Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah Dunia

Ternyata Inilah Gunung Tertinggi Di Dunia, Bukan Everest

Avatar photo
×

Ternyata Inilah Gunung Tertinggi Di Dunia, Bukan Everest

Share this article
Ternyata Inilah Gunung Tertinggi Di Dunia, Bukan Everest

Banyak pendaki yang memiliki cita-cita mendaki gunung tertinggi di Dunia, yaitu Everest, karna kebanyakan yak orang sepakat bahwa Everest merupakan gunung tertinggi di dunia, Puncak Everest di pegunungan Himalaya yang berada di perbatasan antara Nepal dan Tibet.

Namun, hal mengejutkan datang dari ilmuwan asal Institut Recherche pour le Developpement di Prancis yang menyatakan bahwa ada gunung lain yang lebih tinggi daripada Everest.

Promo Kredivo

Gunung yang dimaksud ilmuwan Prancis itu adalah gunung Chimborazo yang letaknya berada di Negara Ekuador. Menariknya, data menunjukkan bila gunung Chimborazo memiliki tinggi 6,25 kilometer di atas permukaan laut sementara gunung Everest sampai 8,85 kilometer. Lalu mengapa ilmuwan tetap yakin bahwa Gunung Chimborazo lebih tinggi daripada Everest?

Alasannya adalah ilmuwan Prancis itu tidak menghitung ketinggian dari batas air laut, tetapi dari inti Bumi. Dari inti Bumi, gunung Chimborazo menjulang hingga 6384,268 kilometer, sementara Everest hanya terpaut sedikit, 6381,049 kilometer.

Perbedaan tinggi itu diakibatkan oleh bentuk Bumi yang tidak benar-benar bulat seperti bola, melainkan agak lonjong di bagian khatulistiwa dan datar di bagian kutub.

Nah, menonjolnya Bumi ini yang akhirnya membuat gunung Chimborazo yang kebetulan ada di kawasan khatulistiwa bisa lebih tinggi dari Everest bila diukur dari inti Bumi. Sehingga, ilmuwan dengan pasti menyatakan bila Chimborazo adalah gunung yang paling tinggi menyentuh atmosfer Bumi.

Namun tetap saja meski jadi yang tertinggi, hanya dibutuhkan sekitar 14 hari untuk sampai ke puncak Chimborazo. Bandingkan dengan gunung Everest yang membutuhkan waktu pendakian 40 hari dari base camp awal.

Baca Juga:  Menapaki Keindahan Fushimi Inari Taisha

Sebuah pernyataan yang dipasang di situs lembaga ini yang dikutip Daily Mail, Rabu 18 Mei 2016 mengatakan: “Chimborazo tetap jauh di belakang Gunung Everest (8.848 meter) dari permukaan laut. Namun, itu adalah titik terjauh dari pusat bumi, karena lokasinya dekat dengan khatulistiwa.

Setelah ulasan ini, apakah kamu tetap bercita-cita ingin mendaki Everest? Atau Berubah haluan ke Chimborazo?