Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah Wisata

25 Wisata Pantai di Malang yang Indah dan Paling Hits

Avatar photo
×

25 Wisata Pantai di Malang yang Indah dan Paling Hits

Share this article
Wisata Pantai Malang

Malang, yang selama ini dikenal dengan udara sejuknya dan keindahan pegunungan, ternyata juga memiliki sisi lain yang tak kalah mempesona: deretan pantai indah yang memanjakan mata. Pantai-pantai di Malang menawarkan pesona alam yang asli, dengan hamparan pasir putih, ombak biru, serta tebing-tebing eksotis yang menjadi latar belakangnya.

Tak heran, beberapa pantai di kota ini kini telah bertransformasi menjadi destinasi favorit yang paling hits di kalangan wisatawan. Ingin tahu apa saja pantai di Malang yang kini sedang digandrungi? Ayo kita selami lebih dalam!

Promo Kredivo

1. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang
Foto: Twitter/Sriana Devi

Nikmati indahnya Pantai Balekambang di Malang, sebuah permata tropis yang popularitasnya sudah tersebar luas. Tapi tunggu, ada keunikan di pantai ini! Mengintip dari Pulau Ismoyo, berdiri megah Pura Amertha Jati, menjadikan pantai ini memiliki aura khas Bali, sehingga tak heran jika Balekambang sering disebut sebagai ‘Tanah Lot’ dari Malang.

Ingin petualangan kecil? Lintasi jembatan selama 70 meter dan tiba di pulau karang yang eksotis! Berada di Desa Srigonco, perjalanan sekitar 58 kilometer dari Kota Malang – kurang lebih satu jam 48 menit berkendara – bakal membawamu ke surga pantai ini. Jangan sampai ketinggalan!

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kec. Bantur Malang, Jawa Timur.

2. Pantai Sipelot

Pantai Sipelot
Foto: Twitter/Triphemat

Wilayah selatan Malang memang dikenal sebagai lokasi berbagai pantai indah, salah satunya ialah Pantai Sipelot. Meskipun belum terlalu terkenal, pantai dengan panjang 2 km ini dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas seperti area parkir, warung makan, toilet, dan musala.

Oleh sebab ombak di pantai ini cukup besar, berenang menjadi aktivitas yang kurang disarankan. Namun, pengunjung masih dapat menikmati panorama alam dengan mengunjungi Coban Sipelot, sebuah air terjun yang berlokasi di sisi barat Pantai Sipelot.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunung, Pujiharjo, Kec. Tirtoyudo, Kab. Malang, Jawa Timur.

3. Pantai Teluk Asmara

Pantai Teluk Asmara
Foto: Twitter/Alex Journey

Pantai Teluk Asmara memiliki karakteristik unik dengan pasir putihnya dan pulau-pulau kecil yang mengelilingi pantai. Banyak wisatawan menyebutnya sebagai “Raja Ampat” Malang. Tujuan destinasi wisata eksotis yang baru diresmikan pada April 2017 ini.

Nama “Teluk Asmara” berasal dari pulau-pulau kecil yang menyerupai bentuk hati. Di sini, pengunjung dapat menikmati aktivitas seperti berenang dan snorkeling untuk mengeksplor keindahan bawah laut.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tambak, Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur.

4. Pantai Banyu Anjlok

Pantai Banyu Anjlok
Foto: Twitter/Travel Advisor ID

Pernah bayangkan air terjun yang bermesraan dengan ombak pantai? Pantai Banyu Anjlok menghadirkan hal tersebut! Namanya sendiri berarti ‘air yang jatuh’ – sebuah potret sempurna air terjun yang menukik langsung ke lautan.

Kolam alami di atas air terjun menjadi kolam pribadi untukmu, sementara deburan ombak menemani. Akses? Lewat Pantai Lenggoksono dengan perahu nelayan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lenggoksono, Purwodadi, Kec. Tirtoyudo, Kab. Malang, Jawa Timur.

