Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah Wisata

15 Tempat Wisata Alam Malang yang Indah dan Lagi Hits

Avatar photo
×

15 Tempat Wisata Alam Malang yang Indah dan Lagi Hits

Share this article
Wisata Alam Malang

Malang, surga tersembunyi di Jawa Timur yang menjanjikan petualangan alam yang tak terlupakan! Malang adalah destinasi wisata alam yang penuh dengan keindahan, dari pegunungan yang megah hingga pantai-pantai yang memesona. Tempat ini menawarkan sebuah lanskap yang beragam dan penuh pesona, yang menjadi inspirasi bagi para penjelajah dan pencinta alam.

Dengan ragam aktivitas menarik seperti trekking, bersepeda, dan camping, Malang telah menjadi destinasi wisata alam yang sedang hits. Mari kita jelajahi beberapa tempat wisata alam di Malang yang paling indah dan populer saat ini!

Promo Kredivo

1. Savana Bromo

Savana Bromo
Foto: Facebook/Allamsyah Journey

Masih berada dalam lingkup Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Savana Bromo menyajikan panorama alam yang memukau. Pemandangan padang rumput yang membentang, berubah hijau saat musim hujan dan keemasan saat musim kemarau. Dikenal pula sebagai Lembah Jemplang, tempat ini jadi spot wajib bagi mereka yang mengunjungi kawasan Bromo.

Harga Tiket: Rp 34.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bromo Semeru, Dusun Jarak Ijo, Ngadas, Kec. Poncokusumo, Kab. Malang, Jawa Timur.

2. Kekayaan Alam Coban Sewu

Kekayaan Alam Coban Sewu
Foto: Facebook/Whiempy

Menghadirkan air terjun setinggi 180 meter, Coban Sewu mempesona setiap pengunjungnya. Bagi yang berjiwa petualang, ada jalur turun yang menantang menuju dasar air terjun dengan pengaman dari bambu. Disana, Anda dapat merasakan kedamaian alam sambil menyentuh butiran air yang jatuh.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Besukcukit, Sidomulyo, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

3. Keseruan di Boon Pring Andeman

Keseruan di Boon Pring Andeman
Foto: Google Maps/Adi Donet

Terletak di Sanankerto, Boon Pring Andeman menjadi destinasi keluarga dengan berbagai fasilitas hiburan, seperti kolam renang dan balon raksasa. Destinasi wisata eksotis ini buka mulai 08.00 hingga 17.00 dengan tarif masuk yang bervariasi dan buka tiap hari.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sanankerto, Turen, Dusun Kp. Anyar, Sanankerto, Turen, kab, Malang, Jawa Timur.
Baca Juga:  Pantai Teluk Asmara, Pesona Laut dan Kehangatan Cinta di Malang

4. Mendaki Ramah di Gunung Panderman

Mendaki Ramah di Gunung Panderman
Foto: Twitter/Alex Journey

Sebagai pilihan untuk pendaki pemula, Gunung Panderman di Dusun Toyomerto, Batu, menawarkan trek yang tidak terlalu panjang. Dalam 2-3 jam, Anda sudah bisa menikmati keindahan dari puncaknya. Meski pendek, keindahan panorama dari atas tidak kalah memukau.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Toyomerto, Desa Pesanggrahan, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

5. Keindahan Taman Nasional Gunung Bromo

Keindahan Taman Nasional Gunung Bromo
Foto: Google Maps/Taufiq Herry Ramadhan

Sebagai ikon wisata Malang, Taman Nasional ini mencakup empat kabupaten di Jawa Timur. Selain pesona alamnya yang menakjubkan, salah satu daya tarik utamanya adalah menantikan sunrise di Gunung Bromo. Terlebih saat peak season, ribuan wisatawan berbondong-bondong datang untuk menyaksikan keajaiban alam ini.

Harga Tiket: Rp 34.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ranupani, Jawa Timur.

6. Pantai Banyu Anjlok

Pantai Banyu Anjlok
Foto: Twitter/Travel Advisor ID

Berlokasi di Malang, Pantai Banyu Anjlok memamerkan keunikan dengan adanya air terjun yang berakhir tepat di pantai. Sebuah gua yang dapat dieksplorasi menambah daya tarik pantai ini. Namun, menuju ke sana memerlukan semangat, sebab Anda harus menempuh rute off-road selama 30 menit melintasi perkebunan kopi.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lenggoksono, Purwodadi, Kec. Tirtoyudo, Kab. Malang, Jawa Timur.

7. Coban Jahe

Coban Jahe
Foto: Twitter/Ibnu

Dikelilingi hutan lebat, Coban Jahe menyuguhkan air terjun yang deras dengan berbagai spot foto memikat. Ada pula layanan perahu unik dengan meja dan kursi yang akan ditarik mendekati air terjun, memberikan kesan Anda sedang bersantai dengan latar air terjun. Siapkan diri untuk terciprat air!

