Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah Wisata

Sepenggal Surga Tersembunyi di Bantul

Avatar photo
×

Sepenggal Surga Tersembunyi di Bantul

Share this article
Sepenggal Surga Tersembunyi di Bantul

Yogyakarta memang dikenal sebagai kawasan wisata. Beragam wisata lengkap bisa Anda dapatkan di kota ini. Mulai dari wisata alam, buatan, hingga sejarah. Banjirnya wisata alam di Yogyakarta membuat kota ini seakan tidak pernah ada bosen untuk dijelajahi. Sampai saat ini masih banyak wisata tersembunyi di kota Yogyakarta yang perlahan-lahan naik ke permukaan, salah satunya yaitu surga tersembunyi di daerah Bantul ini.

Air Terjun Pulosari, terletak di Desa Wisata Krebet ini memiliki magnet untuk menarik pengunjung untuk singgah dan mengagumi keindahannya. Lokasinya yang tersembunyi dan jauh dari bisingnya ibu kota akan membuat nuansa liburan menjadi tenang dan damai. Sejuknya udara yang dikelilingi oleh pohon jati serta suara gemericik air yang jernih merupakan distorsi menyenangkan tersendiri.

Promo Kredivo

Air Terjun Pulosari ini berada di antara dua perbukitan yang masih asri dan alami sehingga Anda bisa menikmati udara sejuk yang menenangkan. Ditambah lagi air yang segar mampu menghilangkan penat. Anda bisa bebas berendam dan bermain air di sini. Airnya masih sangat jernih dan pemandangan sekitar masih alami, berupa hutan dan perkebunan. Tempatnya yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan ini benar-benar akan membuat seolah tengah berenang di kolam pribadi. Jika sedang sepi, Anda hanya akan menemui penduduk sekitar yang sesekali berenang dan bermain air di tempat ini.

Selain bermain air, di tempat ini juga bisa melakukan climbing dan repling yang lokasinya berada di sebelah barat air terjun. Jika debit air terjun tidak tinggi, Anda bisa naik dan bermaindi atas air terjun seolah tengah berada di sebuah sungai yang mengalir.

Baca Juga:  Pintu Langit, Cara Lain Melihat Surga Dunia di Dlingo, Bantul

Jangan khawatir tersesat, sebab sudah ada guide lokal yang siap sedia membantu. Kawasan wisata yang baru saja muncul ke permukaan ini sedang dalam tahap pembangunan oleh pihak pengelola, maka belum ada fasilitas yang tersedia. Di tempat ini Anda tidak dikenakan biaya masuk. Hanya sekadar uang parkir sebesar Rp 2.000.

Untuk bisa sampai ke kawasan ini Anda harus menggunakan kendaraan roda dua, sebab jalannya yang curam dan terjal serta sempit tidak memungkinkan mobil terlebih lagi bus untuk melaluinya. Berjarak sekitar 1 jam dari kota Jogja, rute yang bisa ditempuh yaitu Jalan Bantul, lalu melewati Bangjo Ringroad Selatan. Tiba di Bangjo Gapura Desa Wisata Kasongan ambil arah kanan hingga menemui petunjuk arah Desa Wisata Krebet. Tiba di sini Anda akan melalui jalan naik yang berkelok dengan hutan jati di kanan kirinya. Jika sudah menemukan patung Bagong besar, artinya sudah sampai di Desa Wisata Krebet. Jangan sungkan untuk bertanya pada penduduk sekitar, sebab petunjuk arah ke wisata ini memang masih sangat minim.

Dari tempat parkir Anda harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak, menuruni jurang, melalui hutan jati, hingga menyebrangi sungai untuk bisa sampai ke air terjun Pulosari ini. Jangan khawatir lelah oleh bayangan perjalanannya, karena dijamin Anda justru akan dibuat keragihan menikmati perjalanannya.

Air terjun ini hanya memiliki ketinggian sekitar 5 meter, namun keindahannya membuat air terjun ini layak untuk kamu kunjungi. Berencana liburan ke Yogyakarta? Yuk, kesini aja!

Baca Juga:  Menyusuri 1250 Tangga Demi Menikmati Keindahan Grojogan Sewu Tawangmangu