5. Pantai Kedung Celeng

Pantai Kedung Celeng
Foto: Twitter/Fo

Dalam hamparan pantai Malang, Kedung Celeng menjadi mutiara dengan pasir putihnya. Sebuah destinasi sempurna untuk bersantai bersama keluarga tanpa membakar kantong.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Banjarejo, Kedungsalam, Donomulyo, Hutan, Kedungsalam, Kec. Donomulyo, Kab. Malang, Jawa Timur.
Baca Juga:  Pesona Kepulauan Sombori Ini Kerennya Kebangetan

6. Pantai Ngantep

Pantai Ngantep
Foto: Twitter/Agusharisuprianto

Sebuah perjalanan singkat dari Pantai Balekambang membawamu ke Pantai Ngantep. Tebing karang menjulang setinggi 50 meter menjadi latar belakangmu, sementara ombak besar menari-nari di depan. Ingin panorama dari ketinggian? Siapkan adrenalin untuk mendaki tebingnya!

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gn. Sidurejo, Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur.

7. Pantai Licin

Pantai Licin
Foto: Twitter/Kanjuruhan Sidjie

Ditutupi oleh tumbuhan lumut, Pantai Licin memang licin namun eksotik dengan pasir hitamnya, kenang-kenangan dari Gunung Semeru. Akses ke sini? Naik motor! Tantangan jalan terjal menunggumu.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lebakharjo, Kec. Ampelgading, Kab. Malang, Jawa Timur.

8. Pantai Sendiki

Pantai Sendiki
Foto: Twitter/Savine

Bayangkan pasir putih, gazebo, bola voli, kemah di bawah bintang, dan matahari terbit yang mempesona – itulah Pantai Sendiki, kombinasi sempurna antara alam dan aktivitas seru.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur.

9. Pantai Jonggring

Pantai Jonggring
Foto: Twitter/Anacleto Romero Mill

Dibaptis berdasarkan legenda Batara Narada, Pantai Jonggring mengajakmu ke sebuah perjalanan mistis dan estetik. “Nggebros” menjadi daya tariknya; ombak yang menyembur tinggi dari lubang batu, serasa alam memberikan sambutan meriah.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Mentaraman, Donomulyo, Kab. Malang, Jawa Timur.

10. Pantai Selok

Pantai Selok
Foto: Facebook/Dzulqarnain Id

Destinasi hangat di kalangan anak muda, Pantai Selok menjadi lokasi sempurna untuk ‘me-time’ atau bersantai bersama kawan. Pasir putih, spot-spot menarik, dan suasana yang dapat meredakan penat kota. Akhir pekan yang sempurna!

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kandangmerak, Sumberbening, Kec. Bantur, Kab. Malang, Jawa Timur.

11. Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung
Foto: Twitter/Iam.Helang

Melanjutkan perjalanan dari Pantai Ngantep ke arah timur, pengunjung dapat menemukan Pantai Batu Bengkung. Secara geografis, Pantai Batu Bengkung memiliki kemiripan dengan Pantai Ngantep, yaitu dengan adanya batu karang besar di sekitarnya.

Meskipun ombak di pantai ini besar, pengunjung dapat berenang di kolam alam setinggi 1,5 meter di pinggir pantai. Kolam tersebut terisi saat pasang dan mengering saat surut.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hutan, Gajahrejo, Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur.

12. Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep
Foto: Google Maps/Yossi Iswahyudi

Berlokasi sekitar 63 km dari pusat Kota Malang, di Desa Kedungsalam, Donomulyo, Pantai Ngliyep menawarkan panorama pasir putih dan laut berwarna biru kehijauan. Pantai ini juga dikelilingi oleh formasi batu karang. Di dekatnya, terdapat Gunung Kombang, tempat yang dikenal sebagai lokasi ritual bagi Ratu Laut Selatan. Namun, tempat ini juga merupakan spot indah untuk menyaksikan matahari terbenam.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Kedungsalam, Kec. Donomulyo, Kab. Malang, Jawa Timur.

13. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna
Foto: Twitter/EmakMacan

Berada dalam kawasan Clungup Mangrove Conservation (CMC), Pantai Tiga Warna dikenal dengan gradasi warna air lautnya. Saat berada di pantai ini, disarankan untuk didampingi pemandu karena perlu melakukan trekking melalui hutan mangrove.