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Begawan, Dusun Krajan, Taji, Kec. Jabung, Kab. Malang, Jawa Timur.

8. The Secret Valley

The Secret Valley
Foto: Facebook/Kantor Pemerintah Kota Batu

Tempat ini menyuguhkan pemandangan gunung dan hutan yang mempesona. Lokasinya di Poh Kecil, Bumiaji, memungkinkan Anda untuk berjalan kaki menaiki bukit atau berkemah dengan biaya terjangkau.

Baca Juga:  Batu Flower Garden, Taman Bungan Cantik dengan Beragam Spot Foto Instagramable
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Poh Kecik, Desa Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

9. Omah Kayu

Omah Kayu
Foto: Twitter/Lintang Buana Tours

Omah Kayu menawarkan pengalaman menginap unik di rumah pohon. Dari ketinggian, Anda bisa menikmati pemandangan alam dan gemerlap lampu kota Malang. Meski tak menginap, Anda tetap bisa menikmati pemandangan dengan hanya membeli tiket masuk.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

10. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang
Foto: Twitter/Sriana Devi

Pantai Balekambang, yang terletak tak jauh dari alun-alun Kota Malang, menawarkan pesona unik dengan Pura Amerta Jati yang berdiri di sebuah pulau. Beberapa pulau mempesona lainnya, seperti pulau Wisanggeni, pulau Anoman, maupun pulau Ismoyo, menambah cantiknya pantai ini. Dengan biaya masuk yang terjangkau, Anda bisa menikmati keindahan ini kapan saja.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kec. Bantur Malang, Jawa Timur.

11. Sumber Mata Air Jenon

Sumber Mata Air Jenon
Foto: Facebook/Setiawan Bung Toing

Pemandian Sumber Jenon di Desa Gunungronggo menyajikan air yang sangat jernih dengan latar pemandangan alam yang asri. Air yang berwarna hijau kebiruan diyakini berasal dari pegunungan di kaki Gunung Ronggo dan dapat memberikan khasiat. Fosil akar pohon raksasa yang terlihat di dasar sumber menambah keunikan tempat ini.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunungronggo, Kec. Tajinan, Kab. Malang, Jawa Timur.

12. Coban Supit Urang

Coban Supit Urang
Foto: Google Maps/Lukman Alkhaqim

Coban Supit Urang terdiri dari tiga bagian – Supit Urang 1, Supit Urang 2, dan Watu Talang, sebuah talang sungai. Keunikan batuan yang tersusun rapi dari batu-batuan besar menambah daya tarik air terjun ini.

Untuk mencapai Supit Urang 2, para wisatawan dapat memilih melewati jalanan curam sepanjang 100 meter atau wisatawan dapat memanjat tangga bambu setinggi 12 meter dari Supit Urang 1.

Baca Juga:  Museum Angkut: Memadukan Seni, Sejarah, dan Teknologi Transportasi di Batu Malang
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Madiredo, Pujon, Wiyurejo, Kec. Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur.

13. Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung
Foto: Twitter/Iam.Helang

Pantai Batu Bengkung mudah diakses dan relatif sepi pengunjung. Fasilitasnya lengkap dengan warung makan, toilet, dan musala. Terletak di Jalan Jalur Lintas Selatan, Gajahrejo, pantai ini buka selama 24 jam dengan tiket masuk seharga Rp10 ribu.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hutan, Gajahrejo, Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur.

14. Coban Nirwana

Coban Nirwana
Foto: Twitter/Cakcakbrrr

Coban Nirwana, atau dikenal juga sebagai Coban Mbok Karimah, adalah wisata air terjun yang belum resmi dikelola pemerintah. Meski aksesnya sulit dan fasilitas terbatas, tempat ini menawarkan pesona alam yang alami dan jarang dikunjungi, cocok bagi mereka yang mencari pengalaman wisata yang berbeda.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gedangan, Krajan Lor Gedangan, Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur.

15. Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina
Foto: Twitter/Bngshnsn

Pantai Goa Cina menawarkan hamparan pasir putih dan laut biru yang luas. Air lautnya yang jernih berwarna biru menjadi daya tarik bagi wisatawan. Keunikan pantai ini terletak pada ombak laut yang besar datang dari tiga arah, yaitu timur, selatan, dan barat.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tambak, Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur.

Itulah beberapa tempat wisata alam paling indah dan hits di Malang. Mulai dari kesejukan air terjun Coban Rondo, hingga pemandangan menakjubkan Gunung Bromo pada matahari terbit, setiap lokasi memberikan pengalaman yang luar biasa dan memukau.

Malang, dengan berbagai pesona alamnya, telah membuktikan dirinya sebagai salah satu destinasi wisata alam terbaik di Indonesia. Semoga perjalanan Anda di Malang memberikan banyak kenangan indah dan inspirasi untuk terus menjelajahi dan mencintai alam Indonesia. Sampai jumpa di petualangan berikutnya!