Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah Wisata

Candi Badut, Candi Bersejarah di Malang dengan Arsitektur Unik

Avatar photo
×

Candi Badut, Candi Bersejarah di Malang dengan Arsitektur Unik

Share this article
Candi Badut, Candi Bersejarah di Malang dengan Arsitektur Unik

Candi Badut merupakan sebuah warisan sejarah di Malang dengan arsitektur unik, menggambarkan keindahan seni bangunan kuno dan menyajikan jejak bersejarah yang menarik dijelajahi.

Di tengah lereng hijau yang menghiasi Kota Malang, terdapat sebuah permata sejarah yang tak lekang oleh waktu. Candi Badut, sebuah monumen yang berdiri gagah sebagai saksi bisu peradaban masa lalu, mengajak kita menelusuri lorong waktu menuju keagungan Kerajaan Kanjuruhan.

Promo Kredivo

Dengan arsitektur unik yang menyimpan cerita, candi ini bukan hanya sebuah situs arkeologi, tetapi juga sebuah kanvas yang melukiskan kekayaan budaya dan sejarah Indonesia.

Daya Tarik yang Dimiliki Candi Badut

Daya Tarik yang Dimiliki Candi Badut
Foto: Google Maps/Nda Ardhira

1. Legenda Pembangunan Candi Badut

Tersembunyi di balik hijau lebat Jawa Timur, Candi Badut berdiri sebagai saksi bisu zaman, membawa cerita yang terukir dalam sejarah.

Diketahui sebagai candi tertua di wilayah ini, keberadaannya membawa kita kembali ke masa pemerintahan Raja Gajayana, penguasa legendaris Kerajaan Kanjuruhan antara tahun 760 hingga 789 Masehi.

Konon, berdasarkan Prasasti Dinoyo yang berbahasa Sansekerta, Raja Gajayana mendirikan Candi Badut sebagai dedikasi kepada Agastya, dengan harapan untuk membinasakan penyakit yang mengikis semangat rakyatnya.

Misteri asal-usul nama “Badut” sendiri berakar pada bahasa Sansekerta bha-duyut, yang berarti “sorot bintang Canopus”, simbolisasi dari pelita yang menerangi kegelapan.

Ada pula teori yang mengatakan bahwa “Badut” merujuk pada Sang Liswa, julukan kecil Raja Gajayana, yang terkenal dengan kejenakaannya.

2. Arsitektur Unik Candi Badut

Berbeda dengan kebanyakan candi di Jawa Timur yang ramping dan langsing, Candi Badut memperlihatkan keunikan dengan bentuknya yang tambun, mirip dengan candi-candi di Jawa Tengah.

Baca Juga:  Batu Love Garden, Mengenal Destinasi Wisata dengan Sejuta Pesona di Malang

Hal ini terlihat jelas pada pahatan Kalamakara, sebuah simbol wajah raksasa tanpa rahang bawah yang lazim ditemui di pintu masuk candi-candi di Jawa Tengah.

Kalamakara ini, dikenal sebagai penjaga yang mengusir roh jahat, memberikan aura mistis dan menambah keindahan arsitektural candi ini.

3. Candi Badut dalam Jersey Arema

Tak hanya sebagai ikon sejarah, Candi Badut juga menjadi inspirasi dalam dunia modern. Relief candi ini sempat menjadi motif corak pada jersey tim sepak bola Arema FC pada Liga 1 Indonesia tahun 2021/2022.

Penggunaan motif ini bukan hanya sekadar hiasan, melainkan juga sebagai simbol kekuatan dan motivasi, mengingatkan para pemain akan masa kejayaan Kerajaan Kanjuruhan.

Selain itu, penyematan relief ini juga mencerminkan kedekatan emosional yang mendalam antara klub dengan masyarakat Malang Raya.

Alamat dan Menuju Lokasi Wisata

Pernahkah Anda membayangkan sebuah perjalanan yang membawa Anda ke pintu gerbang masa lalu? Candi Badut di Malang bukan hanya sekadar destinasi, melainkan sebuah perjalanan melintasi waktu.

Terletak di Doro, Karangwidoro, Kecamatan Dau, kota Malang, Jawa Timur, Candi Badut menyuguhkan sebuah ekspedisi keindahan sejarah yang bisa Anda jelajahi bersama keluarga.

