Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah Wisata

25 Tempat Wisata di Batu Malang yang Lagi Hits dan Favorit

Avatar photo
×

25 Tempat Wisata di Batu Malang yang Lagi Hits dan Favorit

Share this article
Tempat Wisata Batu Malang

Batu, kota kecil di Malang yang gemerlap dengan keindahan alam dan hiburan yang menawan! Dikenal juga sebagai “Swiss-nya” Indonesia, Batu menawarkan beragam tempat wisata dari pegunungan hingga taman bermain, yang membuatnya menjadi destinasi wisata favorit bagi semua kalangan.

Kota ini membanggakan diri dengan hawa sejuknya, pemandangan indah yang memukau, dan berbagai atraksi wisata yang menarik dan edukatif. Tanpa menunggu lebih lama, mari kita jelajahi beberapa tempat wisata di Batu Malang yang sedang hits dan menjadi favorit para wisatawan!

Promo Kredivo

1. Alun-Alun Kota Batu

Alun-Alun Kota Wisata Batu
Foto: Twitter/Mas’udi

Alun-alun Kota Batu menjadi salah satu destinasi utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Batu. Dengan monumen khas berbentuk apel dan sebuah bianglala, alun-alun ini menawarkan keseruan khas pasar malam dengan berbagai permainan seperti odong-odong dan kereta kelinci.

Selain itu, pedagang kaki lima menawarkan beragam kuliner lezat khas Batu, mulai dari sate seafood, cilok, hingga susu sapi murni.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Diponegoro, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

2. Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular
Foto: Twitter/AdventureTour&Travel

Sebagai bagian dari Jatim Park Group, Batu Night Spectacular menghadirkan berbagai wahana seru untuk dinikmati di malam hari. Nikmati udara sejuk Batu saat malam sambil menikmati berbagai atraksi seperti rumah hantu, cinema 4D, dan sepeda udara. Selain itu, taman lampion yang menawan siap mempercantik foto Anda.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Hayam Wuruk, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

3. Batu Flower Garden

Batu Flower Garden
Foto: Twitter/Bunda Diyanra

Batu Flower Garden menjadi destinasi wisata favorit di Batu bagi mereka yang mencari pemandangan indah dan tempat berfoto yang kekinian. Dengan berbagai gardu pandang yang menawan, spot-spot fotogenik, dan hamparan kehijauan, tempat ini menjamin pengalaman wisata yang segar dan mengesankan.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

4. Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo
Foto: Twitter/Pramana

Batu Secret Zoo, yang juga dikenal sebagai Jatim Park 2, menawarkan petualangan seru melihat berbagai jenis satwa dari berbagai belahan dunia. Dengan beragam zona seperti Safari Farm, River Adventure, dan Tiger land, pengunjung akan dibawa ke dalam dunia satwa yang menarik dan mendidik.

Harga Tiket: Rp 140.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

5. Coban Rais

Coban Rais
Foto: Twitter/EastJava.Com

Sebagai tempat wisata alam yang terkenal, Coban Rais menawarkan keindahan alam yang tak kalah dengan The Lodge Maribaya di Bandung. Dengan berbagai spot foto yang menawan, tempat ini menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari kombinasi antara keindahan alam dan spot-spot fotogenik.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jalur Lkr. Bar, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

6. Museum Angkut

Museum Angkut
Foto: Facebook/SulaimanBromo

Terletak di Jalan Terusan Sultan Agung 2, Museum Angkut menampilkan koleksi kendaraan klasik dari zaman dokar hingga pesawat. Penataannya mirip dengan set film, membuatnya sempurna untuk pengambilan foto. Di sana, ada juga Pasar Apung Nusantara, spot kuliner yang memungkinkan pengunjung menikmati makanan di saung di atas sungai.

