh. Taman wisata pulau juga terletak di sini untuk menawarkan berbagai daya tarik unik.

Memasuki kawasan ini akan membuat anda menemukan taman yang asri dengan berbagai tanaman hijau serta bunga. Meski dikenal dengan sebutan taman biasa, namun sentuhan yang diperlihatkan sangat mewah.

Lokasi ini dianggap sangat cocok apalagi bagi pengunjung yang lelah dengan kondisi lingkungan yang tercemar.

Di sini Anda bisa merasakan kesejukan alam yang masih terjaga. Banyak yang menggunakan area taman ini sebagai tempat pernikahan yang cocok dengan konsep pesta kebun. Anda bisa menyewa fotografer untuk mengabadikan momen penting

3. Waduk atau Situ

Distrik danau adalah pusat dari semua daya tarik yang ada di kawasan wisata alam ini. Lokasinya yang berada di tengah kota terasa seperti oase masyarakat dengan dedaunan rindang yang tumbuh di sekitar danau.

Tentu saja, pemandangan ini enak dipandang. Ada beberapa tempat peristirahatan bagi pengunjung di tepi danau untuk bersantai

Tempat peristirahatan ini berada di tempat yang teduh sehingga membuat wisatawan akan merasakan sensasi yang sama seperti sedang berwisata ke Danau Linting, Sumatera Utara.

Jangan sia siakan kesempatan untuk mengunjungi lokasi ini agar bisa menghilangkan segala rasa lelah dan pusing dari berbagai tuntutan aktivitas atau rutinitas harian di kota

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Tempat wisata yang satu ini terletak di kawasan Jalan kertamukti No. 22 Ciputat Timur, Tangerang Provinsi Banten. Jika anda melakukan perjalanan dari pusat kota Jakarta maka perlu menempuh jarak 30 Km atau dengan waktu sekitar 30-40 menit.

Baca Juga:  Pantai Teluk Asmara, Pesona Laut dan Kehangatan Cinta di Malang

Cara termudah untuk sampai ke tempat ini adalah melalui Jalan Pangeran Antasari dan kemudian ke Jalan Jakarta-Bogor.

Ketika hendak pergi ke kawasan wisata ini maka lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Hal tersebut akan membuat anda lebih leluasa dalam melakukan perjalanan wisata.

Jika masih bingung dalam menentukan rute yang harus dilalui maka anda bisa memilih untuk menggunakan bantuan google maps untuk memandu perjalanan

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan
Foto: Google Maps/Ron Sumartono

1. Menikmati Pemandangan Taman Wisata Pulau Situ Gintung

Hal pertama yang bisa dilakukan ketika ada di kawasan wisata Situ Gintung ini yaitu dengan menikmati pemandangan alam yang indah.

Anda bisa memilih duduk di sekitar danau atau taman yang ada di kawasan ini. Lokasi tersebut sama sama menarik untuk dinikmati. Anda bisa berjalan dan mengelilingi seluruh kawasan wisata ini agar bisa memperoleh ketenangan dan kenyamanan

2. Berkemah

Aktivitas kedua yang bisa dilakukan untuk menambah kedekatan antar anggota keluarga yaitu dengan berkemah. Anda bisa menemukan sebuah lahan yang dipersiapkan bagi keluarga yang ingin melakukan kegiatan berkemah.

Untuk bisa merealisasikannya, anda perlu membuat dan menyiapkan seluruh perlengkapan dan peralatannya sendiri

3. Mengambil Gambar

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa lokasi ini mampu menampilkan pemandangan menakjubkan. Sehingga tidak salah jika ditemukan banyak wisatawan yang berniat untuk mengabadikan momen spesial di sini.

Anda bisa menjadikan danau atau taman di Situ Gintung ini sebagai latar belakang untuk bisa menciptakan hasil jepretan yang terbaik

Baca Juga:  Eco Green Park, Membangun Kesadaran Lingkungan Melalui Petualangan

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Berbagai ruang publik dapat diakses sepenuhnya di sini. Salah satu fasilitas penting yang tersedia yaitu mushola untuk beribadah.

Selain itu, anda juga bisa menemukan lahan parkir yang luas dan toilet yang bersih karena selalu rutin dibersihkan. Ruang publik lainnya kemudian adalah ruang terbuka yang biasanya digunakan untuk pertemuan dengan jumlah peserta yang banyak.

Ada juga tempat perkemahan yang sangat cocok untuk menampung hingga 500 peserta. Setiap akhir pekan bumi perkemahan di sini dipadati oleh pramuka atau peserta kegiatan kepemimpinan lainnya.

Bagi yang berencana untuk berkemah di Taman Wisata Pulau Situ Gintung, siapkan sendiri tenda dan peralatan lainnya karena penyedia layanan wisata hanya menyediakan tempatnya

Dengan banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan ketika berada di kawasan ini membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjunginya.

Tidak hanya aktivitas menarik, anda juga dapat merasakan berbagai fasilitas yang aman dan nyaman digunakan. Jika ingin menghilangkan stress akibat pekerjaan, maka pilihlah lokasi wisata Situ Gintung ini.