Pantai ini menawarkan berbagai aktivitas, seperti snorkeling dan diving. Terdapat juga spot-spot menarik untuk berfoto, salah satunya dari gardu pandang di bukit dengan latar pantai.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sendang Biru, Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur.
Baca Juga:  Taman Wisata Air Wendit, Surga Tersembunyi di Jantung Malang

14. Pantai Mbehi

Pantai Mbehi
Foto: Google Maps/Prast Miko

Pantai Mbehi, tersembunyi di balik hutan lindung, menawarkan keindahan alam yang tak kalah dengan Pantai-pantai di Bali. Meskipun memerlukan perjalanan yang cukup panjang untuk sampai ke sana, keindahan yang disuguhkan pantai ini pasti akan membalasnya.

Pantai ini memiliki formasi batu mirip kawah yang langsung berhubungan dengan laut, serta Teluk Bidadari yang menyerupai kolam renang alami dengan air yang jernih.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sumber Rejo, Bandungrejo, Kec. Bantur, Kab. Malang, Jawa Timur.

15. Pantai Wedi Awu

Pantai Wedi Awu
Foto: Twitter/Samudra Web

Bagi Anda yang menyukai selancar atau ingin mempelajarinya, Pantai Wedi Awu merupakan destinasi yang tepat. Pantai ini juga menawarkan keindahan bawah laut yang dapat dinikmati dengan snorkeling. Pantai ini dapat diakses setiap hari dengan kondisi jalan yang baik.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Balearjo, Purwodadi, Kec. Tirtoyudo, Kab. Malang, Jawa Timur.

16. Pantai Bajulmati

Pantai Bajulmati
Foto: Google Maps/Kumbarakarta Kharisma

Legenda buaya yang mati memberi identitas pada Pantai Bajulmati. Hanya 4 km dari Pantai Batu Bengkung, pesonanya menyajikan garis pantai memanjang – sebuah panggung untuk petualanganmu. Tambahkan tebing karang dan pasir murni ke dalam mix, dan kau punya destinasi sempurna!

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Umbulrejo, Gajahrejo, Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur.

17. Pantai Watu Leter

Pantai Watu Leter
Foto: Twitter/Juyieslov

Lebih dari sekadar pantai, Watu Leter adalah teater alami bagi penyu abu-abu yang bertelur. Dengan ombak yang tenang dan pasir halus, pantai ini menjaga siklus hidup penyu. Batu datar atau “leter” di tepi pantai menjadi tanda khas, sembari menjaga keotentikan pantai yang masih jarang terjamah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Umbulrejo, Gajahrejo, Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur.

18. Pantai Gatra

Pantai Gatra
Foto: Twitter/Widas

Dikelilingi oleh bukit kapur dan hutan mangrove, Pantai Gatra menerbitkan keindahannya dengan pasir putih dan batu karang yang menari-nari di tepinya. Dalam lingkup yang sama dengan Pantai Tiga Warna dan kawannya, Gatra berdiri dengan kebersihan luar biasa.

Siap untuk trekking, berkemah, atau bermain kano? Pantai ini menyambutmu dengan segala fasilitas dan petualangan!

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sendang Biru, Sitiarjo, Kab. Malang, Jawa Timur.

19. Pantai Jembatan Panjang

Pantai Jembatan Panjang
Foto: Facebook/Dzulqarnain Id

Keistimewaan Pantai Jembatan Panjang terletak pada reruntuhan jembatan yang belum sempat diselesaikan pembangunannya. Jembatan tersebut awalnya direncanakan untuk menghubungkan pantai dengan pulau terdekat.

Kini, reruntuhan tersebut menjadi spot fotografi yang menarik. Pantai ini juga menawarkan pemandangan pasir putih yang bercampur dengan pecahan kerang, serta air laut yang biru yang kontras dengan latar belakang awan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sumberbening, Kec. Bantur, Kab. Malang, Jawa Timur.

20. Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru
Foto: Google Maps/Aziz Shidqul

Destinasi pantai di Kabupaten Malang memang selalu menyuguhkan pemandangan terbaik. Pantai Sendang Biru, dengan berbagai fasilitas menarik, siap memperkaya pengalaman liburan Anda bersama keluarga.