Harga Tiket: Rp 160.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Terusan Sultan Agung, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.
Baca Juga:  Sumber Jenon, Destinasi Wisata Alam Tersembunyi yang Sarat Legenda di Malang

7. Coban Talun

Coban Talun
Foto: Twitter/Emma Deenia

Sebuah destinasi alami di mana Anda bisa menyaksikan keindahan air terjun. Coban Talun menawarkan suasana tenang dengan suara air yang mendamaikan. Untuk sampai ke sana, pengunjung harus trekking sebentar melalui jalur yang mudah. Ada juga taman bunga dan wahana apache yang bisa dikunjungi.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

8. Taman Selecta

Taman Selecta
Foto: Twitter/Roote Trails

Dibangun oleh seorang Belanda pada tahun 1928, Taman Selecta menawarkan keindahan tanaman dan bunga di lahan seluas 20 hektar. Meski awalnya bukan untuk umum, kini tempat ini juga memiliki kolam renang dan wahana bermain untuk pengunjung.

Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Selecta, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

9. Pemandian Air Panas Cangar

Pemandian Air Panas Cangar
Foto: Google Maps/Ekik 17

Terletak di Bumiaji, kota Batu, Cangar memiliki sumber air panas dari Gunung Welirang. Pemandian ini diketahui baik untuk kesehatan kulit. Meski ramai siang hari, waktu kunjungan fleksibel memungkinkan Anda datang malam hari. Tiket masuknya 10.500 Rupiah tanpa biaya parkir.

Harga Tiket: Rp 10.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tulungrejo, Sumber Brantas, Kec. Bumiaji, Kota Batu, JawaTimur.

10. Kaliwatu Rafting

Kaliwatu Rafting
Foto: Facebook/Imam Taufik

Bagi yang mencari adrenalin, arung jeram di sungai Kaliwatu adalah pilihan tepat. Merasakan sensasi adrenalin sepanjang 7 km, wisata ini siap memberi Anda pengalaman berkesan di Kota Batu. Makanya jangan lewatkan jika anda berada di kota Batu

Harga Tiket: Rp 180.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bung Tomo, Bumiaji, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

11. Taman Jawa Timur Park 1

Jatim Park I
Foto: Google Maps/Bang Auky

Saat memasuki kota Batu melalui Malang, salah satu destinasi yang akan Anda temukan adalah Jatim Park 1, yang berada sebelum Anda sampai pada Museum Angkut. Terletak di Jalan Kartika nomor 2, taman ini merupakan pelopor taman bermain di Jawa Timur dan menjadi pondasi dari lahirnya Jatim Park 2, Jatim Park 3, serta sejumlah destinasi lain yang dikelola oleh Jatim Park Group (JTP). Berbagai macam wahana mulai dari yang ditujukan untuk anak-anak hingga yang menantang adrenalin seperti drop train dan volcano coaster tersedia di sini. Jangan lupa kunjungi juga Bagong Adventure Museum Tubuh dan Museum D’Topeng.

Harga Tiket: Rp 120.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dewi Sartika Atas, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

12. Aktivitas Paralayang di Batu

Aktivitas Paralayang di Batu
Foto: Twitter/Zabhiesite

Buat Anda yang suka dengan pengalaman yang memacu adrenalin, cobalah wahana paralayang. Anda akan dapat merasakan sensasi meluncur dari ketinggian 1.326 mdpl dan menikmati keindahan kota Batu dari udara. Saat malam hari, panorama kota Batu pun akan terlihat lebih menawan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Brigjend Abd Manan Wijaya, Maron, Pandesari, Kec. Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur.

13. Taman Langit di Gunung Banyak

Taman Langit di Gunung Banyak
Foto: Twitter/Puspa si Gandasuli

Destinasi yang kini menjadi sorotan di media sosial, khususnya Instagram, adalah Taman Langit Gunung Banyak. Dengan latar belakang pegunungan dan bukit-bukit yang menghijau, pengunjung dapat menikmati berbagai spot foto dengan tema fantastis seperti angsa raksasa dan sarang burung.