Membuat perjalanan Anda semakin mudah, akses menuju Candi Badut sudah terbuka lebar dengan kondisi jalan yang memadai.

Nikmati perjalanan yang nyaman dan lancar, di mana setiap kilometer membawa Anda lebih dekat dengan keajaiban masa lalu. Jika Anda merasa ragu dengan arah, peta digital akan menjadi panduan andal menuju lokasi Candi Badut.

Baca Juga:  Tebing Koja, Tujuan Alam di Bandung yang Menawarkan Beragam Spot Fotogenik

Harga Tiket Masuk & Jam Operasional

Mengunjungi Candi Badut tidak hanya memanjakan mata dan jiwa, tetapi juga ramah di kantong. Dengan harga tiket masuk hanya Rp. 10.000 per orang, Anda dapat mengeksplorasi keindahan arsitektural dan nilai historis tanpa khawatir.

Setiap sudut Candi Badut adalah saksi bisu peradaban lama, menunggu untuk diceritakan kepada para pengunjung yang beruntung.

Biaya tambahan untuk parkir kendaraan menjadi bagian kecil dari petualangan Anda. Ingatlah, harga tiket dan biaya parkir dapat berubah, tetapi pengalaman yang Anda dapatkan akan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Candi Badut menyambut para pelancong setiap hari, buka 24 jam, memberikan kesempatan untuk menjelajah keindahan tanpa batas waktu.

Baik siang maupun malam, Candi Badut selalu siap mengungkap rahasianya kepada Anda. Setiap sudutnya menawarkan perspektif baru, setiap relief bercerita, dan setiap batu membisikkan kisah masa lalu.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas Wisata yang Tersedia
Foto: Google Maps/Dodi Dodi

Sebagai destinasi wisata yang telah memikat hati banyak pelancong, Candi Badut tak hanya memanjakan mata dengan keindahan bangunan kunonya, tapi juga menyediakan fasilitas lengkap yang siap memenuhi segala kebutuhan pengunjungnya.

Berikut ini adalah serangkaian fasilitas yang akan Anda temui dalam kunjungan Anda ke Candi Badut, sebuah destinasi yang sempurna untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga:

1. Area Parkir yang Luas dan Aman

Mulai dari petualangan Anda, Candi Badut menyambut dengan area parkir yang lapang dan terjaga, memastikan kendaraan Anda berada dalam kondisi aman selama Anda menjelajahi sejarah.

Baca Juga:  Uniknya Berburu Selfie di Altar Cinta Curug Jenggala

2. Pusat Informasi dan Loket Parkir

Untuk memudahkan perjalanan Anda, tersedia pusat informasi dan loket parkir yang siap melayani dan memberikan arahan tentang segala hal yang berkaitan dengan Candi Badut.

3. Toilet yang Bersih dan Terawat

Kenyamanan Anda adalah prioritas, dengan toilet yang bersih dan terawat, menjaga agar setiap momen di Candi Badut tetap menyenangkan.

4. Tempat Ibadah yang Khusyuk

Bagi Anda yang membutuhkan ruang untuk beribadah, Candi Badut menyediakan tempat ibadah yang tenang dan nyaman.

5. Warung Wisata untuk Kenikmatan Kuliner Lokal

Tambahkan cita rasa kuliner lokal dalam petualangan Anda dengan berkunjung ke warung-warung wisata yang menyajikan aneka makanan dan minuman.

6. Guest House untuk Pengalaman Menginap yang Nyaman

Jika Anda ingin merasakan pengalaman menginap di dekat situs sejarah, Candi Badut menyediakan guest house yang nyaman dan menyenangkan.

7. Spot Foto yang Instagramable

Siapkan kamera Anda, karena Candi Badut juga menawarkan berbagai spot foto menarik yang akan membuat kenangan Anda di sini menjadi lebih berwarna.

Seiring langkah kaki yang meninggalkan jejak di kompleks Candi Badut, kita membawa pulang lebih dari sekedar kenangan. Candi ini, dengan semua keunikan arsitekturnya dan kisah sejarah yang diam-diam ia bisikkan, terus berdiri sebagai simbol keabadian yang menghubungkan masa lalu dengan masa kini.

Di Candi Badut, setiap batu dan relief tak hanya menceritakan tentang Kerajaan Kanjuruhan, tetapi juga tentang bagaimana kebesaran sejarah dapat terus hidup dan menginspirasi generasi masa kini dan yang akan datang.