Scroll untuk baca artikel
Shopee Diskon 50%
Jelajah Wisata

Menikmati Kesegaran Curug Cibulao yang Biru dan Jernih di Bogor

Avatar photo
×

Menikmati Kesegaran Curug Cibulao yang Biru dan Jernih di Bogor

Share this article
Menikmati Kesegaran Curug Cibulao yang Biru dan Jernih di Bogor

Ingin liburan yang menyegarkan? Bogor selalu punya banyak jawaban. Dikenal dengan Kota Seribu Angkot, kini Bogor menjelma dengan julukan Kota Seribu Curug. Tak heran, sebab banyak sekali curug atau air terjun yang menyegarkan dan patut untuk dikunjungi, dan Curug Cibulao adalah salah satunya.

Lokasi wisata alam yang satu ini rasanya dapat menjadi destinasi pilihan kamu yang ingin liburan diakhir pekan. Terletak di kawasan Megamendung yang memang terkenal sebagai spot wisata alam favorit keluarga yang asri dan tentunya berhawa sejuk. Bersiaplah, Curug Cibulao akan menambah kesegaran wisatamu.

Promo Kredivo

Curug Cibulao merupakan hulu dari beberapa curug lain di sekitarnya, diantaranya Curug Panjang, Curug Naga, Curug Orok dan Curug Barong. Bahkan kamu juga dapat melewati beberapa curug tersebut saat ingin mengunjungi Curug Cibulao dengan melakukan river trekking yang menyenangkan di tengah aliran air yang super jernih.

Air bening yang mengalir ini merupakan aliran Sungai Paseban yang berada di kawasan Gunung Paseban yang terkenal berhawa sejuk serta airnya yang dingin. Curug Cibulao juga terkenal dengan warna air kebiruannya yang juga menjadi asal muasal nama dari curug tersebut, gradasi warna air di curug ini memang membuat siapa saja tergoda ingin menceburkan diri.

Selain hawa yang sejuk dan air yang bening, Curug Cibulao juga memiliki kolam yang cukup dalam. Terjunan yang berada di atas, dinamai Curug Ngumpet memiliki kedalaman air sekitar 8 meter. Untuk mencapainya, kamu harus memanjat bebatuan dari terjunan bawah dengan berpegangan ke tali yang ada. Berhati-hatilah, karena bebatuannya cukup licin.

Baca Juga:  Damai dan Cantiknya Desa Penglipuran Bali, Ini Kata Menpar

Terjunan kecil yang memiliki kolam air berwarna kebiruan yang berada di bawahnya yang merupakan Curug Cibulao, berkedalaman sekitar 5 meter. So, bagi kamu yang pandai berenang dan bernyali untuk ber-cliff jumping, spot ini memang akan sangat memuaskan hasrat liburanmu. Dijamin enggan pulang!

Arus air dari terjunan yang cukup tenang, serta didukung dengan visibilitas air yang cukup bagus untuk berfoto underwater sambil free diving menelusur dalam kolam. Jadi, persiapkan actioncam andalanmu jika ingin berkunjung ke Curug Cibulao yang memesona ini, ya!

Untuk mencapai curug ini tidaklah sulit, jalur yang dilalui sama jika kamu mau berkunjung ke Curug Panjang. Jika kamu dari Bogor atau Tol Jagorawi arahkan kendaraanmu ke jalur Puncak hingga ke pertigaan Megamendung dan ambilah belokan ke kiri untuk nantinya kamu melajukan kendaraan hingga melewati Unilever Learning Center.

Kemudian, perjalananmu dilanjutkan dengan mengambil belokan sebelah kanan, jalanlah terus hingga sampai ke Mega Training Center dan Pusdik Reskrim Polri. Setelahnya kamu akan bertemu dengan hutan pinus yang menandai bahwa kamu sudah semakin dekat ke lokasi. Jangan sungkan untuk bertanya kepada warga lokal saat kebingungan, ya. Selamat berlibur!