Baca Juga:  Uniknya Berburu Selfie di Altar Cinta Curug Jenggala
Harga Tiket: Rp 120.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

14. Wisata Gua Pinus

Wisata Gua Pinus
Foto: Google Maps/Tara Ardellia

Dahulu merupakan tempat pertambangan milik Jepang, kini Gua Pinus telah bertransformasi menjadi destinasi wisata yang memikat dengan latar hutan pinus yang rimbun. Anda dapat berfoto di berbagai spot unik seperti gubuk dengan atap rumbia, balon udara, dan dek observasi. Lokasinya berada di kawasan Gunungsari, Kota Batu.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

15. Candi Songgoriti

Candi Songgoriti
Foto: Twitter/Diajeng

Sebagai peninggalan sejarah di dekat Kota Batu, Candi Songgoriti menyuguhkan keindahan arsitektur kuno dari agama Hindu beserta berbagai arca dan peninggalan lainnya. Setelah menjelajahi candi, Anda juga dapat merelaksasi tubuh di kolam pemandian air panas yang berada di dekatnya.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Songgoriti, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

16. Taman Jawa Timur Park 2

Taman Jawa Timur Park 2
Foto: Twitter/Xinhua Indonesia

Jika Anda ingin mencoba pengalaman berbeda setelah mengunjungi Jatim Park 1, Anda bisa datang ke Jatim Park 2 yang terletak di Jalan Oro-Oro Ombo nomor 9. Taman ini menawarkan Batu Secret Zoo dan Eco Green Park, tempat yang pasti disukai oleh anak-anak.

Selain itu, terdapat pula akuarium dengan beragam ikan, pulau yang didedikasikan untuk harimau, rumah dengan desain terbalik, dan berbagai wahana seru lainnya. Jika ingin menginap, Pohon Inn Hotel dengan desain unik menyerupai rumah pohon raksasa dapat menjadi pilihan Anda.

Harga Tiket: Rp 130.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

17. Taman Predator Fun

Taman Predator Fun
Foto: Twitter/Ismi_Marlucha

Dikelola oleh grup yang sama dengan Jatim Park, Predator Fun Park mengajak pengunjung untuk merasakan atmosfer dunia predator. Setiap wahana didesain dengan dekorasi yang menampilkan hewan predator, khususnya buaya.

Anda juga bisa menjelajahi galeri yang menampilkan berbagai jenis buaya, mulai dari fosil purba hingga buaya yang telah diawetkan.

Harga Tiket: Rp 65.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Tlekung, Junrejo, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur.

18. De Kleine Batu

De Kleine Batu
Foto: Twitter/Kenrick

Menjadi sorotan terbaru, De Kleine mendapat julukan “Little Switzerland” karena keseluruhan konsepnya yang mengingatkan pengunjung pada keindahan Swiss. Meskipun demikian, tempat makan yang ada di sini tetap menawarkan kelezatan khas Indonesia. Selain itu, fasilitas penginapan juga tersedia untuk memaksimalkan pengalaman menginap Anda.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jalibar, Kehutanan, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

 19. Batu Love Garden

Batu Love Garden
Foto: Twitter/Reka

Dikenal juga sebagai BALOGA, Batu Love Garden adalah taman yang memiliki koleksi lebih dari 600 jenis bunga yang disusun dalam berbagai bentuk artistik.

Lokasinya berada di Jalan Raya Pandanrejo nomor 91 dan menempati lahan seluas 7 hektar. Taman ini juga dilengkapi dengan rumah kaca dan berbagai hamparan bunga yang memanjakan mata.

Harga Tiket: Rp 80.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Pandanrejo, Pandanrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

20. Coban Rondo

Coban Rondo
Foto: Facebook/Andre Sasmita

Dalam bahasa lokal, “Coban” berarti air terjun, dan itulah yang menjadi daya tarik utama Coban Rondo di Pujon. Suasana sejuk dan pemandangan alam yang menenangkan menjadi daya tarik tambahan.