Anda dapat menikmati keindahan alam yang menakjubkan di Malang selama mengunjungi pantai ini. Pantai Sendang Biru terbuka setiap hari, memungkinkan Anda untuk mengunjunginya kapan saja dan menikmati keindahannya.

Baca Juga:  Taman Rekreasi Selecta, Tempat Bermain dan Bersantai dengan Pesona Alam
Harga Tiket: Rp 12.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sendangbiru, Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur.

21. Pantai Ungapan

Pantai Ungapan
Foto: Twitter/Dina

Langkahmu tak perlu jauh dari Pantai Bajulmati untuk menemukan Pantai Ungapan, sebuah permata dengan pulau-pulau karang yang bermain di tepianya.

Ungapan bukan hanya sekadar pantai – ia adalah rumah bagi petualang yang ingin berkemah dengan deretan bintang sebagai teman malam. “Bumi Perkemahan Pantai Ungapan” menantimu dengan tenda dan kenangan tak terlupakan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Gajahrejo, Kec. Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur.

22. Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina
Foto: Twitter/Bngshnsn

Dahulu bernama Pantai Rowo Indah, namun sejarah dan misteri menyegel namanya menjadi Pantai Goa Cina. Sebuah perjalanan singkat dari Pantai Bajulmati mengantarkan Anda ke tiga pulau karang yang mempesona: Pulau Bantengan, Pulau Goa Cina, dan Pulau Nyonya. Meski ombaknya tidak mengizinkan berenang, ia membiarkanmu terpesona dengan keindahannya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tambak, Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur.

23. Pantai Kondang Merak

Pantai Kondang Merak
Foto: Twitter/Sri Wahyudi

Dengan panjang 800 meter, Pantai Kondang Merak adalah panggung besar bagi para pencinta alam. Bahkan di hari-hari sibuk, pantai ini menyuguhkan kelegaan. Terumbu karang menghiasi perairannya, dan pohon-pohon rimbun memberi bayang-bayang sejuk.

Dari snorkeling hingga mengamati biota laut, dari bermain ombak hingga menikmati pemandangan matahari terbenam yang dramatis, setiap momen adalah sebuah kisah. Dan, jangan lewatkan tarian para nelayan, menambah semarak suasana pantai!

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Sumberbening, Kec. Bantur, Kab. Malang, Jawa Timur.

24. Pantai Teluk Asmoro

Pantai Teluk Asmoro
Foto: Twitter/Arif Setiawan

Destinasi pantai berikutnya di Malang Raya, Pantai Teluk Asmoro, akan memikat setiap pengunjung dengan keindahannya, khususnya saat matahari terbenam. Pantai ini menjadi tempat yang romantis untuk menghabiskan waktu.

Banyak titik menarik yang siap memperkaya kegiatan Anda dan keluarga pada akhir pekan. Pantai ini mudah diakses dengan kendaraan berkat kualitas jalan yang baik.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tambak, Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur.

25. Pantai Clungup

Pantai Clungup
Foto: Twitter/Hafid Ahmad

Keindahan alam di Kabupaten Malang sungguh mempesona, salah satunya ditampilkan oleh Pantai Clungup. Saat berbicara mengenai pantai di Malang, Anda tentu tidak ingin melewatkan pantai menawan ini.

Pantai Clungup sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, terutama saat liburan. Selain menawarkan titik dan wahana menarik, Pantai Clungup juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sendang Biru, Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur.

Setelah menelusuri berbagai pantai di Malang, tak dapat dipungkiri bahwa kota ini menyimpan kekayaan alam yang luar biasa. Pantai-pantai yang indah dan hits di Malang bukan hanya menawarkan keindahan visual, tetapi juga ketenangan, petualangan, dan kesempatan untuk menyatu dengan alam.

Bagi Anda yang mencari destinasi pantai yang belum banyak tersentuh, namun memiliki pesona yang memukau, pantai-pantai di Malang tentu harus masuk dalam daftar kunjungan Anda. Selamat menikmati semilir angin laut dan deburan ombak di pantai-pantai terindah Malang. Jangan lupa, bawa pulang kenangan, bukan sampah!