Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah Dunia

Stasiun-Stasiun Kereta Api Tertinggi di Dunia

Avatar photo
×

Stasiun-Stasiun Kereta Api Tertinggi di Dunia

Share this article
Stasiun-Stasiun Kereta Api Tertinggi di Dunia

Naik kereta api adalah satu cara menemukan makna berpetualang. Moda transportasi ini juga menjadi favorit traveler karena bebas macet dan relatif praktis untuk berpindah tiap destinasi. Selain itu pastinya traveler tidak perlu lagi memikirkan rasa lelah akibat menyetir.

Lebih dari keuntungan tersebut, bagaimana rasanya mencoba wisata kereta api yang melewati deretan gunung-gunung tinggi di dunia? Walaupun harganya tidaklah murah, bukan berarti tidak bisa disiasati. Perlu menabung tentunya demi mendapatkan pengalaman mengagumkan tersebut. Berikut adalah referensi stasiun tertinggi dengan jalur kereta api yang menawarkan sebuah pengalaman luar biasa, yang bisa dinikmati dari jendela.

Promo Kredivo

1. Tanggula Railway Station

Tanggula Railway Station di Tibet adalah stasiun kereta tertinggi di dunia. Ketinggiannya 5.068 meter di atas permukaan laut (mdpl) atau setara dengan base camp  Gunung Everest. Traveler bisa mengakses tempat ini dengan naik kereta rute Beijing-Lhasa atau sebaliknya.

Sepanjang perjalanan traveler akan disuguhkan lanskap Puncak Yuzhu, Dataran tinggi Tanggula, Sungai Tuotutuo He, dan Danau Tsonag. Ketika hampir mendekati Lasha, puncak puncak Himalaya nan populer di kalangan pendaki gunung jelas terlihat. Yakni, Namcha Barwa 7756 mdpl, Lhotse 8516 mdpl, Makalu I 8463 mdpl, Cho Oyu 8188 mdpl, Shisapangma 8013 mdpl dan Everest 8848 mdpl. Jika musim dingin suhu bisa sangat jatuh hingga mencapai – 45°c dan udara di tempat ini cukup tipis rawan penyakit ketinggian gunung atau Mountain . Hal ini membuat  traveler tidak diizinkan untuk  keluar gerbong ketika berada di stasiun.

Baca Juga:  Berwisata Unik Diluar Negeri? Sazan Island Albania Juaranya

2. Ticlio

Stasiun Ticlio merupakan stasiun kereta api yang terletak di jalur kereta api Lima-Huancayo, Peru. Dengan ketinggian 4.829 m di atas permukaan laut, stasiun ini menjadi stasiun tertinggi kedua di dunia.

Penduduk Ticlio kerap menyebut stasiun ini dengan nama Abra Anticona, karena letaknya yang tidak jauh dari Anticona pass di Pegunungan Andes. Pegunungan Andes sendiri merupakan pegunungan bersalju terpanjang di dunia. Stasiun Ticlio juga merupakan stasiun dengan percabangan tertinggi di dunia, yakni jalur cabang menuju Morococha. Di dekatnya terdapat 8 terowongan dengan panjang total tak lebih dari 3,2 Km.

3. Jungfraujoch Railway Station

Jungfraujoch Railway Station berlokasi di wilayah Bernese Oberland, Swiss. Letaknya di ketinggian 3.454 mdpl, menjadikan Jungfraujoch Railway Station stasiun kereta api tertinggi di Eropa.

Keindahan stasiun ini adalah, jalurnya yang terbilang ekstreem dengan. Traveler bisa melewati jurang jurang jurang nan dalam dan membelah terowongan perbukitan Pegunungan Alpen. Selain itu puncak Gunung Eiger, Jungfrau, dan Monch seakan mengelilinginya. Fasilitas eksklusif pun tersedia di tempat ini mulai dari hotel, restoran hingga kantor pos tersedia di tempat ini. Mewahnya lagi tersedia Observatorium Sphinx atau tempat mengamati bintang di tempat ini.

Jalur kereta yang membawa wisatawan ke stasiun ini adalah Jungfrau dan Bernese Oberland, terhubung langsung dengan beberapa kota cantik seperti Lauterbrunnen, Wengen dan Grindelwald.

4. Gornergrat

Stasiun ini berada di Zermatt, Swiss tepatnya tepatnya di Pennine Alps. Dengan background Pegunungan Alpen, ketinggiannya berada pada 3.089 mdpl. Traveler yang naik kereta jalur Gornergratbahn dari Kota Zermatt pasti berhenti di stasiun ini.

Baca Juga:  Inilah 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Liburan Musim Dingin di Jerman

Sebelum tiba di Gornergrat, kereta akan menanjak sampai 1.500 meter ke dataran yang lebih tinggi. Tidak hanya melintasi punggung-punggung bukit Zermat yang bersalju, dengan naik kereta ini traveler seakan diajak juga untuk meraih puncak gunung Matterhorn 4478 mdpl. Di dekat stasiun terdapat pula hotel eksklusif dengan segala pelayanan bagi traveler. Selain itu tersedia area untuk menikmati ski di sekitarnya.

5. Ghum

Ghum terletak di West Bengal, India dengan ketinggian 2257 mdpl. Stasiun ini punya jalur paling bersejarah di India yang dinamakan jalur Daarjeling Himalayan Railway. Rute ini membentang dari New Jalpaguri hingga menuju ke dataran tinggi Darjeeling.

Sajian utama dari balik jendela kreta api ini yaitu pemandangan gunung-gunung tinggi yang berdiri gagah di Himalaya. Ada gunung Kanchejunga 8586 mdpl, Nanda Devi 7824 mdpl, Makalu II 7657 mdpl, Annapurna II 7937 mdpl dan Meru peak 6660 mdpl di Garwal Himalaya. Selain itu sesaat sebelum stasiun Ghum pesona pemandangan lunas terbayar dengan melewati sisi sungai yang dianggap suci yakni sungai Gangga. Sesampainya di Gum, traveler juga bisa mengunjungi Ghum Monastery. Selain itu, sekitar 5 Km dari stasiun terdapat area Tiger Hill dimana traveler bisa melihat indahnya puncak-puncak Himalaya termasuk  Gunung Everest.