Baca Juga:  Pantai Tiga Warna, Permata Malang yang Menyimpan Rahasia Alam

Air terjunnya memiliki aliran yang kuat dan jernih, memberikan kesegaran bagi pengunjung yang ingin bermain air atau hanya sekedar berendam. Keindahan alam di sekitarnya membuat Coban Rondo selalu menjadi pilihan populer bagi para wisatawan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kec. Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur.

21. Coban Putri

Coban Putri
Foto: Twitter/Alex Journey

Coban Putri mungkin belum sepopuler Coban Rais atau Talun, tetapi tak kalah menawannya. Terletak di Desa Tlekung, Junrejo, daya tarik utama di sini adalah air terjun kembar yang memikat. Bagi pencinta petualangan, tersedia fasilitas offroad, panjat tebing, hingga camping ground. Ingin mendokumentasikan kunjungan Anda? Beberapa spot foto ikonik seperti tangan dewa, ayunan, dan bintang siap memeriahkan galeri foto Anda.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jalur Lkr. Bar, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

22. Jatim Park 3

Jatim Park III
Foto: Google Maps/Handry Bernard

Sebagai tambahan terbaru dari Jatim Park Group, Jatim Park 3 menyajikan tema yang berbeda: dinosaurus. Dikenal juga sebagai Dino Park, pengunjung dapat menyaksikan beragam patung dinosaurus. Selain itu, berbagai wahana bertema zaman purba hingga futuristik, seperti Dino Park nuansa Timur Tengah dan Ice Age, siap mengajak Anda berpetualang.

Harga Tiket: Rp 160.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ir. Soekarno, Beji, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur.

23. Wisata Alam Brakseng

Wisata Alam Brakseng
Foto: Twitter/Wisata Alam Brakseng

Untuk Anda yang menyukai fotografi alam, Wisata Alam Brakseng adalah tempatnya. Dengan latar padang rumput hijau dan bukit yang indah, tempat ini menawarkan udara sejuk karena berada di ketinggian 1700 mdpl. Keindahan alamnya tak diragukan lagi.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kawasan Brakseng, Sumber Brantas, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

24. Eco Green Park

Eco Green Park
Foto: Google Maps/Nurul Hidayati

Eco Green Park adalah destinasi wisata keluarga di Batu yang tak hanya menyajikan pemandangan, tetapi juga interaksi. Di sini, Anda bisa berjalan-jalan menikmati keindahan alam, berinteraksi dengan satwa, memerah sapi, dan bahkan menikmati taman bunga yang memesona.

Harga Tiket: Rp 55.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Oro-Oro Ombo, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

25. Museum D’Topeng Kingdom

Museum D'Topeng Kingdom
Foto: Twitter/RedDoorz Indonesia

Sebagai bukti kekayaan budaya Nusantara, Museum D’Topeng Kingdom menyimpan ribuan koleksi topeng dari berbagai era, mulai dari prasejarah hingga era Majapahit. Jika Anda mengunjungi Batu, tak lengkap rasanya tanpa menyelami nuansa mistis dan sejarah dari koleksi topeng kuno di museum ini.

Harga Tiket: Rp 75.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jatim Park I, Jl. Kartika, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

Dan itulah beberapa tempat wisata di Batu Malang yang paling hits dan favorit. Dari keseruan di Jatim Park, keindahan alam di Gunung Banyak, hingga panorama indah di Coban Rondo, setiap lokasi menawarkan pengalaman yang unik dan berkesan.

Batu, dengan berbagai atraksi dan keindahan alamnya, tentunya menjadi destinasi yang sempurna bagi Anda yang mencari pengalaman berlibur yang berbeda. Semoga perjalanan Anda di Batu Malang memberikan banyak kenangan indah dan inspirasi untuk terus menjelajahi keindahan Indonesia. Sampai jumpa di destinasi berikutnya!